Jumat, 30 Sep 2022 22:59

Truk dihadang, KKB tembaki penumpang: Kronologi 10 warga tewas di Nduga Papua

Jakarta (utamanews.com)
Oleh: Tommy
Minggu, 17 Jul 2022 08:27
(Dok Facebook @Mako Tabuni)
Ilustrasi KKB
Kelompok kriminal bersenjata (KKB) menembaki 12 warga Kampung Nogolait, Nduga, Papua. Sebanyak 10 orang warga tewas dalam insiden tersebut.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal menerangkan penembakan itu terjadi pukul 09.15 WIT. Kala itu para korban disebut sedang berada di sekitar lokasi penembakan, ada yang sedang menumpang truk dan ada pula yang sedang berjualan di warung.

"Kejadian tersebut berawal dari salah satu korban yang merupakan seorang pedagang kelontongan, tujuh orang lainnya yang berada di dalam truk dan empat orang lainnya yang berada di sekitar TKP," ujar Kamal dalam keterangannya, Sabtu (16/7/2022).

Kamal menyebut tujuh orang korban yang sedang menumpang truk tengah menempuh perjalanan dari Kampung Kenyam menuju ke Batas Batu. Tiba-tiba laju truk korban dihadang oleh puluhan anggota KKB sambil menodongkan senjata api.

"Pada saat melintas di Kampung Nogolait, saat itu tiba tiba dihadang di tengah jalan kurang lebih berjarak 50 meter oleh KKB dengan jumlah sekitar 20 (dua puluh) orang dengan tiga orang membawa senjata api panjang dan satu orang terlihat membawa senjata pendek warna silver," ucap Kamal.

Sontak sopir truk langsung berhenti. Puluhan anggota KKB itu lalu melepaskan tembakan ke arah truk.

"Saat mobil berhenti, kemudian langsung ditembak ke arah mobil dengan jarak kurang lebih 50 meter. Sopir berusaha memundurkan mobil dengan jarak kurang lebih 100 meter, kemudian tetap ditembak ke arah mobil yang mengenai sopir," jelas Kamal.

Jenazah korban ditemukan tersebar di empat lokasi berbeda. Ada yang ditemukan di sekitar warung dan di sisi jalan.

Lebih lanjut Kamal menyebut Polres Nduga beserta Satgas Damai Cartenz tengah mengusut insiden penembakan itu. Para anggota KKB itu kini sedang diburu.

"Hingga saat ini anggota Polres Nduga yang di backup Satgas Damai Cartenz dan rekan-rekan TNI masih terus mendalami latar belakang dari perbuatan keji KKB tersebut dan melakukan pengejaran terhadap pelakunya," pungkasnya.
Editor: Budi

T#g:KKBNdugaperang
Berita Terkait
  • Senin, 19 Sep 2022 19:39

    Ijeck Imbau Pemda Tingkatkan Serapan BOKB dan Arahkan Program Pembangunan ke Stunting

    Musa Rajekshah mengimbau Pemerintah Kabupaten/Kota untuk meningkatkan serapan anggaran Bantuan Operasional Keluarga Berencana (BOKB) dan mengarahkan program-program pembangunan untuk mendukung penurunan angka stunting.

  • Jumat, 16 Sep 2022 12:36

    Bupati Taput Buka Ujian Tertulis Penerimaan Perangkat Desa

    Dari kantor kecamatan Tarutung kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Bupati Drs. Nikson Nababan, MSi, membuka langsung ujian tertulis penerimaan perangkat Desa secara aplikasi zoom, Jumat (16/09).

  • Senin, 12 Sep 2022 06:12

    Zelensky Tuding Rusia Dalang Pemadaman Listrik Total di Ukraina Timur

    Pemadaman listrik total terjadi di wilayah Ukraina timur. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menuding Rusia sebagai dalang padamnya listrik di seluruh wilayah timur Ukraina tersebut.

  • Senin, 05 Sep 2022 10:15

    Ciptakan Papua Aman Damai, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 142/KJ Bantu Proses Perdamaian Perang Suku

    Papua Cinta Damai, Papua Aman, itulah yang harus didengungkan dan menjadi komitmen bersama. Berkenaan hal tersebut, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 142/KJ turut hadir dalam acara perdamaian perang s

  • Sabtu, 03 Sep 2022 08:53

    Jangan Sampai Subsidi BBM Dinikmati Kelas Atas, Ketua Petanesia Sumut Nilai 'Subsidi Tertutup' Tepat Sasaran

    Ketua Pecinta Tanah Air Indonesia (Petanesia) Sumut, Eriza Hudori, menyampaikan bahwa dampak kenaikan harga BBM global menyebabkan tekanan subsidi BBM yang terus membengkak dari asumsi awal sebesar Rp

  • Jumat, 12 Agu 2022 04:12

    Jokowi: 800 juta orang terancam kelaparan akut

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan 800 juta orang di dunia terancam kelaparan dan kekurangan pangan akut.Saat ini, Jokowi mengatakan lebih dari 300 juta orang di dunia sudah menghadapi kekuranga

  • Rabu, 10 Agu 2022 08:10

    Ijeck: Menurunkan Angka Stunting Pekerjaan Mulia

    Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah sekaligus Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Sumut menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang terus bekerja dalam menu

  • Selasa, 02 Agu 2022 20:42

    Bandingkan negara lain, Jokowi bersyukur masih bisa subsidi BBM

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan rasa syukurnya karena pemerintah masih bisa menyangga subsidi harga BBM di tengah situasi global yang tak menentu.“Alhamdulillah kalau bensin di negara

  • Senin, 25 Jul 2022 15:25

    Aksi Satgas Satuan Organik Yonif Raider 321/GT Bangkitkan Perekonomian Masyarakat di Pasar Mbua

    Satgas Satuan Organik Yonif Raider 321/GT yang dipimpin oleh Lettu Inf Gathaya Sukarnoadi, memanfaatkan hari Pasar untuk ikut turut berperan dalam menjalankan perekonomian masyarakat, berbagi kebahagi

  • Jumat, 22 Jul 2022 18:32

    Satgas Yonif Raider 321/GT Bantu Pemasangan TV dan Instalasi Parabola Warga Distrik Mbua

    Untuk mengatasi kesulitan masyarakat, Prajurit Satgas Satuan Organik Yonif Raider 321/Galuh Taruna (GT) melakukan pemasangan TV dan Instalasi Prabola secara terbatas di Distrik Mbua, Kabupaten Nduga.H

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak