Jumat, 29 Mar 2024 19:55
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones
iklanpudam

Sri Mulyani Sampaikan Kabar Gembira, Semua Boleh Tersenyum

Jakarta (utamanews.com)

Oleh: Dito

Selasa, 09 Agu 2022 16:09

Net
Sri Mulyani
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani sampaikan kabar gembira terkait pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Menurutnya pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal II 2022 naik sebesar 5,44 persen year-on-year (yoy) sangat baik dan membanggakan.

“Apa kabarmu di penghujung akhir pekan ini? Saya harap kabar baik, seperti kabar ekonomi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Q2 tahun 2022 yang meningkat tajam hingga 5,44 persen (yoy),” ujar Sri Mulyani dalam akun Instagram resminya @smindrawati di Jakarta, Minggu (7/8).

Menkeu mengatakan berdasarkan pengumuman Badan Pusat Statistik (BPS) pada Jumat(5/8), perekonomian Indonesia terbukti tangguh menghadapi gejolak multikrisis global saat ini.

Realisasi pertumbuhan Q2 2022 ini lebih tinggi dibandingkan proyeksi semua analis pasar, termasuk proyeksi paling optimis Kemenkeu sebesar 5,2 persen yoy.

Menguatnya konsumsi rumah tangga menjadi sumber pertumbuhan tertinggi, yaitu sebesar 5,51 persen (yoy) atau berkontribusi sebesar 2,92 persen terhadap pertumbuhan.

Lalu disusul dengan ekspor yang tumbuh 19,74 persen (yoy) atau berkontribusi 2,14 persen terhadap realisasi pertumbuhan.

"Peningkatan aktivitas konsumsi masyarakat selama periode bulan Ramadan dan hari Raya Idul Fitri menjadi faktor kunci pendorong pertumbuhan ekonomi,” kata Sri Mulyani.

Dari sisi lapangan usaha, industri pengolahan yang merupakan kontributor utama PDB nasional, mampu tumbuh 4,01 persen dan berkontribusi paling besar terhadap pertumbuhan, yaitu sebesar 0,82 persen.

Sektor penunjang pariwisata, seperti transportasi dan pergudangan serta akomodasi dan makan minum juga turut tumbuh signifikan yang terdampak cukup signifikan oleh pandemi covid-19 pada 2020 dan 2021.

“So? Ini lah bukti proses pemulihan ekonomi nasional terus berlanjut dan menguat. APBN #Uangkita pun berperan sangat penting untuk meredam tekanan global, terutama bagi masyarakat berpendapatan rendah,” ungkapnya.

Tak hanya itu, capaian yang sangat baik dan diharapkan dapat terus terjaga di tengah risiko perekonomian dunia yang masih diselimuti ketidakpastian.

Dia pun menyebut inilah hasil kerja keras, ikhtiar, juga kegotong-royongan dari seluruh masyarakat Indonesia.

“Semoga Allah SWT senantiasa melindungi dan menguatkan kita dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan,” pungkasnya.
Editor: Budi

T#g:Sri Mulyanipertumbuhan ekonomi
makeup remover
Berita Terkait

tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️