Jumat, 19 Apr 2024 08:37
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones

Mengaku Bisa Cairkan Uang Soekarno, 5 Relawan UNO Swissindo Diamankan Polisi

Tanjung Pura (utamanews.com)

Oleh: Amin Nur

Jumat, 02 Jun 2017 07:02

Aparat Kepolisian dari Polsek Tanjung Pura, kabupaten Langkat, Sumut, mengamankan lima warga yang mengaku relawan dari NGO asing, UNO Swissindo, Kamis (1/6).

Mereka diamankan dari salah satu rumah warga di Dusun I Desa Pekubuan, karena diduga mengutip uang warga sebesar Rp10 ribu per orang.

Kelima terduga ini, yang salah seorang diantaranya wanita, kini masih diamankan dan dalam pemeriksaan intensif di Mapolsek Tanjung Pura.

Informasi dihimpun UTAMANEWS, identitasnya antara lain KJN, 34 tahun, ibu rumah tangga, ARN, 31 tahun, SN, 46 tahun, dan JEN, keempatnya warga Desa Pekubuan Kecamatan Tanjung Pura dan Z, 53 tahun, warga Komplek Langkat Estate, Desa Cempa Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat.

Dari tangan para terduga, petugas menyita uang Rp2.019.000, foto copy formulir surat kuasa M1, KTP warga 38 lembar, dua buku tulis dan lima baju kerja anggota dan 4 unit HP.

Kapolres Langkat AKBP Dede Rojudin melalui Kasubag Humas Polres Langkat AKP Arnold Hasibuan ketika dikonfirmasi wartawan via sambungan telepon seluler, Kamis (1/6) malam, membenarkan tindakan kepolisian ini dan kasusnya kini ditangani Polsek Tanjung Pura.

Terpisah, Kapolsek Tanjung Pura AKP Eriyanto Ginting, ketika dikonfirmasi wartawan via sambungan telepon seluler, Kamis (1/6) malam, menyatakan bahwa dari hasil interogasi yang dilakukan, para terduga mengaku telah beroperasi selama 4 hari di Desa Pekubuan Kecamatan Tanjung Pura.
 
"Dari hasil interogasi sementara, mereka sudah beroperasi selama 4 hari mulai dari tanggal 29 Mei sampai 1 Juni 2017 di Desa Pekubuan Tanjung Pura," ujarnya.

Menurut Kapolsek, penangkapan tersebut, berawal dari informasi masyarakat bahwa di Desa Pekubuan sedang berlangsung pengutipan uang kepada warga sebesar Rp10 ribu per orang. Selanjutnya petugas langsung menindaklanjuti dengan meluncur ke lokasi dimaksud dan mengamankannya.

"Kelima relawan UNO Swissindo ini sudah mengutip uang dari ratusan warga dengan janji, kepada warga yang sudah masuk menjadi anggota akan mendapat uang sebesar Rp15,6 Juta atau US$ 1200 melalui Bank Mandiri. Bila uang tersebut telah ditransfer dari Bank Swiss di negara Swiss, dalam waktu yang belum dapat ditentukan," pungkasnya.

"Dana yang dijanjikan akan diterima warga tersebut, katanya merupakan harta peninggalan mantan Presiden RI pertama (Ir. Soekarno-red), yang saat ini telah berada bank Mandiri dengan syarat harus mengisi formulir, dan memberikan sejumlah uang," pungkasnya.

Editor: Sam

T#g:378SwissindoTanjung Pura
iklanplt
makeup remover
Berita Terkait

tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️