Selasa, 06 Des 2022 05:28
  • Home
  • Pemilu
  • 116 Desa di Paluta Akan Laksanakan Pilkades Serentak

116 Desa di Paluta Akan Laksanakan Pilkades Serentak

Paluta (utamanews.com)
Oleh: Umar Rambe
Senin, 04 Jul 2022 19:34
Istimewa
Ilustrasi
Sebanyak 116 Desa di 12 kecamatan di wilayah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Provinsi Sumatera Utara akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak pada tanggal 16 September 2022 mendatang.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Paluta Yusuf MD Hasibuan melalui Kabid Pemerintahan Desa Muhammad Sukri Nasution, S.Sos saat ditemui, Senin (4/7/2022) menyampaikan, yang akan melaksakan Pilkades adalah desa yang kepala desanya telah habis masa jabatannya terhitung mulai tahun 2021 kebawah.

"Adapun langkah persiapan untuk mengawal pelaksanaan Pilkades di 116 desa ini, telah dibentuk Panitia Pilkades tingkat Kabupaten Paluta, dimana Ketua Panitianya bapak Kadis PMDesa dan Penanggung Jawab Kegiatan Pilkades bapak Sekdakab Paluta," katanya.

Adapun tugas dan fungsi Panitia Pilkades Tingkat Kabupaten Paluta kata Muhammad Sukri antara lain, merencanakan, mengkoordinasikan dan menyelenggarakan semua tahapan Pilkades, melaksanakan bimbingan teknis kepada Panitia Pilkades, menetapkan jumlah surat suara, memfasilitasi penyelesaian permasalahan Pilkades, melakukan pengawasan penyelenggaraan Pilkades dan melakukan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan.

Kemudian, terkait anggaran Pilkades ini kata Muhammad Sukri, akan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Paluta dan APB Desa.

Hal lainnya kata Muhammad Sukri, apabila ternyata muncul calon tunggal di desa peserta yang akan mengikuti Pilkades hingga batas akhir penjaringan dan penetapan Calon Kades, Pilkadesnya akan ditunda pada periode pemilihan berikutnya atau Jabatan Kepala Desa akan dijabat oleh Pejabat Kepala Desa (Pjs).

"Hal itu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa dan PP nomor 43 tahun 2014, telah diatur apabila hanya ada satu calon, maka pelaksanaannya akan ditunda melalui penetapan oleh bapak bupati pada periode berikutnya,” jelasnya.

Sedangkan Perbup Paluta terkait pelaksanaan Pilkades serentak ini. Yakni, nomor 20 tahun 2022 tentang petunjuk pelaksanaan Pilkades (Berita Daerah Kabupaten Paluta tahun 2022 nomor 20).

Adapun rincian 116 Desa di 12 Kecamatan di wilayah Kabupaten Paluta yang akan melaksanakan Pilkades serentak sesuai SK Bupati Paluta nomor 141/155.A/K/2022 tentang penetapan desa-desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak tahun 2022. Yakni, 12 desa di Kecamatan Batangonang, 10 desa di Kecamatan Padangbolak Julu, 11 desa di Kecamatan Portibi, 12 desa di Kecamatan Padangbolak dan 11 desa di Kecamatan Simangambat.

Kemudian, 9 desa di Kecamatan Halongonan, 21 desa di Kecamatan Dolok, 10 desa di Kecamatan Dolok Sigompulon, 4 desa di Kecamatan Hulu Sihapas, 5 desa di Kecamatan Halongonan Timur, 5 desa di Kecamatan Padangbolak Tenggara dan 6 desa di Kecamatan Ujung Batu.
Editor: Adjie

T#g:palutaPilkades
Berita Terkait
  • Sabtu, 03 Des 2022 19:23

    Perkuat Relawan, PMI Paluta Gelar Diklat Lapangan dan Pelantikan Bersama PMR

    Seratusan siswa SMA sederajat dari berbagai sekolah di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) mengikuti kegiatan Pelatihan Dasar Lapangan (Latsar) sekaligus pelantikan bersama Palang Merah Remaja (PMR

  • Rabu, 30 Nov 2022 08:40

    Ratusan Kader Pramuka Ikuti Raimuna Cabang III, Kemah Bakti Saka Wirakartika dan HUT Paluta

    Ratusan kader Pramuka penegak mengikuti Raimuna Cabang III dan Kemah HUT Paluta serta Bakti Saka Wirakartika yang digelar oleh Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Padang Lawas Utara (Paluta), Sen

  • Kamis, 24 Nov 2022 20:54

    PMI Paluta Ikut Tampil Karnaval dan Donor Darah

    Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) ikut ambil bagian dalam karnaval mobil hias bersama organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Paluta dalam rang

  • Selasa, 22 Nov 2022 12:22

    KPU Paluta Ajak Wartawan se-Paluta Sukseskan Pemilu Serentak Tahun 2024

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melaksanakaan Sosialisasi Peran Aktif Media untuk mensukseskan Pemilu Serentak tahun 2024 yang diikuti wartawan se Kabupaten Paluta be

  • Sabtu, 19 Nov 2022 20:29

    Penyerahan Penghargaan untuk PKK Desa/Kelurahan, Paluta Juara Umum Peraih Kategori Terbanyak

    Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis menyerahkan penghargaan atas prestasi sebagai pelaksana terbaik seluruh kategori lomba dan penilaian

  • Komentar Pembaca

    Tentang Kami   Pedoman Media Siber   Disclaimer   Iklan   Karir   Kontak

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com
    PT. Oberlin Media Utama