Jumat, 30 Sep 2022 23:18
  • Home
  • Hukum & Keamanan
  • Terdakwa Pho Sie Dong jalani persidangan di PN Binjai terkait bisnis haram Sabu sabu

Terdakwa Pho Sie Dong jalani persidangan di PN Binjai terkait bisnis haram Sabu sabu

Binjai (utamanews.com)
Oleh: Ahmad Aqil
Senin, 01 Agu 2022 15:11
Istimewa
Persidangan Pho Sie Dong secara online di PN Binjai, Senin (1/8)
Dijuluki raja ilegal Kota Binjai, terdakwa Pho Sie Dong bersama Abdul Gunawan (41) akhirnya menjalani sidang yang dilakukan oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Binjai, Kamis (28/7) lalu. 

Dalam dakwaan, Pho Sie Dong didakwa sebagai pemilik narkotika jenis Sabu Sabu yang dijualkan oleh Abdul Gunawan. Sedangkan Abdul Gunawan mengakui Sabu Sabu sebanyak 4 paket dengan berat 0,34 gram adalah milik Pho Sie Dong.

Bahkan terdakwa Abdul Gunawan juga mengakui memperoleh Sabu Sabu dari Pho Sie Dong sebanyak 7 kali. 

Sedangkan cara kerja terdakwa Abdul Gunawan dengan Sie Dong adalah, habis dulu menjual Sabu Sabu yang diambil lalu disetorkan. Artinya, terdakwa Abdul Gunawan mengambil Sabu tanpa modal, kemudian dijualkannya. 

Setelah kristal putih tersebut terjual, lalu terdakwa Abdul Gunawan menyetor hasil penjualan kepada Sie Dong. Karenanya, Sie Dong diamanakan polisi berdasarkan hasil pengembangan.

Artinya, Polisi lebih dulu mengamankan Abdul Gunawan, lalu dipancing dengan cara ingin menyetorkan uang hasil penjualan kepada Sie Dong.

"Ya, terdakwa Pho Sie Dong dan Abdul Gunawan sudah sidang dakwaan," kata Jaksa Penuntut Umum, Benny Surbakti, ketika dikonfirmasi awak media, Senin (1/8). 

Namun Benny enggan menjelaskan lebih detail mengenai permainan bisnis haram yang dilakukan oleh terdakwa Pho Sie Dong. Pun begitu, dia membenarkan ada bukti kuat yang menyatakan bahwa pemilik Sabu Sabu tersebut adalah Pho Sie Dong. 

"Untuk lebih lengkap nanti kita beberkan dalam sidang. Teman teman wartawan silahkan datang pada sidang lanjutannya," kata Benny. 

Terpisah, Humas PN Binjai Wira Indra Bangsa, membenarkan jika Pho Sie Dong sudah menjalani sidang dengan agenda dakwaan. Pekan depan, Kamis (4/8), sidang kembali dilanjutkan dengan agenda mendengarkan saksi saksi. 

"Ya, sudah sidang. Minggu depan sidangnya lagi dibuka dengan agenda mendengar keterangan saksi," pungkasnya. 

Dalam dakwaan JPU, terdakwa Pho Sie Dong dan Abdul Gunawan didakwa primair pasal 114 ayat (1) jo pasal 132 ayat (1) Undang-Undang Narkotika Nomor 35 Tahun 2009 dan subsidair pasal 112 ayat (1) jo pasal 133 (1).

Sebelumnya, Pho Sie Dong diamankan Unit 2 Satresnarkoba Polres Binjai di kediamannya berdasarkan hasil pengembangan, Senin (9/5) lalu. 

Penangkapan itu berawal saat polisi mengamankan Abdul Gunawan dan Riki Hamdani di Dusun III Sukaramai, Desa Tandam Hulu II, Hamparan Perak. Pengungkapan ini dilakukan karena di daerah tersebut sering terjadi transaksi narkotika jenis Sabu Sabu. 

Atas informasi masyarakat ini, polisi melakukan penyelidikan sekaligus penyamaran. Saat petugas menyamar sebagai pembeli, akhirnya bertemu dengan Abdul dan memesan sabu seharga Rp100 ribu. 

Tak lama, Abdul Gunawan kemudian menyerahkan satu paket diduga Sabu Sabu. Namun di saat bersamaan, datang Riki Hamdani yang menawarkan ganja kepada polisi. Bahkan, Riki juga langsung menunjukkan 1 paket diduga ganja seberat 1,77 gram. 

Akhirnya keduanya pun diciduk oleh petugas yang menyamar jadi pembeli.

Terdakwa Riki dilakukan penuntutan dengan berkas terpisah. Riki akan diadili oleh JPU Linda Sembiring. 

Berdasarkan informasi yang berhasil dirangkum awak media, Pho Sie Dong cukup familiar dikenal oleh masyarakat Kota Binjai. Apalagi dia merupakan etnis keturunan. 

Pria yang akrab disapa Sie Dong tersebut diduga juga pernah bermain di dunia ilegal seperti main CPO, pupuk bersubsidi hingga buka usaha judi mesin tembak ikan. 
Editor: Herda

T#g:Bandar sabuPN Binjai
Berita Terkait
  • Jumat, 23 Sep 2022 22:43

    Sidang lanjutan, Jaksa tuntut Sie Dong divonis 8 tahun penjara dan denda Rp1 miliar

    Sidang lanjutan perkara narkotika dengan terdakwa Pho Sie Dong alias Sie Dong, yang dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim, Teuku Syarafi, di ruang Cakra Pengadilan Negeri Binjai, Kamis (22/9) beragenda me

  • Rabu, 17 Agu 2022 13:57

    Transaksi Sabu 104,87 gram di Binjai Selatan digerebek Satresnarkoba Polres, 3 pelaku diamankan

    Petugas Kepolisian Satresnarkoba Polres Binjai, berhasil mengamankan 3 orang pria yang melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika jenis Sabu Sabu, Senin (15/8) malam, sekira Pukul 22.00 Wib, di

  • Selasa, 09 Agu 2022 20:09

    Terungkap, Terdakwa Bandar Sabu coba suap Kanit Narkoba dengan 1 unit mobil Terios dan BPKB-nya saat ditangkap

    Pho Sie Dong, terdakwa kasus bandar narkoba jenis Sabu Sabu, berusaha menyogok petugas Kepolisian dari unit 2 Satnarkoba Polres Binjai yang menangkapnya, dengan Satu unit mobil jenis Toyota Rush bersa

  • Kamis, 04 Agu 2022 18:24

    Polres Labuhanbatu Grebek Narkoba, Amankan 2 Pelaku Diantaranya Bandar Sabu

    Sat Narkoba Polres Labuhanbatu melakukan pengrebekan narkoba di Jalan Baru By Pass H. Adam Malik Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu, dan berhasil mengamankan dua orang pelaku, salah satu d

  • Senin, 25 Jul 2022 18:35

    Jaksa Banding, dituntut 8 tahun malah Hakim putuskan cuma 1 tahun terhadap oknum Polisi kasus Narkoba

    Seorang oknum Polisi berinisial SH, yang tersandung kasus narkoba dan merupakan warga Kecamatan Binjai Barat, akhirnya divonis 1 tahun kurungan penjara oleh Ketua Majelis Hakim, Ledis Meriana Bakara,

  • Senin, 25 Jul 2022 14:25

    Polisi: Berkas perkara lengkap, Sie Dong segera disidang di PN Binjai

    Berkas perkara Pho Sie Dong alias Sie Dong (39) dinyatakan sudah lengkap oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Binjai. Sejalan dengan ini, penyidik Satuan Reserse Narkoba Polres Binjai juga sudah melakukan t

  • Selasa, 19 Jul 2022 11:49

    BNNK Binjai tangkap bandar sabu, modus transaksi lewat jendela rumah

    Dalam penggerebekan yang dipimpin langsung oleh Kepala Seksi (Kasi) Pemberantasan AKP Bambang Sulistio, Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Binjai akhirnya berhasil mengamankan AEL (62) di kediamanny

  • Rabu, 06 Jul 2022 18:56

    Kapolres AKBP Ferio Sano Ginting hadiri pelantikan Wakil Ketua PN Binjai Nurmala Sinurat

    Kapolres Binjai AKBP Ferio Sano Ginting, menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Wakil Ketua Pengadilan Negeri (PN) kelas I B Binjai, yang dilaksanakan di aula Pengadilan Negeri Binjai, J

  • Kamis, 16 Jun 2022 21:56

    Gadis Cantik Terdakwa Pelaku Penipuan Mulai Disidang di PN Binjai

    Sidang kasus dugaan penggelapan dan penipuan atas terdakwa Siska Maulida Ginting, hingga kini masih bergulir di Pengadilan Negeri Binjai.Dalam sidang yang dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim, Mukhtar, d

  • Senin, 13 Jun 2022 17:53

    DPRD Binjai Gelar RDP Bahas Status Tanah di Jalan Bangau Lingkungan IX Kelurahan Mencirim

    Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Binjai, menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan pihak Kelompok Tani (Poktan) Sepakat Tani dan pihak PTPN 2 Kebun Sei Semayang, berlangsung di ruangan Komi

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak