Rabu, 19 Jan 2022 08:10
  • Home
  • Hukum & Keamanan
  • Petugas Lapas Klas ll A Binjai Razia Ruang Tahanan, Antisipasi Korsleting Listrik

Petugas Lapas Klas ll A Binjai Razia Ruang Tahanan, Antisipasi Korsleting Listrik

Binjai (utamanews.com)
Oleh: Ahmad Aqil
Kamis, 09 Sep 2021 18:49
Istimewa
Diduga karena adanya Korsleting listrik, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas lA Tangerang, tepatnya di Blok C 2, terbakar pada Rabu (8/9) Dinihari, sekira Pukul 01.45 Wib.

Terbakarnya Lapas tersebut dibenarkan oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly. Ia juga mengatakan, akibat kebakaran itu, 41 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) meninggal dunia.

Agar hal yang sama tidak terjadi, beberapa Lapas atau Rumah Tahanan (Rutan) yang ada pun terus meningkatkan kewaspadaan atau Deteksi dini ke kamar- kamar yang dihuni oleh para WBP.

Salahsatu yang terus meningkatkan Deteksi Dini adalah Lapas Kelas ll A Binjai. Di Lapas yang beralamat di Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Limau Mungkur, Kecamatan Binjai Barat ini, Petugas Keamanan rutin melakukan Razia ke kamar kamar Warga Binaan. 

Bahkan, agar hal yang sama seperti di Lapas Tangerang tidak terjadi di Lapas Kelas ll A Binjai, ditempat yang dipergunakan untuk melakukan pembinaan terhadap narapidana dan anak didik pemasyarakatan ini juga dilakukan pemeriksaan instalasi listrik.

"Bekerjasama dengan PT PLN (Persero) Binjai, tadi pagi kami juga melakukan pengecekan listrik dikamar kamar yang dihuni oleh para WBP," ungkap Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas ll A Binjai, Maju Amintas Siburian, saat dikonfirmasi awak media, Kamis (9/9) Siang.

Selain melakukan pengecekan, lanjut Kalapas Binjai, pihak PT PLN juga mengganti beberapa instalasi listrik. "Usai pengecekan, pihak PLN juga langsung eksen dengan mengganti beberapa kabel dan juga MCB," urai Maju Amintas Siburian.

Pria yang pernah menjabat Karutan l A Medan ini juga menegaskan, selain melakukan pengecekan instalasi listrik, pihaknya juga rutin melakukan razia ke kamar kamar WBP.

Tujuannya untuk meantisipasi hal hal yang tidak diinginkan, seperti masuknya barang barang yang dilarang. Ini merupakan bagian dari Deteksi dini," tegas Pria berdarah Batak ini.

Tidak hanya itu, lanjut Maju Amintas Siburian, dengan jumlah WBP yang melebihi kapasitas, Deteksi dini juga sangat diperlukan agar hal hal yang tidak diinginkan bisa segera diantasipasi.

"Untuk kapasitas Lapas Binjai yaitu 736 WBP. Sementara saat ini jumlah WBP 1.950 orang. Artinya dengan over kapasitas ini, sangat diperlukan deteksi dini," tegas Kalapas Il A Binjai.

Di akhir pembicaraannya, Maju Amintas Siburian mengucapkan Belasungkawa kepada seluruh keluarga yang menjadi korban kebakaran di Lapas Tangerang.

"Semoga keluarga korban tabah menghadapi cobaan ini," demikian ucap Maju Amintas Siburian di akhir pembicaraannya.

Editor: Herda

T#g:binjaiLapasrazia
Berita Terkait
  • Selasa, 18 Jan 2022 20:48

    Ketua PP Binjai Selatan Minta Gubernur Tutup Diskotik dan Galian C milik AC Cs

    Walau diskotik Key Garden dan Blue Star Champion sudah disegel oleh Pemkab Deli Serdang, namun masyarakat, khususnya warga Binjai, masih tetap khawatir karena Diskotik Samudera Selatan yang berada di

  • Selasa, 18 Jan 2022 10:48

    DPRD Binjai Lelang Pengadaan Mobiler Rp5 Miliar di P-APBD Nanti

    Sekretaris DPRD Kota Binjai, Putri Syawal Sembiring, mengakui bahwa sempat membatalkan lelang pengadaan mobiler gedung Dewan di tahun anggaran tahun 2021.

  • Senin, 17 Jan 2022 18:17

    Kebakaran di Area Gudang Logistik PLN Binjai

    Kebakaran kembali terjadi di Kota Binjai. Kali ini di area Gudang Logistik PLN Binjai yang beralamat di Jalan MT Haryono, Kelurahan Jati Karya, Kecamatan Binjai Utara, Senin (17/1) siang, sekira Pukul 14.20 Wib.

  • Senin, 17 Jan 2022 14:47

    Anggota DPR RI Hinca IP Pandjaitan Reses di Binjai

    Anggota Komisi lll DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, DR Hinca IP Pandjaitan XIII SH MH ACCS, melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kapolres Binjai, Jalan S Hasanuddin, Kecamatan Binjai Kota, Minggu (16/1) malam.

  • Sabtu, 15 Jan 2022 16:05

    Kelelahan jadi alasan pegawai Bank BNI menunda pencairan bantuan untuk rakyat Binjai

    Ngadiyem (72) warga Jalan Kelapa, Lingkungan IV Kelurahan Suka Maju, Kecamatan Binjai Barat, menangis tersedu sedu setelah dirinya tidak bisa mengambil Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) pada hari ini, Sabtu (15/1) siang.

  • Jumat, 14 Jan 2022 18:14

    Ratusan warga Binjai antri bantuan sosial, jadwal pagi molor hingga siang

    Ratusan masyarakat Kota Binjai menggeruduk Kantor Dinas Sosial Pemko Binjai yang beralamat di Jalan Jend Gatot Subroto, Kelurahan Limau Mungkur, Kecamatan Binjai Barat, Jumat (14/1).

  • Jumat, 07 Jan 2022 19:37

    Kapolda Sumut dan Pangdam Tinjau Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di Kota Binjai, Walikota: Target 29 Ribu

    Dalam rangka mensukseskan vaksinasi untuk anak anak usia 6 s/d 11 tahun, Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Panca Simanjuntak M.Si dan Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin SIP MM, berkunjung ke Kota Binjai, Jumat (7/1) siang, sekira pukul 13.30 Wib.

  • Jumat, 07 Jan 2022 17:37

    Walikota Resmikan Kantor Baru DPRD Binjai Berbiaya Rp45 Miliar

    Walikota Binjai Drs H Amir Hamzah MAP meresmikan Gedung Kantor Baru DPRD Binjai yang berada di Jalan Veteran, Kelurahan Tangsi, Kecamatan Binjai Kota, Jumat (7/1) sore, sekira Pukul 16.45 Wib.

  • Selasa, 04 Jan 2022 17:14

    Koloborasi BIN - Lapas Kelas IIA Binjai Gelar Vaksinasi Bagi 441 WBP

    Guna mencegah munculnya klaster baru penyebaran Virus Corona, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Binjai Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara, kembali melaksanakan vaksinasi Pertama untuk Tahap II,

  • Selasa, 04 Jan 2022 15:34

    DLH Mulai Pangkas Pepohonan di Binjai

    Memasuki awal tahun 2022, Pemerintah Kota (Pemko) Binjai melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mulai gencar melakukan penataan dan perawatan pohon di sejumlah lokasi yang ada di Kota Binjai.Hal itu dis

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak