Senin, 04 Jul 2022 03:38

Pelatih, Perubahan, dan Harapan

oleh : Weshley Hutagalung
Senin, 10 Jun 2013 07:45
Martin Hayhow/AFP
Kemesraan Mourinho dan Lampard di Chelsea pada 2004. 
Pesan positif ini pernah saya dengar ketika masih duduk di bangku sekolah di Rumbai, Pekanbaru. Penyebabnya adalah kehadiran guru baru, yang dianggap akan membuat aturan dan suasana berbeda dari guru sebelumnya yang berstatus favorit.

Mari kita tinggalkan bagian “perkenalan” antara guru baru, yang belum punya jam terbang di sekolah lain, dengan sebagian besar murid, yang sudah berada di yayasan sekolah tersebut sejak usia dini dan kerap berhasil memberi pengaruh berlebih kepada para pendidik.

Di pengujung musim 2012/13, kita menunggu pem­bahasan transfer pemain yang diyakini melibatkan beberapa nama beken, seperti Neymar, Radamel Falcao, Wayne Rooney, Cristiano Ronaldo, Gareth Bale, hingga Fernando Torres.
Siapa sangka, pembicaraan menyoroti lalu-lintas pemain didahului cerita dan pergerakan sejumlah pelatih. Pengunduran diri Sir Alex Ferguson dari panggung sepak bola setelah 26 tahun menangani Manchester United, adalah berita besar. 
Lalu, terpilihnya David Moyes sebagai pengganti Sir Alex menghadirkan perdebatan sengit mengenai masa depan Man. United.

Kubu Chelsea kini bersiap melakoni perubahan sepeninggal Rafael Benitez yang memberi klub tersebut tiket ke Liga Champion musim depan dan mahkota Liga Europa. Benitez bekerja dalam tekanan dan menghadapi sikap benci dari banyak pendukung The Blues, namun ia berhasil memenuhi target pengelola klub.

Benarkah Jose Mourinho, yang kembali ke Chelsea usai meninggalkan bara di Real Madrid, bisa memetik keuntungan dari perubahan besar di kubu Man. United? Kemampuan para pemain beradap­tasi dengan situasi baru ikut menentukan jawabannya.

Ditinggal Mourinho, tentu saja tim Real Madrid akan memasuki fase baru, menjalani transisi kepemimpinan, dengan harapan dapat memetik situasi “merugikan” di Barcelona terkait kondisi fisik Tito Vilanova, Pelatih tim Catalan tersebut.

Jangan lupa, di Madrid pelatih asal Portugal itu men­dapat ruang gerak yang sangat luas. Mourinho disebut pelatih paling berkuasa sepanjang sejarah Real Madrid. Akankah ia men­­dapat hal serupa di Chelsea? Sejak Roman Abramovich berkuasa di klub asal Kota London tersebut pada 2003, Chelsea sudah memiliki 10 manajer.

Pada Maret 2012, tak lama usai Andre Villas-Boas dipecat, petinggi Asosiasi Manajer di Liga Inggris menyebut tingginya tingkat turnover di kursi manajer Chelsea itu sebagai hal yang memalukan bagi sepak bola Inggris.Setelah Mourinho mening­gal­kan Chelsea pada September 2007, The Blues memiliki delapan manajer sebelum memanggil kembali pelatih yang terkenal dengan sebutan The Special One ketika berada di panggung Premier League.

Bayangkan bagaimana para pemain Chelsea, seperti John Terry dan Frank Lampard, terlibat dalam arus perubahan di era Abramovich dan masih bisa bertahan, bahkan berprestasi.

Manchester City juga berubah wajah setelah melepas pelatih Roberto Mancini dan meng­gan­­­ti­kannya dengan Manuel Pellegrini, arsitek tim Malaga di Spanyol. Seolah, tim berjulukan The Citizens ini tak memandang perubah­an besar yang terjadi di Man. United, rival utama, sebagai sebuah keuntungan bagi mereka.

Faktor perubahan dalam tim menyangkut pelatih juga bisa kita lihat di klub-klub Serie A: Internazionale dan Napoli. Entah klub besar mana lagi yang ikut melakukan "operasi wajah".Klub yang menjadi buah bibir usai final Liga Champion 2013, Bayern Muenchen, juga menjalani masa perubahan ketika Jupp Heynckes menyerah­kan kepemimpinannya di tubuh Die Bayern kepada Pep Guardiola, "insinyur" tika-taka FC Barcelona.

***

Sambil menunggu perkem­bangan berita transfer yang terus menjanjikan kehebohan musim ini, mari mencoba menjadi pemain dari tim-tim yang berganti pelatih tersebut. Apakah kita akan seperti murid yang kehilangan guru favorit dan menerka seperti apa gerangan guru baru? Atau, apakah guru baru itu akan suka pada kita?

