Selasa, 06 Des 2022 03:50
  • Home
  • Hukum & Keamanan
  • Ciptakan Papua Aman Damai, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 142/KJ Bantu Proses Perdamaian Perang Suku

Ciptakan Papua Aman Damai, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 142/KJ Bantu Proses Perdamaian Perang Suku

Yahukimo (utamanews.com)
Oleh: Tommy
Senin, 05 Sep 2022 10:15
Foto : Satgas Yonif Raider 142/KJ
Acara perdamaian perang suku, antara Suku Heselo dengan Suku Hesegem di Desa Wutalo, Distrik Kurima, Kabupaten Yahukimo, Minggu (04/09/2022).
Papua Cinta Damai, Papua Aman, itulah yang harus didengungkan dan menjadi komitmen bersama. Berkenaan hal tersebut, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 142/KJ turut hadir dalam acara perdamaian perang suku, antara Suku Heselo dengan Suku Hesegem di Desa Wutalo, Distrik Kurima, Kabupaten Yahukimo, Minggu (04/09/2022).

Perang antara Suku Heselo dengan Suku Hesegem yang sudah berlangsung kurang lebih 4 bulan berawal dari kasus pembunuhan Saudara Melky Hesegem dari suku Hesegem yang tak kunjung usai, menjadi perhatian masyarakat, Pemerintah, termasuk aparat keamanan TNI dan Polri.
Berkaitan hal tersebut, Wadan Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ selaku Komandan Pos Kurima Mayor Inf M. Riduan mengungkapkan bahwa suasana tenteram dan aman serta cinta damai dengan sesama harus terus diciptakan. Sehingga dengan adanya kesepakatan damai tersebut, akan menciptakan situasi yang lebih kondusif.

“Kita harus bisa saling memaafkan terhadap permasalahan yang ada. Terlebih terdapat pihak yang berwenang yang telah menangani permasalahan tersebut. Kedepan mari kita jalin kembali persahabatan dan persaudaraan yang kemaren sempat terusik,” jelasnya.

“Kegiatan seperti inipun diharapkan dapat mewujudkan rasa kebersamaan antara personel Satgas dengan masyarakat Kurima serta komponen masyarakat lain yang ada,” tambah Mayor Inf M. Riduan.
Acara perdamaian tersebut, dipimpin oleh Sertu Jopry Sembiring selaku Dantim II Pos Ramil Kurima bersama 12 anggota Pos Ramil Kurima. Turut hadir Bapak Yohanes Heselo Kepala Desa Eroma, Bapak Ipda Jean Pulanda Kapolsek Kurima, Sertu Sutrisno Babinsa Koramil Kurima.

Bapak Yohanes Heselo dalam acara tersebut mengungkapkan banyak terima kasih atas bantuan dari pihak keamanan antara lain Pos Ramil Kurima, Polsek Kurima, dan Koramil Kurima karena senantiasa membantu dari melerai dan menyelesaikan pertikaian saat perang suku terjadi sampai permasalahan bisa diselesaikan dalam acara perdamaian perang suku.

“Terima kasih semuanya, terima kasih TNI,” ungkapnya.

Editor: Herda

T#g:KurimaperangYahukimoperang suku
Berita Terkait
  • Selasa, 15 Nov 2022 18:15

    Jokowi: Paradigma kolaborasi sangat dibutuhkan untuk selamatkan dunia

    Dunia sedang mengalami tantangan yang luar biasa akibat berbagai krisis, mulai dari pandemi COVID-19, rivalitas yang menajam, hingga perang yang terjadi.

  • Selasa, 25 Okt 2022 00:05

    Jokowi, Sri Mulyani, Luhut Sepakat: Badai Besar Akan Datang

    Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sepakat, ekonomi global akan menghadapi badai besar.Para petinggi negara d

  • Rabu, 19 Okt 2022 08:19

    Tak kenal lelah, kembali Satgas Yonif Raider 142/KJ membangun ruang jemaat yang roboh

    Sebagai bentuk kepedulian, Satgas Pamtas Yonif  Raider 142/KJ Bangun kembali ruangan jemaat Gereja yang sudah roboh di Gereja Katolik St. Puru-puru yang berada di Distrik Kurima, Kabupaten Yahuki

  • Senin, 17 Okt 2022 14:47

    Hari Pangan, Jokowi Ingatkan Dampak Perang dan Pandemi

    Hari Pangan Sedunia diperingati setiap 16 Oktober. Terkait hal itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan mengenai dampak perang antara Rusia-Ukraina dan pascapandemi Covid-19 yang bisa menimbulk

  • Sabtu, 15 Okt 2022 21:55

    Komandan Yonif Raider 600/Modang Tinjau Distrik Suru-Suru Kabupaten Yahukimo

    Komandan Yonif Raider 600/Modang Letkol Inf Hanif Arridho, S.E., M.M. berkunjung ke wilayah Distrik Suru-Suru, dalam rangka meninjau Prajurit TNI yang berada di Pos Ramil dan meyakinkan situasi di Distrik Suru-Suru aman sekaligus mengirimkan dukungan logi

  • Komentar Pembaca

    Tentang Kami   Pedoman Media Siber   Disclaimer   Iklan   Karir   Kontak

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com
    PT. Oberlin Media Utama