Kamis, 18 Agu 2022 11:25

Pekik Perjuangan Buruh dari Kapolri saat Puncak Peringatan May Day

Jakarta (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Sabtu, 14 Mei 2022 19:34
Istimewa
Kapolri bersama buruh di SUGBK, Sabtu (14/5)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo hadir dalam acara puncak peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day Fiesta tahun 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu (14/5/2022).

Guyuran hujan tak menghentikan langkah Kapolri untuk ikut meninjau pengamanan dalam rangka memperingati May Day 2022, sekaligus menyapa serta melihat secara langsung semangat kelompok elemen buruh, yang terus berjuang demi keadilan serta kesejahteraan. 

Sambutan hangat dari kelompok buruh bergemuruh menyambut kehadiran Kapolri. Semangat tersebut pun dibalas suara lantang Kapolri, dengan menyerukan pekik perjuangan dari kelompok buruh. 

"Dalam kesempatan ini, izinkan saya untuk mengucapkan pekik perjuangan buruh. Hidup buruh!. Hidup buruh!. Hidup buruh!", kata Sigit dengan suara lantang disambut gemuruh para buruh yang 'membanjiri' Stadion Utama Gelora Bung Karno. 

Usai menggemakan pekik perjuangan, mantan Kabareskrim Polri ini menyampaikan harapannya agar seluruh elemen buruh di Indonesia dapat semakin sejahtera, sebagaimana yang terus dikawal dalam perjuangannya selama ini. 

"Tentunya saya selaku Kapolri mewakili seluruh institusi Polri, dari lubuk hati yang paling dalam mengucapkan selamat ulang tahun untuk seluruh rekan-rekan buruh, baik yang ada di Indonesia maupun luar negeri. Semoga buruh semakin sejahtera", ujar Sigit. 

Di hadapan puluhan ribu pasang mata, Sigit pun menyampaikan apresiasinya kepada elemen buruh yang telah berpartisipasi langsung dan aktif membantu Pemerintah Indonesia dalam penanganan dan pengendalian Pandemi Covid-19.

"Bagaimana rekan-rekan bersama dengan kami dan seluruh elemen bangsa lainnya melakukan dengan kerja keras menghadapi Pandemi Covid-19, dengan berbagai macam kegiatan yang kita laksanakan mulai dari mengikuti aturan prokes, mengikuti aturan PPKM bahkan buruh terlibat langsung dalam kegiatan vaksinasi untuk kepentingan masyarakat", ucap Sigit. 

Bahkan, kata Sigit, prestasi Negara Indonesia terkait jumlah vaksinasi yang mencapai 408 juta atau menjadi negara terbesar kelima di dunia, tidak lepas dari peran serta dan kerja keras dari kelompok buruh. 

"Dan ini semua bisa terjadi karena kontribusi dan peran serta, rekan-rekan buruh di seluruh Indonesia. Tentunya, dengan penanganan laju Covid-19 bisa kita kendalikan. Saat ini Pemerintah memberikan kelonggaran. Sehingga aktivitas kegiatan masyarakat mulai bisa berjalan normal. Aktivitas rekan-rekan buruh juga mulai berjalan normal. Kita bisa bekerja kembali dan juga kita semua bisa ikut melaksanakan mudik pada saat hari raya Idul Fitri", papar Sigit disambut gemuruh buruh. 

Lebih lanjut, Sigit menekankan, berkat kerja keras buruh, di masa sulit Pandemi Covid-19 ini, pertumbuhan perekonomian Indonesia terus membaik. Saat ini berada di atas angka lima persen. 

"Angka ini jauh di atas pertumbuhan ekonomi negara-negara maju lainnya. Ini semua berkat partisipasi, kerja keras, keringat rekan-rekan buruh semua. Kami mewakili Pemerintah mengucapkan terima kasih kepada seluruh rekan-rekan buruh," tutur Sigit. 

Tak hanya itu, Sigit mengungkapkan, saat ini Indonesia sedang bergerak untuk menjadi negara produsen. Menurut Sigit, berbagai macam kegiatan terus dilakukan guna menciptakan lapangan pekerjaan terbaru untuk masyarakat. Tentunya hal itu, ditekankan Sigit, membutuhkan peran serta dari kelompok buruh.

Sementara itu, Sigit menegaskan, akan terus berkomitmen untuk mengawal dan menjaga ruang-ruang demokrasi yang digunakan buruh dalam menyampaikan aspirasinya demi mewujudkan cita-cita dan harapan yang diinginkan. 

"Kita minta semua dilaksanakan sesuai aturan undang undang, sesuai aturan konstitusi. Dan Alhamdulillah hari ini semua bisa ditunjukkan. Buruh yang begitu besar bisa berkumpul dengan khidmat, damai, menggembirakan dan itu menunjukkan Indonesia adalah negara demokrasi yang sudah modern. Tunjukkan terus, jaga terus karena ini adalah modal bagi kita untuk terus maju", jelas Sigit. 

Sebelum mengakhiri sambutannya, Sigit pun memimpin para buruh untuk menyanyikan salah satu lagu wajib nasional berjudul Bagimu Negeri. Kapolri dan buruh pun larut bernyanyi bersama di acara tersebut.
iklan HUT RI 77 Wali dan Wakil Wali Kota Medan
Editor: Budi

T#g:May Dayhari buruh
Berita Terkait
  • Sabtu, 14 Mei 2022 22:54

    Buruh Apresiasi Polri, Mayday Fiesta di GBK Berjalan Lancar

    Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengapresiasi pihak kepolisian yang turut membantu pengamanan sehingga peringatan Hari Buruh Sedunia atau Mayday yang di gelar di Stadi

  • Kamis, 22 Apr 2021 09:22

    Ini Kata Gubernur Edy Rahmayadi Rencana Peringatan Hari Buruh Sedunia 1 Mei 2021

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyambut baik rencana serikat pekerja/ buruh yang akan menggelar acara peringatan Hari Buruh Sedunia setiap 1 Mei atau dikenal dengan istilah Mayday.

  • Minggu, 11 Apr 2021 08:11

    Kapolresta Jalin Silaturahmi dengan Persatuan Buruh Deli Serdang

    Menjelang Bulan Suci Ramadhan 1442 H Tahun 2021 dan May Day, Kapolresta Deli Serdang Kombes Pol Yemi Mandagi, SIK, melaksanakan kegiatan tatap muka dan silaturahmi dengan Serikat Pekerja/Serikat Buruh

  • Rabu, 01 Mei 2019 20:31

    Peringatan Hari Buruh di Lapangan Merdeka Medan, Dimeriahkan Panjat Pinang

    Perayaan Hari Buruh Internasional dengan thema "Pesta Kuliner Buruh dan Masyarakat", digelar di lapangan Merdeka, jalan Balai Kota Kelurahan Kesawan Medan, Rabu 1 Mei 2019.Kegiatan ini dihadiri sekita

  • Rabu, 01 Mei 2019 20:01

    Polwan hentikan bus yang mengangkut buruh

    Rombongan buruh yang melintas di lampu lalu lintas (traffic light) Slipi, Jakarta Barat, mendadak kaget. Mereka dihentikan oleh para Polwan Polres Metro Jakarta Barat, Rabu, (1/5/2019).Pemberhentian i

  • Rabu, 01 Mei 2019 18:21

    Peringati Hari Buruh Internasional, Massa Buruh Serdang Bedagai dan Deli Serdang ke Medan

    Ratusan massa dari elemen buruh di kabupaten Serdang Bedagai dan Deliserdang bergerak menuju Kota Medan untuk merayakan Mayday pada peringatan hari buruh sedunia hari ini, 1 Mei 2019.Tampak ratusan bu

  • Rabu, 01 Mei 2019 16:31

    Buruh Minta Marsinah Dinobatkan jadi Pahlawan Nasional

    Ratusan buruh berziarah ke makam Marsinah di Desa Nglundo, Kecamatan Sukomoro, Nganjuk. Kedatangan para peziarah ini dalam rangka perayaan Hari Buruh sedunia atau May Day.Ziarah dan doa bersama yang d

  • Rabu, 01 Mei 2019 12:11

    Di Hari Buruh, Gerakan Masyarakat Melawan (GERAM) Berunjukrasa Mengecam Kapitalisme Pendidikan

    Sekitar 300 massa yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Melawan Sumatera Utara (GERAM-SU) melakukan aksi unjuk rasa di hari buruh internasional, 1 Mei 2019, di Medan.Seribuan massa tampak berkumpul

  • Selasa, 30 Apr 2019 16:30

    Presiden Jokowi makan siang bersama buruh

    Presiden Jokowi menyempatkan makan siang bersama buruh dalam kunjungannya ke pabrik sepatu PT KMK Global Sports di Kecamatan Cikupa Kabupaten Tengerang, Banten, Selasa (30/4)."Iya makan siang tadi, ad

  • Selasa, 01 Mei 2018 20:41

    Buruh Menjadi Perhatian Serius Djarot

    Kaum pekerja atau buruh menjadi perhatian serius Calon Gubernur Sumatera Utara (Cagub Sumut) Djarot Saiful Hidayat.

  • Komentar Pembaca
    iklan pemko Medan sd 23 Agustus 2022

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak