Jumat, 30 Sep 2022 23:26

Polisi: Berkas perkara lengkap, Sie Dong segera disidang di PN Binjai

Binjai (utamanews.com)
Oleh: Ahmad Aqil
Senin, 25 Jul 2022 14:25
Istimewa
Sie Dong
Berkas perkara Pho Sie Dong alias Sie Dong (39) dinyatakan sudah lengkap oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Binjai. Sejalan dengan ini, penyidik Satuan Reserse Narkoba Polres Binjai juga sudah melakukan tahap II (penyerahan tersangka dan barang bukti) kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) belum lama ini. 

Hal tersebut dilakukan agar Pho Sie Dong segera diadili di Pengadilan Negeri Binjai. "Kami sudah menerima tahap II penyidik. Karena itu, berkas perkara juga sudah dilimpahkan ke PN Binjai," tegas Kepala Seksi Tindak Pidana Umum Kejari Binjai, Fatah Chotib, Senin (25/7). 

Sejauh ini, lanjut Fatah, JPU tengah menunggu jadwal ketetapan sidang yang ditetapkan oleh PN Binjai. "Berkasnya sudah dilimpahkan berbarengan dengan terdakwa lainnya," pungkasnya.

Dalam hal ini, penyidik Satresnarkoba Polres Binjai mengirim 2 Surat Pemberitahuan Dimulai Penyidikan (SPPD) dari tiga tersangka kepada Kejari Binjai. Dua SPDP tersebut dipisah dari tiga tersangka yang ditetapkan oleh polisi. 

Adapun ketiga tersangka dimaksud yakni, Abdul Gunawan (41), Riki Hamdani (37) warga Dusun III Sukaramai, Desa Tandam Hulu II, Hamparan Perak dan Pho Sie Dong (39) warga Jalan Petai Nomor 27, Kelurahan Jati Utomo, Binjai Utara. 

Pho Sie Dong dan Abdul Gunawan tercatat dalam 1 SPDP atau berkas perkara. Keduanya disangkakan Pasal 114 ayat (1) dan 112 ayat (1).

Sementara SPDP tersangka Riki Hamdani bakal diadili oleh JPU Linda Sembiring. Pemisahan berkas perkara ini dikarenakan barang bukti yang dikuasai oleh Riki adalah narkotika jenis ganja.

Sebelumnya, Pho Sie Dong diamankan Unit 2 Satresnarkoba Polres Binjai di kediamannya, berdasarkan hasil pengembangan, Senin (9/5). Mulanya polisi mengamankan Abdul Gunawan dan Riki Hamdani di Dusun III Sukaramai, Desa Tandam Hulu II, Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang. 

Pengungkapan ini dilakukan karena di daerah tersebut sering terjadi transaksi narkotika jenis Sabu Sabu. Atas informasi keresahan dari masyarakat ini, polisi melakukan penyelidikan sekaligus penyamaran. 

Saat polisi menyamar sebagai pembeli, bertemu dengan Abdul dan memesan Sabu Sabu seharga Rp100 ribu. Selanjutnya oleh Abdul kemudian menyerahkan satu paket diduga Sabu. 

Saat bersamaan, datang Riki Hamdani yang menawarkan ganja kepada polisi. Bahkan, Riki juga langsung menunjukan 1 paket diduga ganja seberat 1,77 gram. 

Singkat cerita, keduanya pun diciduk oleh petugas yang menyamar jadi pembeli. Sementara catatan wartawan, Pho Sie Dong cukup banyak dikenal masyarakat Kota Binjai. Apalagi dia merupakan etnis keturunan. 

Pria yang akrab disapa Sie Dong ini diduga juga pernah beraktivitas di dunia ilegal, seperti main CPO, pupuk bersubsidi hingga buka usaha judi mesin tembak ikan.
Editor: Herda

T#g:PN BinjaiPolres Binjai
Berita Terkait
  • Senin, 26 Sep 2022 16:16

    Satresnarkoba Polres Binjai tangkap pemuda warga Puji Dadi, sita Sabu 23,99 gram

    Apa yang diperbuat, harus dipertanggungjawabkan. Begitulah kira kira yang patut disematkan buat pria ini karena perbuatannya yang melawan hukum.

  • Jumat, 23 Sep 2022 22:43

    Sidang lanjutan, Jaksa tuntut Sie Dong divonis 8 tahun penjara dan denda Rp1 miliar

    Sidang lanjutan perkara narkotika dengan terdakwa Pho Sie Dong alias Sie Dong, yang dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim, Teuku Syarafi, di ruang Cakra Pengadilan Negeri Binjai, Kamis (22/9) beragenda me

  • Kamis, 22 Sep 2022 13:02

    Polres Binjai dan Mahasiswa Berbagi

    Guna membantu meringankan beban masyarakat akibat adanya penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM), Polres Binjai bersama Mahasiswa melaksanakan Bhakti Sosial di Wilayah hukum Polres Binjai, Rabu (21/9).

  • Senin, 19 Sep 2022 16:59

    Anak meninggal di kolam renang, Polres Binjai: Orangtua korban tidak bersedia dilakukan autopsi

    Setiap yang bernyawa pasti akan mengalami mati. Ini merupakan sepenggal kalimat yang ada di kitab suci Alqur'an dan kembalinya setiap jiwa kepada sang Khalik (Tuhan) dengan cara dan waktu tidak a

  • Sabtu, 17 Sep 2022 16:17

    Satlantas Polres Binjai Gelar Bhakti Sosial Pembagian Paket Sembako

    Menciptakan situasi Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalulintas (Kamseltibcar) yang kondusif serta pelayanan kepada para pengguna jalan merupakan salah satu Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Lalulintas Polri.

  • Kamis, 18 Agu 2022 17:48

    Zainuddin Purba: Banyak Sambo Sambo Bekingi Galian C Ilegal di Beguldah

    Kedatangan masyarakat Beguldah ke Kantor Pemko Binjai untuk meminta keadilan dan keamanan karena mengaku kerap diintimidasi oleh sekelompok OTK, akhirnya direspon oleh Anggota DPRD Sumut dari Fraksi P

  • Senin, 15 Agu 2022 13:25

    Sat Narkoba Polres Binjai tangkap pengedar narkoba yang transaksi di perladangan

    Tidak hanya di kota kota besar, peredaran narkoba terus merambah hingga ke pelosok pelosok daerah. Bahkan dalam melakukam transaksi (narkoba) para bandar melakukannya di lokasi yang mereka anggap aman

  • Rabu, 10 Agu 2022 18:39

    Tindaklanjuti Info Tokoh Masyarakat, Polres Binjai Tangkap 1 Bandar dan 3 Remaja Pengguna Narkoba

    Sebagai Kota yang banyak diidolakan oleh para generasi muda untuk menuntut ilmu karena letaknya yang sangat strategis dan langsung berbatasan dengan Ibukota Provinsi, ternyata Kota Binjai juga dijadik

  • Selasa, 09 Agu 2022 20:09

    Terungkap, Terdakwa Bandar Sabu coba suap Kanit Narkoba dengan 1 unit mobil Terios dan BPKB-nya saat ditangkap

    Pho Sie Dong, terdakwa kasus bandar narkoba jenis Sabu Sabu, berusaha menyogok petugas Kepolisian dari unit 2 Satnarkoba Polres Binjai yang menangkapnya, dengan Satu unit mobil jenis Toyota Rush bersa

  • Selasa, 09 Agu 2022 11:19

    Tim Gabungan Polres Binjai turun razia hingga dini hari, cegah geng motor dan balap liar

    Guna menjamin rasa aman, nyaman dan menghilangkan keresahan warga terhadap kejahatan jalanan, geng motor dan pelaku balap liar serta kejahatan 3 C (Curi, Curat, Curas) personil Sat Samapta, Sat Intel

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak