Rabu, 19 Jan 2022 07:34
  • Home
  • Pendidikan
  • Selama 5 Hari, Bakamla Gelar Latihan Keamanan dan Keselamatan Laut Terpadu

Selama 5 Hari, Bakamla Gelar Latihan Keamanan dan Keselamatan Laut Terpadu

Jakarta (utamanews.com)
Oleh: Dito
Selasa, 30 Nov 2021 07:30
Peserta Latihan Keamanan dan Keselamatan Laut Terpadu di Aula 2 Mabes Bakamla RI, Senin (29/11/2021).
Humas Bakamla RI

Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) menggelar Latihan Keamanan dan Keselamatan Laut Terpadu di Aula 2 Mabes Bakamla RI, Jl. Proklamasi No. 56, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (29/11/2021).

Menanggapi kondisi pandemi Covid-19, kegiatan Latihan Keamanan dan Keselamatan Laut Terpadu diselenggarakan secara luring dan daring.

Adapun kegiatan diikuti puluhan peserta secara luring perwakilan dari Bakamla RI, Mabes TNI, TNI AL, TNI AU, Basarnas, Ditjen Bea Cukai, BNN, Polairud, Ditjen PSDKP, LAPAN, Ditjen Hubla, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Sedangkan puluhan peserta mengikuti secara daring dari Kantor Kamla Zona Maritim Bakamla dan Kapal Negara Bakamla.

Selama 5 hari berkegiatan, Latihan Keamanan dan Keselamatan Laut Terpadu dimaksudkan untuk menyamakan visi, pola pikir dan pola tindak di lapangan terhdap segala bentuk penanganan pelanggaran dan tindakan keselamatan di laut dengan tujuan membangun sinergitas dan profesionalisme personel stakeholder dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sehingga tercipta kesamaan potensi kekuatan besar dalam penanganan berbagai permasalahan di laut.

Dalam sambutan Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia yang dibacakan oleh Sestama Bakamla RI Laksda TNI S. Irawan, M.M., menyampaikan bahwa sinergitas antar instansi yang terlibat dalam aspek keamanan dan keselamatan laut, adalah sebuah keniscayaan.

"Melalui Latihan Operasi Keamanan dan Keselamatan Terpadu di Laut ini, diharapkan dapat memupuk kebersamaan sekaligus upaya untuk meningkatkan profesionalitas personel masing-masing stakeholder dalam melaksanakan tugas dan fungsinya," tutur Laksda TNI Irawan.

Kegiatan pelatihan ini meliputi penyampaian materi di kelas, termasuk juga di dalamnya simulasi tactical floor game (TFG). Tidak hanya membahas trend keadaan laut di wilayah yurisdiksi Indonesia, namun langkah-langkah pencegahan dan penanggulangan turut dibahas dalam latihan ini.

Jajaran pejabat tinggi turut hadir dalam acara pembukaan pelatihan yaitu Deputi Operasi dan Latihan Laksda Bakamla Dr. T.S.N.B. Hutabarat, M.M.S., Deputi Informasi Hukum dan Kerja sama Laksda Bakamla Drs. I Putu Arya Angga S, Direktur Latihan Laksma Bakamla Bambang Irawan, S.E., M.Tr. Opsla, Direktur Data dan Informasi Laksma Bakamla Enjud Darojat, S.T., M.M., Direktur Operasi Udara Laksma Bakamla Olot Dwi Cahyono, Kepala Unit Penindakan Hukum Laksma Bakamla Iman Wahyudi, S.IK., M.Si., M.H., dan pejabat perwakilan dari KPLP, BRIN, Basarnas, BNN dan Puskodal TNI AL.
Editor: Budi

T#g:BakamlaLautDiklat
Berita Terkait
  • Sabtu, 15 Jan 2022 21:15

    Bakamla RI Beri Bantuan Medis ABK Kapal AS Positif Covid-19 di Perairan Natuna

    Sebuah kapal kargo dengan nama lambung MV. True Marine melaporkan salah satu ABK nya terpapar Covid-19 dan membutuhkan pertolongan di perairan Natuna, kemarin.

  • Jumat, 14 Jan 2022 05:14

    KPIML Bakamla RI Bentuk Kerja Sama Pertukaran Informasi dengan BNPT

    Kantor Pemantauan Informasi Marabahaya Laut (KPIML) Bakamla RI menerima kunjungan kerja Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT), di ruangan KPIML Lt. 5 Mabes Bakamla RI, Jl. Proklamasi No. 56, Menteng, Jakarta Pusat, kemarin.

  • Kamis, 13 Jan 2022 18:23

    Kepala Bakamla Bersama Mendagri, Wamenhan dan Gubernur Kepri Tinjau Karang Singa

    Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Wakil Menteri Pertahanan Letjen TNI M. Herindra dan Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad dengan menggunakan uns

  • Kamis, 13 Jan 2022 08:13

    Kontrak Operasional Kegiatan Bakamla RI di Tahun 2022 Ditandatangani

    Memulai lembaran baru di tahun 2022, Bakamla RI menyelenggarakan Penandatanganan Kontrak Bersama untuk Pengadaan Barang dan Jasa Bakamla RI Tahun Anggaran 2022, kemarin.

  • Rabu, 12 Jan 2022 21:42

    Pangdam Terima Audiensi dari Beberapa Pejabat Maluku

    Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon menerima kunjungan dan audiensi beberapa pejabat, di ruang kerja Pangdam, Makodam XVI/Pattimura, Rabu (12/01/2022).

  • Selasa, 11 Jan 2022 20:11

    Bersahabat Erat, Kepala Bakamla RI Terima Kunjungan Kasal Australia

    Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia menerima kunjungan kehormatan Australia Chief of Navy (Kasal Australia) Vice Admiral Michael Noonan di Markas Besar Bakamla RI, Jl. P

  • Senin, 10 Jan 2022 15:20

    SPKKL TBK Bakamla RI Evakuasi Korban Hilang Saat Cari Udang di Perairan Pulau Durai

    Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Tanjung Balai Karimun, Basarnas Karimun, Polair Karimun dan Pos TNI AL berhasil mengevakuasi korban hilang s

  • Kamis, 06 Jan 2022 13:36

    Nelayan Hilang Saat Cari Udang, SPKKL TBK Bakamla RI Lakukan Pencarian

    Personel Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Tanjung Balai Karimun Bakamla RI melaksanakan pencarian seorang nelayan yang dilaporkan hilang saat pergi untuk menangkap udang di per

  • Jumat, 31 Des 2021 21:01

    Semarakkan HUT ke-16, Bakamla RI Salurkan Bansos Korban Erupsi Semeru dan Percepatan Vaksinasi

    (Foto Humas Bakamla RI)Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) menyemarakkan hari jadinya ke-16 dengan menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat korban dampak erupsi gunung Semeru di Ka

  • Kamis, 30 Des 2021 21:40

    Pelatihan Pembuatan Nugget Ikan Tenggiri di Desa Bogak Besar, Teluk Mengkudu

    Pelatihan pembuatan Nugget Ikan Tenggiri di Desa Bogak Besar Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) resmi dibuka oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sergai Klaudia Evinta Si

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak