Rabu, 01 Des 2021 23:04
  • Home
  • Pendidikan
  • Polmed Rencana Bangun Kampus di Wilayah Sergai, Bupati Sangat Mendukung

Polmed Rencana Bangun Kampus di Wilayah Sergai, Bupati Sangat Mendukung

Sergai (utamanews.com)
Oleh: Erick Yoma
Kamis, 30 Sep 2021 17:00
Istimewa
Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menerima audiensi jajaran Politeknik Negeri Medan (Polmed), yang dilangsungkan di Ruang Rapat Wakil Bupati Sergai, Sei Rampah, Kamis (30/9/2021).

Dalam sambutannya, Bupati Sergai menyampaikan bahwa pihaknya mendukung penuh segala program yang mendukung peningkatan kualitas pendidikan, termasuk keinginan Polmed untuk membangun salah satu gedung kampusnya di Kabupaten Sergai Tanah Bertuah Negeri Beradat.

Rencananya, fasilitas pendidikan tersebut akan dibangun di salah satu lahan PT. Perkebunan Nasional (PTPN) III yang terletak di dekat area Masjid Agung, Sei Rampah.

"Semangat kita untuk memajukan pendidikan harus tetap dijaga, tidak boleh menyerah. Dalam hal ini saya setuju dan dan mendukung penuh program ini," ucapnya.

Namun ada beberapa catatan dan saran yang disampaikan oleh Bang Wiwiek, sapaan akrabnya, terkait pemilihan lokasi lahan pembangunan.

Ia menyebut, perbandingan harga lahan harus jadi pertimbangan, sehingga perlu diadakan diskusi lanjutan apakah lokasi gedung kampus akan tetap didirikan di lahan PTPN atau ada opsi alternatif.

"Jadi nantinya kita bisa kembali berdiskusi. Tetapi kalau pihak Polmed ingin lahan seperti paparan yang sebelumnya disampaikan, ya kita akan berusaha akomodasi. Salah satu alternatif yang bisa dijadikan pilihan ada di lahan PTPN Desa Bengkel, yang lokasinya strategis, salah satunya karena dekat dengan akses jalan tol," ucapnya, sambil menambahkan jika dirinya juga memiliki lahan di Dolok Masihul yang bisa jadi alternatif lokasi pembangunan jika dibutuhkan.

Sebelumnya, Wakil Direktur IV Bidang Kerjasama Polmed Ing. Heru Pranoto, S.T., menyebut salah satu faktor penting dalam rencana ini adalah bangunan yang terintegrasi satu sama lain.

Pihaknya menyebut, pemilihan tempat tidak harus di pinggir jalan lintas, namun jika diberikan lahan yang lokasinya jauh dari area jalan provinsi, dirinya berharap ada akses jalan yang cukup luas dan baik.

"Rencananya, kawasan kampus didesain dengan konsep multi massa, di mana semua bangunan didesain selain memiliki gedung kuliah, juga ada sport center dan workshop serta nantinya beberapa gedung dapat juga digunakan oleh masyarakat," terangnya.

Masih lanjut Heru, kampus Polmed ini direncanakan menjadi green campus di mana nanti ada fasilitas "ladang energi".

Untuk itu dia menyebut, akan dibangun solar cell di mana daya listrik yang dibutuhkan untuk kampus berasal dari solar cell tersebut.

Bahkan, ia menyebut jika fasilitas solar cell ini bisa dibuat dengan daya yang lebih besar, bukan tidak mungkin dapat memberikan pasokan energi listrik ke kantor Bupati.

"Kedepan kita mungkin akan membentuk tim khusus untuk mengonsep perihal rencananya ini, utamanya lokasi lahan yang akan diperuntukkan bagi pembangunan kampus," cetusnya.

Di kesempatan yang sama, Kadis Pendidikan Sergai Suwanto Nasution, S.Pd, MM, mengatakan saat ini antusiasme masyarakat Sergai untuk menimba ilmu hingga ke jenjang sarjana sudah sangat tinggi.

"Akan tetapi tingkat perekonomian acap jadi penghalang. Tapi jika rencana pembangunan ini berjalan dengan baik, muncul optimisme bagi generasi muda Sergai untuk bisa menikmati pendidikan tinggi. Harapannya, jika pembangunan ini terealisasi, 20% putra-putri Sergai kiranya dapat diberikan akses pendidikan gratis di Polmed," kata Suwanto.

Hadir pula dalam audiensi ini Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si, Direktur Polmed Abdul Rahman, SE, Ak, M.Si, Wakil direktur I Bidang Akademik Dr. Roslina, M.I.T., Wakil Direktur II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan M. Rikwan, E, S, Manik, S.E, M.E, dan Wakil direktur III Bidang Kemahasiswaan Delisma Siregar, S.T, M.T.

Editor: Donini Ari Rajagukguk

T#g:Bupati SergaikampusPolmed
Berita Terkait
  • Senin, 22 Nov 2021 22:22

    Pimpin Upacara HKN, Bupati Sergai: Camat dan Kades Harus Siap Siaga Jaga Wilayahnya

    Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar upacara yang dilaksanakan di halaman apel Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Senin (22/1

  • Sabtu, 20 Nov 2021 03:20

    Gubernur Edy Rahmayadi Harapkan Lulusan Universitas Berkontribusi Bagi Masyarakat

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengapresiasi civitas akademika Universitas Islam Negeri (UIN) Sumut yang berhasil menelurkan penemuan yang bermanfaat bagi masyarakat. Atas dasar itu jug

  • Selasa, 16 Nov 2021 15:06

    Sergai Tekankan 3 Aspek Penting di Rakorpem

    Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melaksanakan Rapat Koordinasi Pembangunan (Rakorpem) yang dilaksanakan di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Senin (15

  • Minggu, 07 Nov 2021 20:47

    Belanja Bersama Kembali Digelar, Ratusan Pedagang-Pembeli Padati Pasar Rakyat Sei Rampah

    Komitmen Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) untuk memberikan solusi terbaik kepada para pedagang pindahan dari Pekan Lelo mendapat respons yang positif, baik dari pedagang maupun pembeli.Ha

  • Selasa, 26 Okt 2021 21:26

    Ruas Jalan Desa Paya Lombang Dibangun, Masyarakat Apresiasi Pemkab Sergai

    Untuk kesekian kalinya, masyarakat menunjukkan apresiasi dan rasa syukurnya atas kerja aktif Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) dalam pembangunan infrastruktur di banyak tempat, di k

  • Selasa, 26 Okt 2021 07:26

    44,20% Warga Sergai Sudah Divaksin, Bupati Tetap Ingatkan Jaga Prokes

    Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) makin menggencarkan pelaksanaan program vaksinasi bagi masyarakat.Ini terlihat ketika Bupati Sergai H. Darma Wijaya meninjau vaksinasi yang dilaksa

  • Sabtu, 23 Okt 2021 09:23

    Isi Kuliah Umum di Universitas Asahan, Musa Rajekshah: Mahasiswa Harus Berani Bermimpi

    Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah menyampaikan kepada para mahasiswa agar berani bermimpi dan bercita-cita setinggi-tingginya. Sebab, semua hal bisa diraih, asalkan bersungg

  • Rabu, 29 Sep 2021 22:49

    Sergai Gelar Rakor Penanganan Covid-19, Bupati: Kerja Keras dan Sinergitas Tidak Akan Mengkhianati Hasil

    Kerja keras dan kerja cepat seluruh pihak untuk mewujudkan percepatan dalam menuntaskan pandemi Covid-19, mesti terus ditingkatkan.Harapan tersebut jadi salah satu pesan penting yang disampaikan oleh

  • Sabtu, 25 Sep 2021 08:45

    Ini 20 Pejabat Fungsional Tenaga Kesehatan Dilantik Bupati Sergai Kemarin

    Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, melantik 20 Pejabat Fungsional Tenaga Kesehatan yang terdiri dar

  • Rabu, 22 Sep 2021 11:22

    Wali Kota Medan Diminta Menjadi Dewan Pertimbangan Polmed

    Wali Kota Medan, Bobby Nasution diminta untuk menjadi Dewan Pertimbangan Politeknik Negeri Medan (Polmed) sehingga nantinya dapat memberikan masukan terhadap perkembangan Polmed kedepannya.Hal tersebu

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak