Sabtu, 24 Feb 2024 21:51

Sat Narkoba Polres Binjai Kembali Amankan Pengguna Narkoba

Binjai (utamanews.com)

Oleh: Ahmad Aqil

Selasa, 14 Nov 2023 13:04

Istimewa
Tersangka dan barang bukti saat diamankan
Pemberantasan terhadap peredaran narkoba sudah merupakan program prioritas Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, bahwa Narkotika merupakan musuh bersama.

Program tersebut pun wajib dikerjakan oleh jajarannya. Terbukti, Polres Binjai melalui Sat Narkoba, berhasil melakukan penangkapan terhadap seorang pria yang diduga sebagai bandar narkoba jenis sabu sabu, Sabtu (11/11). 

Adapun pria yang dimaksud berinisial SY alias Rambe (20). Ia berhasil diamankan di sebuah warung yang berada di Jalan Soekarno - Hatta, Kelurahan Timbang Langkat, Kecamatan Binjai Timur.

Bersama pelaku turut diamankan barang bukti berupa 1 paket besar diduga narkotika jenis sabu dengan berat bruto 103,50 gram yang dibalut dengan kertas dan di lakban, 1 plastik berwarna biru, 1 buah tas yang dipergunakan sebagai tempat penyimpanan yang diduga narkotika, 1 unit HP merk Vivo dan 1 unit Sepeda Motor jenis Honda Scoppy dengan nopol BK 6933 AJN. 
 
Penangkapan pelaku berawal saat personil Sat Narkoba Polres Binjai mendapat informasi dari masyarakat terkait adanya seorang pria yang merupakan bandar narkotika jenis sabu sabu akan mengantarkan barang haram itu ketempat sesuai pesanan. 

Setelah mendapatkan informasi tersebut, tim Sat Narkoba Polres Binjai langsung melakukan penyelidikan ke TKP. Namun petugas sempat kehilangan jejak terduga pelaku. 

Pencarian pun terus dilakukan terhadap pria dengan ciri ciri yang dimaksud. Akhirnya petugas dapat menemukan seorang pria yang sedang santai dan duduk di sebuah warung dengan ciri-ciri sesuai informasi awal. 

"Saat diketahui bahwa orang yang dimaksud tersebut benar, petugas langsung menghampiri terduga dan bertanya 'ada barangnya bang'. Terduga pun menjawab jika barangnya ada di dalam jok Kereta (Sepeda Motor_red)," ungkap Kasi Humas Polres Binjai Iptu Riswansyah, Selasa (14/11) siang. 

Mendengar pengakuan dari terduga pelaku, petugas pun langsung bergerak cepat guna mengamankan dan melakukan pemeriksaan terhadap Sepeda Motornya. 

"Pada saat memeriksa sepeda motor, petugas berhasil menemukan sebuah tas yang dibungkus dengan plastik berwarna biru. "Menurut pengakuan terduga, sabu sabu ia peroleh dari seorang pria berinisial P," ujar Kasi Humas Polres Binjai. 

Nyanyian dari SY alias Rambe itupun segera ditindaklanjuti oleh petugas yang langsung memburu terduga P ke Jalan Glugur Rimbun, Kecamatan Sunggal.

"Namun saat tiba di TKP yang dimaksud, orang yang dimaksud tidak berhasil ditemukan," tegas Riswansyah. 

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, SY alias Rambe akhirnya digelandang ke Mapolres Binjai guna menjalani proses hukum lebih lanjut. 

Pelaku dijerat dengan Pasal 114 ayat (2) subs pasal 112 ayat(2) dengan ancaman hukuman minimal 6 tahun dan maksimal 20 tahun," demikian ucap Kasi Humas Polres Binjai. 
Editor: Herda

T#g:Polres BinjaiSat Narkoba
Berita Terkait
tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️