Selasa, 18 Jun 2024 15:14
busana muslimah

SMP Negeri 3 Binjai Gelar Panen Karya P5 Sekaligus Launching Buku Antologi Cerpen

Binjai (utamanews.com)

Oleh: Ahmad Aqil

Selasa, 11 Jun 2024 15:21

Istimewa
Peserta Panen Karya P5 Sekaligus Launching Buku Antologi Cerpen
flash sale baju bayi
Di era millenial seperti saat ini, salah satu keunggulan Kurikulum Merdeka adalah diberinya kebebasan yang luas kepada siswa untuk mengembangkan bakat yang tertanam dalam jiwa. Kurikulum ini dalam setahun pelaksanaannya di SMP Negeri 3 Binjai, dan telah terekspos bakat-bakat terpendam siswa. 

Hal tersebut diungkapkan Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Binjai, Eka Muthia Khairuma, M.Psi, saat menggelar kegiatan Panen Karya P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) yang digelar di Gedung Olahraga (GOR) Binjai, Jalan Jambi, Kelurahan Rambung Dalam, Kecamatan Binjai Selatan, Selasa (11/6). 

Selain menggelar Panen Karya P5 yang dihadiri oleh Dinas Pendidikan Binjai, BNNK Binjai, para guru dan siswa siswi SMP Negeri 3 Binjai, serta tamu undangan lainnya, kegiatan tersebut juga diisi dengan Launching Buku Antologi Cerpen Karya siswa siswi SMP Negeri 3 Binjai. 

"Dalam setiap kegiatan, ditanamkan dimensi-dimensi P5, seperti Dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, mandiri, bergotong royong, berkebhinekaan global, bernalar kritis serta kreatif," ucap Eka Muthia Khairuma. 

Untuk itu, sebut wanita berhijab yang akrab disapa Eka ini, Kurikulum Merdeka yang sudah berjalan hampir setahun di SMP Negeri 3 Binjai, untuk penerapan dimensinya tersebut dikemas dalam kegiatan Panen Karya P5. 

"Penerapan dimensi yang difokuskan pada kegiatan ini adalah Dimensi Bhinneka Tunggal Ika, Suara Demokrasi dan Kewirausahaan," ujar Eka, seraya menambahkan bahwa Thema dalam kegiatan ini yaitu : Murid Berkarya, Profil Pelajar Pancasila Menjadi Nyata. Serta Sub Thema : Dengan kegiatan Panen Karya Kita terapkan Dimensi-dimensi Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 3 Binjai.

Sebagai Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Binjai, Eka juga mengatakan, launching Buku Antologi Cerpen karya SMP Negeri 3 Binjai yang berjudul “Refleksi Pembelajaran Cermin Ajaib dan Guru Yang Dikagumi" merupakan yang perdana dilakukan oleh sekolah tersebut.

Antologi Cerpen tersebut dikatakan Eka, berisi 15 cerpen yang merupakan curahan hati para siswa untuk dunia pendidikan yang lebih baik. Mereka adalah siswa-siswa yang berbakat setelah mendapat bimbingan penulisan cerpen sejak November 2023 yang lalu. Karya tersebut diterbitkan Penerbit Win Media, Kediri, Jawa Timur.

"Kegiatan ini tentu menumbuhkan semangat mencintai dunia literasi sehingga tercipta murid-murid yang penuh daya cipta baik di dalam dunia sastra," tuturnya. 

Sementara itu, perwakilan Dinas Pendidikan Binjai, menyambut baik sekaligus memberikan apresiasinya kepada Sekolah SMP Negeri 3 Binjai, yang sudah menggelar kegiatan Panen Karya P5 sekaligus launching buku. 

"Semoga apa yang sudah dilakukan oleh para guru menjadi amal yang baik bagi kita semua," demikian pungkas perwakilan Dinas Pendidikan Binjai, sembari mengucapkan terima kasih kepada para guru yang telah menyiapkan kegiatan tersebut. 

Adapun puncak Kegiatan Panen Karya ini adalah pelaksanaan Market Day, dimana setiap kelas memiliki stand makanan dan minuman yang merupakan hasil karya setiap kelas dan dengan harga yang terjangkau. 

Sedangkan bagi para pengunjung yang sedang menikmati kuliner juga disuguhi dengan berbagai pertunjukan/penampilan dari siswa siswi SMP Negeri 3 Binjai, seperti tarian modern, tarian tradisional, vocal solo, duet dan taekwondo. 

"Semoga dengan kegiatan ini, SMP Negeri 3 Binjai dapat meningkatkan reputasi sekolah di Kota Binjai serta menjadi pilot protektor dalam mengobarkan semangat api dunia literasi," demikian ungkap salah seorang siswa yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut. 
Editor: Herda

T#g:LaunchingPanen KaryaSMP Binjai
glazed
Berita Terkait

Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones
girl underwear 1 girl underwear 2 girl underwear 3 girl underwear 4
tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️