Selasa, 06 Des 2022 04:02
  • Home
  • Pendidikan
  • Membangun Startup Bukan Sekadar Ide Tapi Perlu Riset yang Benar

Membangun Startup Bukan Sekadar Ide Tapi Perlu Riset yang Benar

Medan (utamanews.com)
Oleh: Dito
Kamis, 24 Nov 2022 19:54
Dok. Istimewa
Talkshow dengan tema “Tech Startup or SMEs Business Digital Penetration in Data Protection”, Kamis (24/11) di Auditorium Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia.
Membangun bisnis startup tidak cukup hanya ide saja, namun ide tersebut perlu riset dan validasi yang benar sebelum ide tersebut diekseusi sebagai sebuah bisnis.

Hal ini dikatakan oleh Angeline Tanty, CO-Founder & CEO Depatu Mentor & Business Activation pada acara talkshow dengan tema “Tech Startup or SMEs Business Digital Penetration in Data Protection”, Kamis (24/11) di Auditorium Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia.

Acara ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa (HIMA) Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak (TRPL) Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia.

Angeline mengatakan ide timbul berawal dari masalah yang muncul. Para pebisnis yang maju dan berhasil memiliki mindset bahwa selalu ada peluang emas di setiap masalah atau keadaan.
"Jadi harus memiliki pikiran yang mau menganalisis setiap masalah yang timbul untuk menemukan solusi yang bisa dijadikan sebagai peluang dalam ide bisnis,” ujarnya.

Angeline menambahkan ide sebuah bisnis tanpa eksekusi bisa dikatakan gagal. Mencari mentor dan riset adalah hal yang utama untuk dilakukan sebagai eksekusi dari ide startup yang dimiliki, setelah itu kita melakukan prototyping serta memikirkan produk tersebut agar bisa berkembang secara skala besar.

Ferry Haris, CEO & Founder Feha Internasional Consulting yang berdomisili di Amsterdam, Belanda ikut menjadi narasumber pada acara ini mengatakan bawah sebuah startup bisa dikatakan berhasil apabila memberikan sumbangsih kepada negara dalam bentuk pajak.

Sebagai contoh, di negara kincir angin yakni Belanda, para pengusaha bisnis memberikan sumbangsihnya kepada negara berupa pajak hingga mencapai 52% dari keuntungan yang mereka dapatkan.
Perusahaan walaupun memiliki hanya beberapa pegawai, tapi memiliki revenue dan profit margin bisa mencapai di atas 50% merupakan perusahaan yang sukses.

Ferry juga menambahkan dalam membuat startup perlu mempertimbangkan data protection. Ada empat hal yang perlu diketahui yakni protection, detection, verification dan reaction. Data protection, privacy, cybersecurity, programming sangat perlu dipahami dalam menjalankan bisnsi startup.

Acara ini dihadiri sekitar mahasiswa dan pelajar dari berbagai kampus maupun Sekolah di Provinsi Sumatera Utara (STMIK TIME, Universitas Negeri Medan, UMM , SMA santa luna, Universitas Malikusaleh) serta kalangan profesional (Indomacro).

Ketua Program Studi TRPL Politeknik WBI, Muslim Ramli menyampaikan terima kasih atas kehadiran anak-anak muda dari berbagai kalangan.
“Saya tidak menyangka acara ini bisa dihadiri lebih dari 200 orang," ujarnya.

Muslim juga mengatakan peserta yang hadir perlu membangun relasi/jejaring pertemanan dari berbagai kalangan untuk mencapai keberhasilan dalam apa yang dicita-citakan khususnya dalam membangun startup. 

“Oleh karena itu, moment hari ini perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya, apa yang perlu digali dalam seminar hari ini dalam membangun bisnis startup, agar menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang cara membangun Bisnis startup kepada narasumber dan saling berkenalan antar sesama peserta yang hadir untuk membangun relasi,” tutupnya.
Editor: Budi

T#g:startuprisetTalkshow
Berita Terkait
  • Jumat, 18 Nov 2022 19:28

    Pj Wali Kota: Inflasi di Tebingtinggi Masih Dalam Batas Toleransi

    Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi, S.Sos., M.TP. menyampaikan bahwa inflasi di kota Tebing Tinggi masih dalam batas toleransi (besaran inflasi tahun kalender 2022 sebesar 4,56 persen berdasar data BPS kota Tebing Tinggi).

  • Senin, 26 Sep 2022 13:06

    Banyak Alami Kegagalan, Jokowi Ungkap Trik Sukses Bangun Startup

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan cara terbaik dalam membangun bisnis startup. Jokowi mengatakan, memulai bisnis startup harus memahami terlebih dahulu kebutuhan pasar.

  • Selasa, 20 Sep 2022 09:00

    Di Talkshow HMI Sumut, Ijeck Ajak Tolak Money Politik

    Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah mengingatkan agar menjauhi money politik (politik uang) pada Pemilu 2024 nantinya. Hal ini dikatakannya agar mendapatkan pemimpin yang amanah, bukan hanya di dunia melainkan juga di akhirat.

  • Selasa, 23 Agu 2022 10:23

    Dukung UCP, Bobby Nasution: Semoga tumbuhkan minat anak muda berwirausaha

    Pemko Medan menyambut baik digelarnya event Urban Coffee Project (UCP) di Kota Medan. Diharapkan, melalui event UCP tersebut, masyarakat, terutama para pecinta kopi dapat mengenali dan menikmati berag

  • Jumat, 08 Apr 2022 05:08

    Tingkatkan Kesadaran Masyarakat, Musa Rajekshah Paparkan Manfaat Donor Darah

    Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah menyampaikan manfaat baik donor darah baik bagi para pendonor hingga penerimanya dalam acara Talkshow bersama Tribun, di Kantor Tribun, Jal

  • Komentar Pembaca

    Tentang Kami   Pedoman Media Siber   Disclaimer   Iklan   Karir   Kontak

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com
    PT. Oberlin Media Utama