Di manakah posisi para pemain yang tak siap meng­hadapi perubahan di dalam tim dan punya cara pandang berbeda dengan manajemen? Bila tak ingin meninggalkan klub, tentu pilih­an terbaik adalah menjadi bagian dari perubahan itu. Harapan pengelola tim adalah si pemain membantu proses perubahan dalam tim menuju keinginan pemilik dan pendukung klub. Ujung-ujungnya duit juga kok, karena perubahan itulah yang diyakini bisa memenuhi aspek finansial klub guna memenuhi kewajiban mereka kepada pemain.

Kepada pemain yang tim­nya berganti pelatih dan meragu­kan keputusan manaje­men itu, mereka disebut bakal kesulitan bergerak dan meng­ikuti perubahan bila terjebak akan masa sekarang yang kerap dilebih-lebihkan dan meremeh­kan apa yang bisa diberikan oleh masa depan.Tokoh hebat bernama Mahatma Gandhi punya nasihat tentang hal ini, "Jadilah perubahan sehingga perubahan itu bisa terjadi." 

T#g:olahragaopini
Berita Terkait
  • Rabu, 01 Jun 2022 11:01

    Edy Rahmayadi Harapkan Tahun Depan Seluruh Kabupaten/Kota Raih Opini WTP dari BPK

    Edy Rahmayadi mendorong agar Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) seluruh kabupaten/kota di Sumut tahun 2022, meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Menu

  • Minggu, 29 Mei 2022 06:29

    Ijeck dan Achmad Daniel Chardin Ikuti Bukit Lawang Jungle Trail Run Kelas 11 K

    Musa Rajekshah dan Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin ikut meramaikan gelaran Bukit Lawang Jungle Trail 2022 dengan menjadi peserta kategori 11 kilometer.Keduanya berpacu dengan

  • Kamis, 19 Mei 2022 18:59

    Pemerintah Kota Binjai Raih Opini WTP Enam Kali Berturut Turut

    Enam kali berturut-turut Kota Binjai berhasil meraih WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Raihan itu diberikan langsung oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sumatera

  • Selasa, 05 Apr 2022 19:55

    Pemerintah Kota Tebingtinggi Raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Laporan Keuangan

    Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan (LK) Tahun 2021.Hal itu menandai prestasi Pemko Tebing Tinggi yang sudah mendulang WTP a

  • Jumat, 25 Mar 2022 13:45

    Buka Festival Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Tingkat SD/SMP, Kadis Pariwisata Binjai Harapkan Bisa Turut Lestarikan Budaya Daerah

    Kepala Dinas Pariwisata Kota Binjai, Ismail Ginting, membuka Festival Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Tingkat SD/SMP Kota Binjai di Lapangan Merdeka Kota Binjai, Jumat (25/3).Kegiatan yang m

  • Selasa, 08 Mar 2022 17:48

    Pekan Olahraga Pelajar Kota (Popkot) Kota Binjai 2022

    Walikota Binjai Drs H Amir Hamzah M.AP resmi membuka Pekan Olahraga Pelajar Kota (Popkot) Kota Binjai 2022 di GOR Binjai, yang beralamat di Jalan Danau Poso, Kecamatan Binjai Timur, Selasa (8/3). 

  • Selasa, 22 Feb 2022 14:12

    Jalin Kebersamaan Satgas Yonif 126/KC Ajak Pemuda Perbatasan Bermain Voli Bersama

    Personel Satgas Pengamanan Perbatasan RI-PNG Yonif 126/KC melaksanakan kegiatan olahraga voli bersama pemuda Kampung Kalibom, Distrik Waris, Kabupaten Keerom. Hal tersebut disampaikan Dansatgas P

  • Sabtu, 12 Feb 2022 08:32

    Tingkatkan Imun, Kazona Tengah Bakamla RI Ajak Lanudal Manado Olahraga Bersama

    Guna meningkatkan imun di masa pandemi, Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Tengah Laksma Bakamla Hanarko Djodi Pamungkas mengajak seluruh personel Kantor Zona Tengah, SPKKL Kema, SPKKL Manembo Nembo dan

  • Selasa, 08 Feb 2022 21:18

    Raih Penghargaan Inisiator Olahraga Nasional, Bobby Nasution Usung 3 Poin Majukan Olahraga

    Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution menerima penghargaan sebagai Inisiator Olahraga Nasional dari Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI Pusat yang diserahkan bersamaan dengan rangkaian Hari Pers

  • Minggu, 06 Feb 2022 08:06

    Serda Fery Ismail, Menggebrak Remaja Putri Sukses Menjadi Atlet Renang Pelajar

    Remaja Putri Shelyna Putri Ismail Kelas 1 SMPN 1 Kota Agung berdarah kelahiran Banyuasin Palembang 2008 ini adalah anak dari Serda Fery Ismail Pengurus Masjid Kodim 0424 Tanggamus yang telah berhasil

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak