Kamis, 18 Agu 2022 11:43

Bendahara Partai Tampung Uang Haram Bupati Penajam Paser Utara

Jakarta (utamanews.com)
Oleh: Dito
Jumat, 14 Jan 2022 07:14
(Dery Ridwansah/JawaPos.com)
Konferensi pers penetapan tersangka oleh KPK terhadap Bupati Penajam Paser Utara dan Bendahara DPC Demokrat Balikpapan serta pihak lain, Kamis (13/1)
KPK telah menetapkan Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafur Mas’ud sebagai tersangka kasus dugaan suap pengadaan barang dan jasa serta perizinan di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, tahun 2021-2022.

Selain Abdul Gafur, KPK juga turut menjerat Bendahara Umum DPC Partai Demokrat Balikpapan, Nur Afifah Balqis beserta tiga pihak lainnya sebagai tersangka.

Mereka di antaranya pihak swasta Achmad Zuhdi; Plt Sekda Kabupaten Penajam Paser Utara, Mulyadi; Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Penajam Paser Utara, Edi Hasmoro; Kepala Bidang Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Penajam Paser Utara, Jusman. 

Status tersangka disematkan setelah KPK menggelar operasi tangkap tangan (OTT) pada Rabu (12/1).

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menyebut, Nur Afifah Balqis yang merupakan Bendahara Umum DPC Partai Demokrat Balikpapan diduga menampung uang suap dari Abdul Gafur. Uang tersebut disimpan di rekening milik Nur Afifah.

“Tersangka Abdul Gafur diduga bersama tersangka Nur Afifah Balqis, menerima dan menyimpan serta mengelola uang-uang yang diterimanya dari para rekanan di dalam rekening bank milik tersangka Nur Afifah Balqis yang berikutnya dipergunakan untuk keperluan tersangka Abdul Gafur Mas’ud,” kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (13/1) malam.

Uang suap tersebut diduga terkait proyek pekerjaan yang ada pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Penajam Paser Utara dan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Penajam Paser Utara senilai Rp112 miliar.

Pengadaan proyek tersebut untuk pembangunan proyek multiyears peningkatan jalan Sotek - Bukit Subur dengan nilai kontrak Rp58 miliar dan pembangunan gedung perpustakaan dengan nilai kontrak Rp9,9 miliar.

Menindaklanjuti proyek tersebut, Abdul Gafur diduga memerintahkan tersangka Mulyadi selaku Plt Sekda Kabupaten Penajam Paser Utara; tersangka Edi Hasmoro Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Penajam Paser Utara dan tersangka Jusmadi selaku Kepala Bidang Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Penajam Paser Utara untuk mengumpulkan sejumlah uang dari para rekanan yang sudah mengerjakan beberapa proyek fisik di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Selain itu Abdul Gafur Mas’ud diduga juga menerima sejumlah uang atas penerbitan beberapa perizinan antara lain perizinan untuk HGU lahan sawit di Kabupaten Penajam Paser Utara dan perizinan Bleach Plant (pemecah batu) pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Tersangka Mulyadi, tersangka Edi Hasmoro dan tersangka Jusmadi diduga adalah orang pilihan dan kepercayaan dari Abdul Gafur untuk dijadikan sebagai representasi dalam menerima maupun mengelola sejumlah uang dari berbagai proyek untuk selanjutnya digunakan bagi keperluan Abdul Gafur,” cetus Alex.

Penerimaan uang tersebut lantas ditampung oleh Bendahara Umum DPC Partai Demokrat Balikpapan, Nur Afifah Balqis menggunakan nomor rekeningnya. 

Uang tersebut diduga digunakan untuk keperluan pribadi Abdul Gafur.

“Tersangka Abdul Gafur juga diduga telah menerima uang tunai sejumlah Rp 1 miliar dari tersangka Achmad Zuhdi yang mengerjakan proyek jalan dengan nilai kontrak Rp64 miliar di Kabupaten Penajam Paser Utara,” tegas Alex.

Tersangka Achmad Zuhdi selaku pemberi disangkakan melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a atau Pasal 5 ayat (1) huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Sementara itu Abdul Gafur, Mulyadi, Edi Hasmoro, Jusman dan Nur Afifah Balqis selaku penerima disangkakan melanggar Pasal 12 huruf (a) atau Pasal 12 huruf (b) atau Pasal 11 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.
iklan HUT RI 77 Wali dan Wakil Wali Kota Medan
Editor: Budi

T#g:demokratPenajam Paser Utara
Berita Terkait
  • Rabu, 03 Agu 2022 06:53

    Basri Harahap Pimpin Kembali Partai Demokrat Paluta, Sumut

    Ketua Demokrat Paluta Basri Harahap kembali terpilih sebagai ketua Demokrat Paluta saat menerima SK dari Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Jakarta, Selasa (2/8/2022).Dengan

  • Rabu, 08 Jun 2022 22:38

    KPK: Bupati PPU Terima Rp1 M Untuk Kepentingan Musda Demokrat

    Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafur Mas'ud didakwa menerima suap bersama dengan Nur Afifah Balqis selaku Bendahara Partai Demokrat DPC Kota Balikpapan dan sejumlah orang lain.Hasil suap

  • Selasa, 31 Mei 2022 12:01

    H Juli Sawitma Nasution Dipercaya Menjadi Ketua DPC Partai Demokrat Kota Binjai

    Ucapan selamat terus berikan kepada anggota DPRD Binjai dari fraksi Partai Demokrat, H Juli Sawitma Nasution SH MH. Sebab, di akhir Mei 2022 ini, dirinya dipercaya untuk menakhodai Partai berlambang M

  • Selasa, 17 Mei 2022 17:47

    Demokrat Sebut Kepuasan ke SBY Tidak Pernah Serendah Jokowi, PDIP Beri Sindiran Begini

    PDI Perjuangan (PDIP) menanggapi Partai Demokrat (PD) yang mengklaim bahwa tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), tidak pernah serendah Preside

  • Minggu, 15 Mei 2022 23:55

    Mayoritas pemiliih Demokrat & PKS puas dengan kinerja Jokowi

    Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi). Salah satu hasil yang direkam ialah kepuasan pemilih setiap partai polit

  • Jumat, 13 Mei 2022 12:23

    AHY sebut Edy Rahmayadi sosok yang menginspirasi

    Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyebut Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi merupakan sosok yang menginspirasi dirinya.AHY sudah mengenal Edy

  • Minggu, 08 Mei 2022 08:08

    DPR RI Apresiasi Polda Sumut Terapkan Sistem One Way Urai Kemacetan

    Penerapan sistem One Way yang dilakukan Polda Sumut dan jajaran dalam mengantisipasi kemacetan lalu lintas saat mudik maupun arus balik libur lebaran Idul Fitri 1443 mendapat apresiasi.Apresiasi pener

  • Senin, 18 Apr 2022 06:28

    Momentum Ramadhan 1443 H, Ketua DPC Demokrat Batu Bara, Wan Helmi Berbagi Takjil

    Dalam momentum Bulan Suci Ramadhan 1443 H/Tahun 2022 Masehi, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Batu Bara, Wan Helmi melakukan giat sosial dengan berbagi 1000 takjil kepada wa

  • Rabu, 06 Apr 2022 17:26

    Partai Demokrat Sebut Jokowi Harus Turun pada 2024, Ini Alasannya

    Partai Demokrat menilai Presiden Jokowi harus benar-benar mengakhiri masa jabatannya pada 2024. Alasannya mereka menilai saat ini pemerintahan mulai mengarah ke sistem otoriter, bukan lagi d

  • Senin, 14 Mar 2022 13:34

    Jokowi Pimpin Prosesi Penyatuan Tanah dan Air Nusantara di IKN

    Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berada Kawasan Titik Nol Kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/03/2022). Di lokasi tersebut, dig

  • Komentar Pembaca
    iklan pemko Medan sd 23 Agustus 2022

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak