Rabu, 19 Jan 2022 09:29
  • Home
  • Kesehatan
  • Kejar Target Herd Immunity, Hari Ini BIN Sumut Gelar Vaksin di 28 Lokasi di 17 Kabupaten/ Kota

Kejar Target Herd Immunity, Hari Ini BIN Sumut Gelar Vaksin di 28 Lokasi di 17 Kabupaten/ Kota

Deli Serdang (utamanews.com)
Oleh: Herda
Kamis, 09 Des 2021 16:49
Herda
Kadis Kesehatan Kabupaten Deli Serdang, dr. Ade Budi Krista meninjau pelaksanaan vaksinasi yang diselenggarakan BIN Daerah Sumut di desa Tembung, Kamis (9/12).
Pemerintah Kabupaten Deli Serdang melalui Camat Percut Sei Tuan, Ismail, SSTP MSP., mengapresiasi bantuan Badan Intelijen Negara (BIN) yang telah menyelenggarakan vaksinasi bagi 2000 masyarakat desa Tembung, kecamatan Percut Sei Tuan kabupaten Deli Serdang, Sumut.

"Kami berterima kasih kepada BIN yang telah membantu kami untuk melaksanakan kegiatan vaksin, yang pada hari ini kita lihat masyarakat cukup antusias mengikutinya," tutur Ismail, di sela-sela peninjauan vaksinasi masyarakat di jalan Datuk Kabu, desa Tembung, Kamis (9/12/2021).
Camat Percut Sei Tuan Ismail, SSTP MSP dan dr. Riauati Sinurat Kepala Puskesmas Kenangan, memperhatikan tenaga kesehatan saat penyuntikan vaksin bagi masyarakat desa Tembung, Kamis (9/12).
 (Istimewa)
Camat yang mengayomi 485 ribu penduduk ini mengungkapkan bahwa pihaknya harus bekerja keras untuk mencapai target 70 persen demi pembentukan herd immunity atau kekebalan komunal yang ditetapkan para ahli kesehatan. 

"Kalau di daerah lain, dengan hanya 2 sampai 3 ribu dosis vaksin, mungkin sudah mencapai target 70 persen karena penduduknya relatif sedikit. Di sini kalau 3 ribu dosis, hanya menambah 1 persen capaian," ujarnya sambil tersenyum.

Oleh karenanya, Ismail mengapresiasi BIN yang telah menyelenggarakan vaksinasi bagi warganya di Percut Sei Tuan."Kegiatan ini tentunya sangat membantu kami dari pemerintah kecamatan untuk mengejar ketertinggalan dalam pencapaian vaksin di kabupaten Deli Serdang. Dimana kita sudah mendapat perintah dari pemerintah pusat, harus mencapai 70 persen sebelum sampai akhir Desember 2021," pungkasnya.

Gelaran vaksinasi ini juga ditinjau oleh Kadis Kesehatan Kabupaten Deli Serdang dr. Ade, yang tampak memberikan semangat pada para tenaga vaksinator agar memaksimalkan upayanya.

"Ini kalau kita gak kejar, nanti target kita jadi tambah lama. Lebih baik kita capek di bulan Desember, nanti kita tinggal terima hasilnya. Saya harap kalian paham dan mengerti lah ya," ujar dr Ade memberi semangat pada anggotanya.

Tampak Pak Kadis mengacungkan jempol dua saat seorang tenaga kesehatan dari Puskesmas Kenangan mengatakan, "Kami main sampai malam nanti Pak."

Amatan media, masyarakat antusias mengikuti kegiatan ini, dan patuh menerapkan protokol kesehatan saat mengantri menunggu gilirannya diskrining dan divaksin.
Santriwati Pondok Pesantren Ja'fariyah, Hutaibus, Kecamatan Lubuk Barumun, kabupaten Padang Lawas menunjukkan sertifikat vaksin setelah divaksin dalam program vaksinasi pelajar yang digelar BIN, Kamis (9/12).
 (Istimewa)

Terpisah, Kepala BIN Daerah (Kabinda) Sumut Brigjen TNI Asep Jauhari Puja Laksana menjelaskan bahwa vaksinasi di Kabupaten Deli Serdang ini adalah bagian dari pelaksanaan kegiatan yang diselenggarakan BIN secara serentak di 28 titik di 17 kabupaten/ kota se- Sumatera Utara.

"Kita semua berharap dengan tercapainya target 70 persen penduduk yang divaksin, dan semua masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan khususnya memakai masker, maka secepatnya kita dapat keluar dari Pandemi Covid-19 dan bebas beraktifitas," ujar Kabinda Brigjen TNI Asep.

Berikut disampaikan daftar lokasi di kabupaten/ kota dimana BIN menyelenggarakan vaksinasi per tanggal 9 Desember 2021,

1. Kabupaten Deli Serdang, 2 lokasi, yakni di jalan Datuk Kabu Dusun XVI, dan jalan Pasar 5 Tengah Dusun XIII, Desa Tembung, kecamatan Percut Sei Tuan

2. Kota Binjai, di Puskesmas Kebun Lada, jalan Perintis Kemerdekaan kecamatan Binjai Utara

3. Kabupaten Serdang Bedagai, di lapangan Dusun III, Desa Sei Rampah, kecamatan Sei Rampah

4. Kota Tanjungbalai, 2 lokasi, di Kantor Camat Sei Tualang Raso dan di Puskesmas Persatuan.

5. Kabupaten Toba, di Aula Kantor Camat Porsea

6. Kabupaten Labuhanbatu, di Kantor Lurah Binaraga Kecamatan Rantau Utara

7. Kabupaten Padang Lawas, 2 lokasi, di Pondok Pesantren Ja'fariyah, Hutaibus, Kecamatan Lubuk Barumun, dan di Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Barumun Raya (STAIBR), Jalan Al-Muhajirin, Kelurahan Sibuhuan.

8. Kabupaten Mandailing Natal, 2 lokasi, di Bagas Godang, Kelurahan Pidoli Dolok, dan di Puskesmas Panyabungan Jae, kecamatan Panyabungan

9. Kabupaten Tapanuli Utara, di Puskesmas Siatas Barita, jalan Marhusa Panggabean, Simorangkir

10. Kota Pematangsiantar, di Puskesmas Kesatria jalan Pdt Justin Sihombing, Kecamatan Siantar Timur

11. Kabupaten Samosir, di Desa Hatoguan Kecamatan Palipi

12. Kota Padangsidimpuan, di Rumah Kepling 2 Kelurahan Silandit Kecamatan Padangsidimpuan Selatan 

13. Kabupaten Tapanuli Selatan, 2 lokasi, di kantor desa Napa dan di Kelurahan Wek 3, kecamatan Batang Toru

14. Kabupaten Dairi, di Puskesmas Tiga Baru

15. Kabupaten Pakpak Bharat, di Puskesmas Sibande

16. Kabupaten Padang Lawas Utara, 2 lokasi, di Puskesmas dan di Pasar Gunung Tua, Kecamatan Padang Bolak

17. Kabupaten Tapanuli Tengah, 3 lokasi, di Lapangan Sibuluan Nauli, Jalan AR Surnakti, Kecamatan Pandan, kemudian di Kantor Lurah Muara Nibung, Jalan Sibolga - Padangsidempuan, dan di Toko Obat Najwa Kelurahan Albion Prancis, Kecamatan Pinangsori.

Editor: Budi

T#g:Deli SerdangTembungdoor to door
Berita Terkait
  • Jumat, 14 Jan 2022 22:24

    Pelaku Pencabulan Terhadap Anak Di Bawah Umur Diringkus Polresta Deli Serdang

    Unit PPA Polresta Deli Serdang mengamankan seorang pria berinisial MS alias Anto Kambing (50) warga Dusun Sedar, Desa Sekip, Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Rabu (12/01/2022).

  • Rabu, 12 Jan 2022 14:22

    MUI Deli Serdang Sayangkan Cuitan Kontroversi Ferdinand Hutahaean

    Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Deli Serdang, Amir Panatagama sangat menyayangkan viralnya cuitan kontroversial pegiat media sosial Ferdinand Hutahaean.

  • Minggu, 09 Jan 2022 09:29

    Bupati Deli Serdang Lantik 372 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas

    Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan melantik 372 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, yang bertempat di Gedung Olahraga (GOR) Lubuk Pakam, Jum’at (7/1/2022).

  • Sabtu, 08 Jan 2022 13:58

    GMKI Sibolangit Deli Serdang Kecam Pengeroyokan TNI Terhadap Petani

    Pada hari Selasa 4 Januari 2022, beredar video siaran langsung yang menampilkan sejumlah anggota TNI melakukan pengeroyokan terhadap para petani. Peritistiwa tersebut terjadi di Desa Sei Tuan, Pantai

  • Kamis, 06 Jan 2022 22:06

    Nyalon Kades Bangun Sari, Budi: Yang Muda Terpanggil Membangun Desa

    Budi Nyata (43), warga Dusun 13 B, Gang Lokasi, Kampung Jamparing, Desa Bangun Sari, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang memantapkan niat dan tekad untuk maju menjadi salah satu kandidat

  • Kamis, 06 Jan 2022 20:06

    Dukung penutupan diskotik di Deli Serdang, Ketua GNPF Ulama Kota Binjai: Di sana banyak yang mati over dosis

    Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) bersama dengan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Langkat, sepakat untuk melakukan penertiban terhadap kegiatan hiburan malam yang diduga me

  • Kamis, 06 Jan 2022 11:36

    Warga temukan tulang belulang tengkorak manusia di belakang SMPN 17 Medan

    Jenazah yang sudah tinggal tulang belulang dan tengkorak kepala tanpa identitas ditemukan warga di lahan kosong di jalan Letda Sujono, Gang Pembangunan, Kelurahan Bandar Selamat, Kecamatan Medan Tembu

  • Rabu, 05 Jan 2022 11:45

    Resmi Daftar Balon Kades Bakaran Batu, Arifin Susilo: Pilkades Berkualitas Desa Mandiri Sejahtera

    Arifin Susilo (39), warga Desa Bakaran Batu, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang, resmi mendaftar sebagai calon Kepala Desa (Kades) Bakaran Batu, Rabu (05/01/2022).

  • Selasa, 04 Jan 2022 21:44

    Target 70%, Kabupaten Deli Serdang Gelar Rapat Koordinasi Percepatan Vaksinasi

    Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan, memimpin rapat koordinasi percepatan vaksinasi Covid 19 di Aula Polresta Deli Serdang, Selasa (04/01/2022).Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan mengatakan bahwa

  • Jumat, 31 Des 2021 20:41

    Bupati Deli Serdang Lantik 250 Pejabat Fungsional

    Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan melantik 250 Pejabat Administrasi dalam Jabatan Fungsional melalui penyetaraan dilingkungan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang di Gedung Olahraga (GOR) Lubuk Paka

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak