Kamis, 26 Mei 2022 07:55
  • Home
  • Olahraga
  • Ini saran Bobby agar Atlet Sumut merasakan 'atmosfer tuan rumah' pada PON tahun 2024

Ini saran Bobby agar Atlet Sumut merasakan 'atmosfer tuan rumah' pada PON tahun 2024

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Kamis, 06 Jan 2022 08:26
Dinas Kominfo Medan
Silaturahmi antara Ikatan Mantan Atletik Sumut (Ikama-Su) dengan Wali Kota Medan, Bobby Nasution di Balai Kota, Selasa (4/1/2022)
Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution siap membangkitkan dunia atletik Sumatera Utara. Terlebih saat ini Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sumut tidak punya nakhoda.

Ya, hal itu terungkap lewat silaturahmi antara Ikatan Mantan Atletik Sumut (Ikama-Su) dengan Wali Kota Medan, Bobby Nasution di Balai Kota, Selasa (4/1/2022).

Hadir dari Ikama-Su Ketua, H. Irwan Pulungan, Sekretaris, dr. Teren Dillon, M.Kes dan Wakil Ketua, Lidya Titali. 

Di masanya, mereka ini adalah mantan atlet dan juga pelatih di cabang olahraga atletik sebagai pelari yang membela Sumatera Utara dan Indonesia.

Pada kesempatan itu, Bobby Nasution mempersilakan Irwan Pulungan untuk membuka percakapan. Bobby ingin mengetahui kondisi terkini dari cabang atletik.

Dijelaskan Irwan, saat ini PASI Sumut sedang dalam tidak memiliki ketua umum pasca meninggalnya sang ketua September 2021 lalu. Di samping itu, pengurusan sebelumnya juga sudah berakhir pada Desember 2021 dan sedianya sudah boleh menggelar Musprov.

"Musprov mestinya 31 Desember 2021, namun karena sudah tidak memungkinkan maka bisa kita gelar pada Januari 2022 ini. Kami juga menyampaikan bahwa dari cabang atletik menyumbang tiga medali emas di PON Papua lalu," kata Irwan.

Setelah PON Papua, telah diputuskan Sumatera Utara dan Aceh akan jadi tuan rumah selanjutnya pada 2024. 

Diharapkan dengan nakhoda baru di PASI Sumut kelak bisa menyambut status tuan rumah dengan lebih banyak perolehan medali. 

Kata Irwan, di ajang PON ada sebanyak 48 medali yang diperebutkan dari cabang atletik saja.

"Sebanyak 48 medali diperebutkan dari atletik, kita kemarin dapat tiga. Itupun dari yang training center di Jakarta. Artinya kita kekurangan pembinaan terencana. Kita nanti tuan rumah PON, setidaknya harus dapat 10 medali emas. Kita tahu persaingan di atletik sangat ketat dengan dominasi dari pulau Jawa," papar Irwan yang pernah jadi pelari nasional nomor 800 meter dan 1.300 meter pada 1986-1993.

Maka, dengan segala dinamika dan target ke depan yang sangat berat, maka Irwan mewakili atlet, pelatih, mantan atlet dan mantan pelatih juga mewakili Pengurus Cabang PASI di seluruh Sumut, dengan kerendahan hati sangat menginginkan agar Bobby Nasution sudi kiranya turut mengurus PASI dan membesarkan cabang olahraga atletik di Sumatera Utara.

"Melalui diskusi kami, rapat-rapat yang kami lakukan, segenap atlet, pelatih dan para mantan, kami meyakini bahwa sosok paling pas untuk menjadi pemimpin PASI Sumut adalah Bapak Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution. Kami sangat berharap Pak Wali bersedia," bilang Irwan.

Mendengar sejumlah paparan kondisi terkini dunia atletik Sumut, Bobby Nasution pun dengan mantap bersedia ikut membenahi dan membesarkan dunia atletik Sumut. 

Kata Bobby, pihaknya juga sangat mengharapkan agar pembenahan fasilitas, sarana, prasarana, infrastruktur untuk latihan atlet merata hingga ke seluruh kabupaten kota di Sumut, utamanya jelang PON 2024.

"Kami suarakan itu, sebab sejauh ini fokusnya cuma di Deliserdang kan. Kami ingin sarana itu merata, Kota Medan juga siap memberikan tempat agar dibangun sarana atlet untuk berlatih," kata Bobby.

Kata Menantu Presiden Jokowi itu, pembangunan sarana/pra sarana berupa venue bertanding di PON 2024 kelak, juga mestinya segera diselesaikan jauh-jauh hari sebelum PON dibuka. Dengan begitu, para atlet Sumut akan lebih biasa dengan venue dan dengan atmosfer sebagai tuan rumah. 

"Kalau tidak sama aja kita tidak akan dapatkan atmosfer sebagai tuan rumah, sayang kan," lanjut Suami Kahiyang Ayu itu.

Terkait dengan keinginan insan atletik yang meminta dirinya bersedia menjadi nakhoda tertinggi di PASI Sumut, Bobby Nasution pun siap.

"Saya siap ikut membantu memajukan Atletik, PASI di Sumut. Apalagi saya dengar penjelasan Pak Irwan tadi, ini merupakan keinginan para atlet, pelatih, mantan atlet, pelatih dan bahkan pengurus cabang di daerah. Maka Insya Allah saya siap. Namun semua harus sesuai regulasi, jangan ada aturan yang dilanggar. Saya gak mau begitu. Ikuti seluruh ketentuan yang ada, Insya Allah kita akan jalankan amanah bersama-sama, berkolaborasi demi kemajuan olahraga, khususnya atletik di Sumut dan Kota Medan," pungkas Bobby yang saat itu didampingi Kadispora Medan Pulungan Harahap.
Editor: Budi

T#g: AtletikatletPasiPON 2024
Berita Terkait
  • Jumat, 20 Mei 2022 15:20

    Tangis Odekta Naibaho pecah saat sabet emas SEA Games Vietnam

    Tangis pelari Indonesia Odekta Elvina Naibaho pecah saat berhasil menyabet emas nomor maraton putri SEA Games ke-31 dalam perlombaan yang digelar di sekitar Hanoi National Sports Complex, Stadion

  • Sabtu, 14 Mei 2022 22:54

    Abdul Hafiz, Atlet Asal Binjai Raih Medali Perak di Sea Games 2022 Vietnam

    Walikota Binjai Drs H Amir Hamzah M.AP menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi kepada Abdul Hafiz, atlet cabor atletik nomor Lempar Lembing Putra yang berhasil meraih medali perak pada perhelatan Se

  • Senin, 09 Mei 2022 10:09

    Jokowi Harapkan Atlet Indonesia Harumkan Nama Bangsa Di SEA Games Vietnam

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas keberangkatan kontingen Indonesia untuk berlaga pada SEA Games 2021 di Vietnam. Ia menyampaikan harapan besar terhadap atlet-atlet yang nantinya berlaga agar meno

  • Selasa, 19 Apr 2022 07:19

    Bertemu Konjen Tiongkok, Edy Rahmayadi Bahas Kerja Sama Bidang Olahraga

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menginginkan adanya kerja sama dengan Republik Rakyat Tiongkok di bidang olahraga. Apalagi, saat ini Sumut dalam persiapan menjadi tuan rumah Pekan Olahra

  • Rabu, 23 Mar 2022 23:13

    Musa Rajekshah Buka Rakeprov KONI Sumut

    Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah mengingatkan semua pihak,  khususnya seluruh pengurus di Cabang Olahraga (Cabor) untuk memanfaatkan dengan baik kesempatan menjadi tua

  • Kamis, 17 Mar 2022 19:27

    Walikota Binjai: Penting Bagi Atlet Menumbuhkan Rasa Optimisme Di Sanubari

    Walikota Binjai Drs H Amir Hamzah M.AP, membuka seleksi Pelatda Jangka Panjang PON 2024 Provinsi Sumatera Utara Cabang Gulat, Rabu (16/3) di Gedung Olahraga Binjai, Jalan Danau Poso, Kelurahan Sumber

  • Rabu, 02 Mar 2022 13:32

    Wali Kota Binjai Serahkan Tali Asih Pada Insan Olahraga Berprestasi dan Berdedikasi

    Pemerintah Kota (Pemko) Binjai melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) memberikan tali asih kepada belasan atlet yang berprestasi dan juga berdedikasi pada gelaran Pekan Olahraga Nasional Ke XX se

  • Sabtu, 26 Feb 2022 22:46

    Antisipasi kelangkaan dan Penimbunan Minyak Goreng, Lurah Tigaraja dan Polsek Parapat Gelar Operasi Pasar

    Antisipasi kelangkaan dan penimbunan Minyak goreng, Lurah Tigaraja bersama Kanit Reskrim Polsek Parapat melaksanakan operasi pasar di Pasar Tradisional Tigaraja, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabu

  • Minggu, 20 Feb 2022 19:20

    Gubernur Edy Rahmayadi Pastikan Cabor Berkuda PON 2024 Main di Sergai

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahamayadi meninjau venue berkuda Jericho Stable di Sei Rampah, Serdangbedagai (Sergai), Minggu (20/2). Usai peninjauan, Gubernur Edy Rahmayadi memastikan bahwa ca

  • Rabu, 16 Feb 2022 13:46

    Tim Gabungan Polda Lampung- BNN Aceh Gerebek Sindikat Narkoba di Pangkalan Susu Sumut, Amankan 51 Kg Sabu

    Tim Gabungan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Polda Lampung dan Bea Cukai Kabupaten Langsa (Prov NAD) berhasil menangkap pelaku dan Narkotika Sabu Sabu dengan berat total 51 Kg di Dermaga Kerambah

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak