Kamis, 18 Apr 2024 11:51
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones

Pesona Pantai Cettis Cilacap

JATENG (utamanews.com)

Selasa, 11 Agu 2015 13:32


Cilacap (utamanews.com) - Pantai Cettis, tempat wisata yang sangat strategis, selain suasana pantai yang begitu indah, pantai Cettis juga memiliki kekayaan alam yang sepatutnya dikelola dengan baik oleh pemerintah.

Pantai Cettis adalah salah satu dari beberapa pantai wisata yang ada di Kabupaten Cilacap Provinsi Jawa Tengah. Jarak pantai dari Kota Kabupaten Cilacap, sekitar 36 Km dan dari Kota Semarang sekitar 200 Km.

Lamanya menempuh perjalanan dari Kota Cilacap hanya sekitar 60 menit bagi pengendara roda empat dan untuk yang mengendarai Sepeda Motor hanya memakan waktu 40 menit.

Luas pantai Cettis mencapai 800 Meter dan panjangnya 1.500 Km rata-rata luas pantai sekira 900 Meter.

Untuk menikmati suasana pantai, para pengunjung hanya cukup merogoh kocek sebesar Rp 6.000 (Enam Ribu Rupiah) untuk per orangnya.

Seraya menikmati keindahan pantai, para pengunjung  juga bisa menikmati Kuliner khas Cilacap yakni Upat Pecal  yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa.

Untuk mendapatkan menu Upet Pecal, pengunjung cukup mengeluarkan uang sebesar Lima Ribu Rupiah per porsinya.

Tak hanya itu, di pantai Cettis juga didapat makanan ringan berupa Keripik Peyek dan harganya pun sangat terjangkau, yakni hanya mengeluarkan sebesar Lima Ribu Rupiah per kepingnya.

Sebagai pelepas dahaga, para pengunjung juga dapat menikmati minuman segar yakni air Kelapa Muda yang juga harganya sangat terjangkau.

Pantai Cettis juga memiliki tiga lokasi pantai, yaitu pantai Cemara, pantai Sewu dan pantai Congot.

Masih di dalam lokasi pantai Cettis, terdapat Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Para pengunjung bisa mendapatkan berbagai jenis ikan laut yang masih segar karena para nelayan menjual hasil tangkapan ikannya di TPI tersebut.

Ada pun jenis ikan yang terdapat di TPI tersebut ialah ikan Gembung Kuring, Kakap, Udang, Cumi, Kepiting dan yang lainnya .

Selain bisa membeli ikan yang masih segar, para pengunjung bisa juga memesan ikan yang sudah siap saji, yakni ikan yang sudah dimasak sesuai masakan  keinginan sang pengunjung.

Tak hanya itu, di dalam lokasi pantai Cettis terdapat pasar buah. Di pasar buah ini para pengunjung juga bisa mendapatkan berbagai macam dan jenis buah-buahan yang masih segar, sebab buah-buahan ini baru saja dipanen para petani dan dipasarkan di lokasi pantai Cettis .

Selain pasar buah, di dalam pantai Cettis juga terdapat pasar sayur yang menjual berbagai macam jenis sayur-sayuran yaitu Kacang Panjang, Sawi, Terong, Timun, Tomat, Cabai Merah dan Kecil, kangkung, Bawang Merah, Bawang Putih dan masih banyak lagi jenis sayuran yang lainnya.


Syarif, 27 tahun, pedagang di lokasi pantai, pada penulis mengatakan, para pengunjung yang datang pada hari libur dapat berjumlah 700 orang dan mencapai 800 orang pengunjung per hari, dan jika hari-hari besar, para pengunjung dapat mencapai 1000 orang.

Ketika ditanya penulis berapa hasil yang didapat per harinya, Syarif mengatakan jika hari libur bisa mendapatkan keuntungan dari hasil dagangan sebesar Rp 700.000 atau Rp 800.000 sehari dan jika pada hari hari besar seperti hari Lebaran dan Tahun Baru, itu bisa mencapai 2 kali lipat dan bisa lebih dari pada pendapatan hari libur," pungkas Syarif.

Lanjut Syarif, saya sangat berharap kepada pemerintah Mas, agar mau lah memperhatikan lokasi wisata ini dan agar ini dibangun yang lebih indah lagi, tujuannya agar dapat merangsang niat wisatawan asing datang kemari", tandas Syarif.

Teguh, salah satu pengunjung yang berada di lokasi pantai Cettis sewaktu dikonfirmasi penulis mengenai tanggapannya ketika berada di pantai Cettis berkata," Pastinya hati saya senang sekali Mas, berada di pantai ini. Saya dapat melihat keindahan pantai ini. Paling enaknya lagi Mas tempat ini sangat strategis bagi pengunjung yang ingin berbelanja untuk membawa buah tangan, sebab di lokasi ini ada pasar buah, pasar sayur, pasar ikannya Mas. Selain harganya terjangkau juga masih segar-segar", imbuh Teguh.

Disinggung penulis apakah merasa tiket masuk ke lokasi pantai setimpal dengan keindahan pantai, Teguh mengatakan, "yah setimpal sekali lah Mas. Untuk masuk kemari hanya mengeluarkan Rp 6.000 per orang dan kalau bagi saya tidak keberatan jika harga tiket masuk itu ditambah menjadi Rp 10.000 per orangnya", tandas Teguh.

Hal yang senada juga diucapkan oleh Daleh, 27 tahun, seorang pengunjung yang berasal dari Sumatera Utara. Pada penulis, dirinya mengatakan pantai Cettis adalah tempat yang begitu menyenangkan baginya. Selain dapat menikmati pemandangan yang luas ke tengah laut juga dapat menikmati suara gemuruh ombak yang saling berkejar-kejaran dengan ketinggian 3 hingga 4 Meter, juga beriringan dengan hembusan angin yang sejuk, yang dapat melegakan perasaan", kata Daleh.

Pantai Cettis termasuk pantai Laut Selatan, dimana pantai Laut Selatan juga menyimpan banyak hal yang legendaris, namun hingga saat ini, di lokasi pantai belum ada dibangun perhotelan atau tempat penginapan untuk para pengunjung yang datang dari luar pulau Jawa.
Padahal menurut keterangan Siswati, 26 tahun, warga setempat, Desa Nusawungu, lokasi pantai Cettis sering dikunjungi oleh pengunjung yang datang dari berbagai daerah di luar pulau Jawa. Seperti dari Kalimantan, Sumut, Madura, Sulawesi dan bahkan sering didatangi oleh wisatawan asing dari negara Bulgaria dan Australia.

Wati sangat berharap pemerintah dapat menggelontorkan dana ke lokasi pantai agar fasilitas lokasi pantai dapat lebih memuaskan para pengunjung", imbuh Wati.

Dari kota Cilacap menuju lokasi pantai di sepanjang jalan terlihat pemandangan yang menakjubkan sebab terlihat luas lahan pertanian dengan berbagai macam tanaman Padi, sayuran dan yang lainnya.

Di tepi lahan pertanian juga terlihat pegunungan yang menjulang tinggi seakan mencakar langit hingga sampai ke lokasi pantai sehingga dapat menambah keindahan pantai dan dapat membuat pengunjung tidak begitu merasa lelah untuk sampai di lokasi pantai karena dihibur dengan pemandangan pegunungan yang menghijau serta hamparan lahan pertanian yang begitu luas, yang dapat membuat hati terkesima memandangnya.

(DARWIN MARPAUNG)

T#g:WisataPantai
iklanplt
makeup remover
Berita Terkait

tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️