Rabu, 19 Jan 2022 08:33

Bendahara Partai Tampung Uang Haram Bupati Penajam Paser Utara

Jakarta (utamanews.com)
Oleh: Dito
Jumat, 14 Jan 2022 07:14
(Dery Ridwansah/JawaPos.com)
Konferensi pers penetapan tersangka oleh KPK terhadap Bupati Penajam Paser Utara dan Bendahara DPC Demokrat Balikpapan serta pihak lain, Kamis (13/1)
KPK telah menetapkan Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafur Mas’ud sebagai tersangka kasus dugaan suap pengadaan barang dan jasa serta perizinan di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, tahun 2021-2022.

Selain Abdul Gafur, KPK juga turut menjerat Bendahara Umum DPC Partai Demokrat Balikpapan, Nur Afifah Balqis beserta tiga pihak lainnya sebagai tersangka.

Mereka di antaranya pihak swasta Achmad Zuhdi; Plt Sekda Kabupaten Penajam Paser Utara, Mulyadi; Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Penajam Paser Utara, Edi Hasmoro; Kepala Bidang Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Penajam Paser Utara, Jusman. 

Status tersangka disematkan setelah KPK menggelar operasi tangkap tangan (OTT) pada Rabu (12/1).

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menyebut, Nur Afifah Balqis yang merupakan Bendahara Umum DPC Partai Demokrat Balikpapan diduga menampung uang suap dari Abdul Gafur. Uang tersebut disimpan di rekening milik Nur Afifah.

“Tersangka Abdul Gafur diduga bersama tersangka Nur Afifah Balqis, menerima dan menyimpan serta mengelola uang-uang yang diterimanya dari para rekanan di dalam rekening bank milik tersangka Nur Afifah Balqis yang berikutnya dipergunakan untuk keperluan tersangka Abdul Gafur Mas’ud,” kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (13/1) malam.

Uang suap tersebut diduga terkait proyek pekerjaan yang ada pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Penajam Paser Utara dan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Penajam Paser Utara senilai Rp112 miliar.

Pengadaan proyek tersebut untuk pembangunan proyek multiyears peningkatan jalan Sotek - Bukit Subur dengan nilai kontrak Rp58 miliar dan pembangunan gedung perpustakaan dengan nilai kontrak Rp9,9 miliar.

Menindaklanjuti proyek tersebut, Abdul Gafur diduga memerintahkan tersangka Mulyadi selaku Plt Sekda Kabupaten Penajam Paser Utara; tersangka Edi Hasmoro Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Penajam Paser Utara dan tersangka Jusmadi selaku Kepala Bidang Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Penajam Paser Utara untuk mengumpulkan sejumlah uang dari para rekanan yang sudah mengerjakan beberapa proyek fisik di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Selain itu Abdul Gafur Mas’ud diduga juga menerima sejumlah uang atas penerbitan beberapa perizinan antara lain perizinan untuk HGU lahan sawit di Kabupaten Penajam Paser Utara dan perizinan Bleach Plant (pemecah batu) pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Tersangka Mulyadi, tersangka Edi Hasmoro dan tersangka Jusmadi diduga adalah orang pilihan dan kepercayaan dari Abdul Gafur untuk dijadikan sebagai representasi dalam menerima maupun mengelola sejumlah uang dari berbagai proyek untuk selanjutnya digunakan bagi keperluan Abdul Gafur,” cetus Alex.

Penerimaan uang tersebut lantas ditampung oleh Bendahara Umum DPC Partai Demokrat Balikpapan, Nur Afifah Balqis menggunakan nomor rekeningnya. 

Uang tersebut diduga digunakan untuk keperluan pribadi Abdul Gafur.

“Tersangka Abdul Gafur juga diduga telah menerima uang tunai sejumlah Rp 1 miliar dari tersangka Achmad Zuhdi yang mengerjakan proyek jalan dengan nilai kontrak Rp64 miliar di Kabupaten Penajam Paser Utara,” tegas Alex.

Tersangka Achmad Zuhdi selaku pemberi disangkakan melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a atau Pasal 5 ayat (1) huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Sementara itu Abdul Gafur, Mulyadi, Edi Hasmoro, Jusman dan Nur Afifah Balqis selaku penerima disangkakan melanggar Pasal 12 huruf (a) atau Pasal 12 huruf (b) atau Pasal 11 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.
Editor: Budi

T#g:demokratPenajam Paser Utara
Berita Terkait
  • Senin, 17 Jan 2022 14:47

    Anggota DPR RI Hinca IP Pandjaitan Reses di Binjai

    Anggota Komisi lll DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, DR Hinca IP Pandjaitan XIII SH MH ACCS, melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kapolres Binjai, Jalan S Hasanuddin, Kecamatan Binjai Kota, Minggu (16/1) malam.

  • Selasa, 11 Jan 2022 05:11

    Lokot Nasution Unggul di Musda Demokrat Sumut

    Wakil Bendahara Umum DPP Lokot Nasution meraih dukungan terbanyak dari pemegang suara sah di Musda IV DPD Partai Demokrat.

  • Minggu, 09 Jan 2022 16:19

    Penasehat Fraksi Demokrat DPRD Sumut Minta Calon Ketua DPD Stop Fitnah

    Edward Zega, Penasehat Fraksi Demokrat DPRD Sumut, meminta kepada kader Partai Demokrat yang ingin maju Calon Ketua Partai Demokrat Sumut agar bersaing secara fair dan tidak melakukan fitnah terhadap saingannya.

  • Selasa, 30 Nov 2021 21:30

    Lagi-lagi Medan Banjir, Demokrat Pertanyakan Anggaran Drainase Rp 400 M

    Fraksi Partai Demokrat DPRD Kota Medan menyoroti besarnya anggaran Pemko Medan untuk drainase di tahun anggaran 2022 sebesar Rp 400 Miliar lebih.Fraksi ini menilai anggaran tersebut belum mampu mengat

  • Selasa, 09 Nov 2021 23:29

    Mahkamah Agung Tolak Gugatan Yusril

    Gugatan judicial review Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Partai Demokrat yang diajukan Yusril Ihza Mahendra selaku kuasa hukum eks kader Demokrat, ditolak Mahkamah Agung (MA)."Menyata

  • Senin, 13 Sep 2021 14:53

    Disaksikan Puluhan Ribu Kader, Demokrat Anugerahkan Penghargaan untuk 35 Senior Partai

    Pada Puncak Acara Peringatan Dua Dekade Partai Demokrat, 9 September 2021 di JCC Jakarta dan disaksikan oleh puluhan ribu Kader utama secara virtual, Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yu

  • Rabu, 08 Sep 2021 13:57

    Peringati HUT Ke-20 Partai Demokrat, Pengurus DPD Binjai Bagi-bagi Sembako Pada Kader dan Masyarakat

    Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-20 Partai Demokrat yang jatuh pada 9 September 2021 esok, Partai besutan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ini menggelar kegiatan Bakti Sosial.Mengambil t

  • Sabtu, 24 Jul 2021 19:24

    Partai Demokrat Kecam Postingan Budi Arie Setiadi

    Partai Demokrat mengecam keras sikap Wakil Menteri Desa (Wamendes) Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi, yang mengunggah poster hoax dan memfitnah Partai Demokrat serta ad

  • Rabu, 30 Jun 2021 10:50

    Fraksi Partai Demokrat Sampaikan Sejumlah Evaluasi Kepada Pemko Medan

    Fraksi Partai Demokrat DPRD kota Medan masih melihat masih ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh Pemerintah kota Medan baik dalam pengutipan pajak daerah, retribusi daerah serta penyerapan belanja d

  • Sabtu, 26 Jun 2021 20:46

    Ishaq Abrar Gelar Sosialiasi Perda Kota Medan Tentang Kibbla

    Anggota DPRD Kota Medan Fraksi Partai Demokrat Ishaq Abrar Mustafa Tarigan SIP melaksanakan Sosialisasi Perda Kota Medan Nomor 6/2009 tentang Kesehatan Ibu, Bayi baru lahir dan Balita (KIBBLA) di Jala

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak