Selasa, 06 Des 2022 04:18

Puluhan Karyawan PT Sibuah Raya Mogok Kerja

Palas (utamanews.com)
Oleh: Maulana Syafii
Selasa, 20 Feb 2018 18:40
Maulana Syafii
Puluhan karyawan PT Sibuah Raya saat melakukan aksi mogok kerja.

Sebanyak 48 karyawan perusahaan perkebunan kelapa sawit PR Sibuah Raya, berlokasi di Desa Siali-ali, Kecamatan Lubuk Barumun Kabupaten Padang Lawas (Palas) melakukan aksi mogok kerja di lingkungan perusahaan, Selasa (20/02/2018).

Aksi mogok kerja yang dilakukan oleh puluhan karyawan perusahaan swasta itu dipicu karena diduga pihak perusahaan tidak melaksanakan hasil keputusan tripartit yang telah disepakati antara karyawan dengan pihak perusahaan di kantor Disnaker Kabupaten Palas pada tanggal 15 Januari 2018 lalu.

"Selain belum dilaksanakannya hasil keputusan tripartit oleh pihak perusahaan. Kami menilai pihak perusahaan telah bertindak semena-mena terhadap karyawannya," sebut Sekretaris KC FSPMI Palas, Uluan Pardomuan Pane didampingi pengurus dan anggota PUK SPAI FSPMI PT Sibuah Raya.




"Ada 8 point tuntutan yang disampaikan karyawan PT Sibuah Raya pada mogok kerja kali ini. Diantaranya, meminta perusahaan membuat peraturan perusahaan yang sesuai dengan aturan perundang-undangan ketenagakerjaan dan mensosialisasikannya kepada seluruh karyawannya," ujarnya. 

Selain itu, lanjutnya, karyawan meminta kepada perusahaan agar menerbitkan SK pengangkatan karyawan/pekerja yang dipekerjakan oleh perusahaan. "Kami meminta perusahaan segera melaksanakan hasil kesepakatan tripartit di Disnaker Palas pada tanggal 15 Januari 2018," tegasnya.

Karyawan juga menuntut kepada perusahaan, agar segera membayarkan uang pesangon kepada karyawannya yang di-PHK secara sepihak. "Serta meminta agar pengurus PUK SPAI FSPMI PT Sibuah Raya sebagai karyawan perusahaan, tidak diintimidasi dan tidak dihalangi hak kebebasan berserikat pekerja/serikat buruh," kata Pane.

Aksi mogok kerja puluhan karyawan itu, mendapatkan perhatian yang serius dari pihak Disnaker Palas, yang langsung turun ke lokasi perusahaan untuk melakukan monitoring. "Kehadiran Disnaker Palas kemari, untuk memonitoring dan memastikan kebenaran informasi adanya aksi mogok kerja yang dilakukan oleh karyawan dan ternyata ini benar adanya," sebut Kasi Pengupahan dan Jaminan Sosial Disnaker Palas, Muhammad Idrisman Mendefa saat berada di lokasi. 

"Sesuai surat pemberitahuan aksi mogok kerja yang disampaikan oleh karyawan kepada Disnaker Palas, bahwa aksi mogok kerja ini sudah sesuai dengan ketentuan undang-undang ketenagakerjaan. Agar pihak perusahaan tetap membayar upah para pekerja yang melakukan aksi mogok hari ini," pintanya. 

Untuk menindaklanjuti tuntutan para pekerja tersebut, lanjutnya, pihak Disnaker Palas sudah menjadwalkan akan melaksanakan pertemuan tripartit pada Hari Kamis tanggal 22 Februari 2018 di Kantor Disnaker Palas. 

Sementara, Asisten Kepala PT Sibuah Raya, Syahputra saat menerima aspirasi para karyawan menyatakan, pihak perusahaan akan menyahuti aspirasi para karyawan yang disampaikan lewat aksi mogok tersebut. "Perusahaan menyahuti aspirasi dari karyawan dan akan kita laksanakan sesuai ketentuan dan aturan undang-undang ketenagakerjaan yang berlaku di negara kita," katanya. 
Editor: Tommy

T#g:FSPMIMogok
Berita Terkait
  • Senin, 24 Okt 2022 15:34

    Tabrak truk yang tiba-tiba mogok dari belakang, mahasiswa ini akhirnya meninggal dunia

    Kejadian naas menimpa seorang mahasiswa berinisial DP (19) warga Jalan Dusun Suku Mulia, Desa Karang Rejo, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat. Akibat mengalami kecelakaan lalulintas (Lakalantas) korb

  • Senin, 18 Jul 2022 14:48

    Pemko Tebingtinggi Akan Bentuk Tim Untuk Telusuri Permasalahan PDAM Tirta Bulian

    Pemko Tebingtinggi akan membentuk tim untuk menelusuri permasalahan yang terjadi di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bulian."Kita akan bentuk tim untuk menyelesaikan permasalahan yang dikeluhk

  • Senin, 18 Jul 2022 12:08

    Karyawan PDAM Tirta Bulian Mogok Kerja

    Puluhan karyawan/karyawati PDAM Tirta Bulian melakukan aksi mogok kerja di kantornya, Jalan Pusara Pejuang, Kota Tebingtinggi, Sumut, Senin (18/7/2022).Dalam aksinya, sedikitnya 50 orang karyawan peru

  • Senin, 27 Jun 2022 11:37

    Semangat Baru PUK SPPk FSPMI PT. SJI

    Walaupun sudah hampir enam bulan mengalami stagnansi dan kevakuman di tubuh kepengurusan Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja Perkebunan dan Kehutanan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia PT. Sumbe

  • Minggu, 29 Mei 2022 21:49

    Halal bihalal KC FSPMI Palas, Rangkul Elemen Petani, Guru Honorer, Pemuda dan Mahasiswa

    Bertepatan pada tanggal 27 Syawal 1443 hijriyah, di penghujung momentum lebaran idul fitri tersebut, pengurus Konsulat Cabang Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (KC FSPMI) Kabupaten Padang Lawas

  • Komentar Pembaca

    Tentang Kami   Pedoman Media Siber   Disclaimer   Iklan   Karir   Kontak

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com
    PT. Oberlin Media Utama