Selasa, 06 Des 2022 03:30
  • Home
  • Ekonomi
  • Inilah Pidato Lengkap Jokowi Saat Mengumumkan Kenaikan Harga BBM

Inilah Pidato Lengkap Jokowi Saat Mengumumkan Kenaikan Harga BBM

Jakarta (utamanews.com)
Oleh: Budi
Sabtu, 03 Sep 2022 19:33
BPMI
Penyataan Pers Presiden Joko Widodo mengenai Pengalihan Subsidi BBM, Sabtu, 3 September 2022
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan, pemerintah memutuskan untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) dan mengalihkan subsidi BBM kepada masyarakat yang membutuhkan.

Berikut adalah pidato lengkap Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada konferensi pers perihal pengalihan subsidi BBM, pada Sabtu 3 September 2022.
Pemerintah telah berupaya sekuat tenaga untuk melindungi rakyat dari gejolak harga minyak dunia. Saya sebetulnya ingin harga BBM di dalam negeri tetap terjangkau dengan memberikan subsidi dari APBN. Tetapi, anggaran subsidi dan kompensasi BBM tahun 2022 telah meningkat tiga kali lipat, dari Rp152,5 triliun menjadi Rp502,4 triliun dan itu akan meningkat terus.

Dan lagi, lebih dari 70 persen subsidi justru dinikmati oleh kelompok masyarakat yang mampu, yaitu pemilik mobil-mobil pribadi. Mestinya, uang negara itu harus diprioritaskan untuk memberikan subsidi kepada masyarakat yang kurang mampu.
Dan saat ini, pemerintah harus membuat keputusan dalam situasi yang sulit. Ini adalah pilihan terakhir pemerintah, yaitu mengalihkan subsidi BBM. Sehingga, harga beberapa jenis BBM yang selama ini mendapat subsidi akan mengalami penyesuaian.

Dan, sebagian subsidi BBM akan dialihkan untuk bantuan yang lebih tepat sasaran. Bantuan langsung tunai (BLT) BBM sebesar Rp12,4 triliun diberikan kepada 20,65 juta keluarga yang kurang mampu, sebesar Rp150 ribu per bulan, dan mulai diberikan bulan September selama 4 bulan. Pemerintah juga menyiapkan anggaran sebesar Rp9,6 triliun rupiah untuk 16 juta pekerja dengan gaji maksimum Rp3,5 juta per bulan, dalam bentuk bantuan subsidi upah yang diberikan sebesar Rp600 ribu.
Saya juga telah memerintahkan kepada pemerintah daerah untuk menggunakan dua persen dana transfer umum sebesar Rp2,17 triliun untuk bantuan angkutan umum, bantuan ojek online, dan untuk nelayan.

Pemerintah berkomitmen agar penggunaan subsidi yang merupakan uang rakyat harus tepat sasaran. Subsidi harus lebih menguntungkan masyarakat yang kurang mampu.

Selanjutnya, saya minta Menteri ESDM, Menteri Keuangan, dan Menteri Sosial untuk bisa memberikan penjelasan yang lebih rinci.
Editor: Tessa

Sumber: investor.id

T#g:APBN 2022Anggaran
Berita Terkait
  • Rabu, 02 Nov 2022 20:02

    Bupati Yetty Rakor Evaluasi Serapan Anggaran Bersama Gubernur

    Pj Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Yetty Sembiring hadiri rapat koordinasi evaluasi penyerapan anggaran APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kot

  • Jumat, 14 Okt 2022 22:14

    Bobby Nasution Gelontorkan Rp198 M Untuk Turunkan Stunting di Medan

    Wali Kota Medan Bobby Nasution tampaknya tidak main-main dalam upaya menurunkan angka stunting di kota Medan.

  • Senin, 19 Sep 2022 14:09

    Pj Wali Kota Tebingtinggi Sampaikan Pengantar Nota Keuangan Ranperda P-APBD 2022

    Pj Wali Kota Tebingtinggi, Muhammad Dimiyathi menyampaikan pengantar nota keuangan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) Tahun Anggaran 2022, Senin (19/9/2022) pada rapat paripurna.

  • Kamis, 15 Sep 2022 05:15

    Nawal Lubis Ingatkan Transparansi Pengelolaan Anggaran PKK

    Ketua Tim Penggerak Permberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis mengingatkan para kader PKK untuk mengelola anggaran secara transparan. Karena kegiatan PKK ju

  • Jumat, 02 Sep 2022 16:12

    Forum Pemuda Intelektual Religius Sumut dukung rencana penyesuaian Harga BBM

    M. Ihsan Attalla selaku Ketua Forum Pemuda Intelektual Religius Sumut menanggapi rencana penyesuaian harga BBM Pemerintah.“Saya menghimbau rakyat untuk tetap menjaga kondusifitas dalam menyikapi

  • Komentar Pembaca

    Tentang Kami   Pedoman Media Siber   Disclaimer   Iklan   Karir   Kontak

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com
    PT. Oberlin Media Utama