Kamis, 18 Apr 2024 09:30
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones

Budi Gunawan: Pemisahan Ibu Kota Minimalkan Ancaman Negara

Jakarta (utamanews.com)

Oleh: Delta

Minggu, 13 Feb 2022 15:33

Istimewa
Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan
Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan mengatakan pembangunan ibu kota negara (IKN) Nusantara dapat menjadi generator pertumbuhan ekonomi baru.

Menurutnya perpindahan ibu kota negara ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur bukan hanya soal pindahnya gedung-gedung perkantoran pemerintahan, pegawai dan pembangunan fisik saja.

"Pemindahan IKN ke Kalimantan Timur berpotensi menstimulasi pertumbuhan ekonomi semakin merata ke luar Pulau Jawa.

Untuk mewujudkan cita-cita itu perlu konektivitas antar wilayah dan keterkaitan yang kuat antar sektor," ujar Budi dalam keterangan tertulis, Sabtu (12/2).

Kendati demikian, dia meminta agar pemindahan ibu kota negara juga ditinjau dari segi pertahanan dan keamanan. Karena IKN akan menjadi simbol kedaulatan negara yang rentan terhadap ancaman.

"Menjadi catatan penting bahwa penaklukan suatu negara secara de facto ditandai dengan keberhasilan dalam menduduki fasilitas strategis, termasuk ibu kota sebagai simbol runtuhnya sistem negara tersebut. Pemisahan ibu kota negara dengan kota-kota lain akan meminimalisir ancaman negara," jelasnya.
Editor: Budi

T#g:Budi GunawanIKN NusantaraKepala BIN
iklanplt
makeup remover
Berita Terkait
  • Kamis, 25 Jan 2024 17:15

    Kepala Bakamla RI Tinjau Lahan di IKN Nusantara

    Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M. Tr. Opsla melakukan peninjauan lahan lokasi Kantor Bakamla RI pada rencana tata ruang di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur


tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️