Sabtu, 01 Okt 2022 00:24
  • Home
  • Politik
  • Bahas penyesuaian RKA-KL, Kepala Bakamla RI Rapat dengan Komisi I DPR RI

Bahas penyesuaian RKA-KL, Kepala Bakamla RI Rapat dengan Komisi I DPR RI

Jakarta (utamanews.com)
Oleh: Adimsi
Kamis, 22 Sep 2022 16:22
Humas Bakamla RI
Rapat Bakamla RI dengan DPR RI
Menjelang penghujung Tahun Anggaran 2022, Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi I DPR RI.

Pertemuan berlangsung di Gedung Nusantara II Paripurna, DPR RI, Jakarta Pusat, Kamis (22/9/2022).

Dalam rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi I DPR RI Drs. Utut Adianto, Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia menyampaikan Penyesuaian Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKAKL) Bakamla RI di Tahun 2023.

Dijabarkannya bahwa RKAKL Bakamla RI di Tahun 2023 baru mendukung 14,28% dari total kebutuhan operasional. "Terlebih lagi untuk anggaran patroli keamanan laut baru terdukung 28,95% dari total kebutuhan,” ujar Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia.

Dengan kondisi yang ada, Bakamla RI berupaya untuk memaksimalkan kinerja dan memenuhi target operasi yang menjadi tugas utama. Namun demikian, pemenuhan kekurangan kebutuhan anggaran operasi keamanan dan keselamatan laut sebesar Rp834 miliar perlu menjadi prioritas dalam rangka meningkatkan keamanan laut. Selain itu, masih terdapat kekurangan sebesar Rp5.964 triliun jika mengacu pada anggaran ideal Bakamla RI.

Namun demikian, jelas terlihat adanya peningkatan pemenuhan kebutuhan jika dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya, seiring dengan membaiknya tata kelola administrasi di Bakamla RI.

"Hal ini terlihat pada komposisi anggaran Program Dukungan Manajemen yang menurun, dan dialihkan ke Program Teknis Keamanan Laut yang memberikan dampak secara langsung kepada masyarakat,” tutur Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia.

Selain itu, dalam rangka mendukung Rencana Kerja Prioritas (RKP) 2023, Bakamla RI turut serta melaksanakan Proyek Prioritas Nasional. Hal itu tercermin dalam Kegiatan Prioritas Keamanan Laut dengan menjalankan Pembangunan Pangkalan Setokok, Operasi Bidang Keamanan, dan Pengadaan Sarana Bidang Pertahanan dan Keamanan (Hankam) berupa Meriam 30 mm.

“Dengan segala keterbatasan yang ada, Bakamla RI tetap berkomitmen menjaga laut Indonesia sesuai tugas dan fungsinya,” pungkas Kepala Bakamla RI. 
Editor: Herda

T#g:Bakamla RIKomisi I
Berita Terkait
  • Senin, 26 Sep 2022 22:56

    Bakamla RI Lakukan Telaah Sejawat bersama BNN

    Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) melaksanakan kegiatan Entry Meeting Telaah Sejawat bersama Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) sebagai penelaah. Pertemuan berlangs

  • Minggu, 25 Sep 2022 05:25

    Jelang Patroli Bersama dengan Australia, KN Pulau Dana-323 Lakukan Pengecekan Kapal

    Jelang patroli bersama dengan Australia beberapa hari kedepan, KN Pulau Dana-323 yang sedang sandar di Dermaga Multi Purpose Pelabuhan Tenau Kupang melakukan pengecekan keseluruhan kapal, Sabtu (24/9/2022).

  • Sabtu, 24 Sep 2022 21:54

    Tindak Perjudian, Komisi III DPR RI Apresiasi Polda Sumut

    Polda Sumatera Utara (Sumut) menerima kunjungan kerja (kunker) Spesifik Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI).

  • Sabtu, 24 Sep 2022 09:34

    Bakamla RI Ikuti Workshop Keamanan Laut di Malaysia

    Bakamla RI turut hadir dalam pertemuan internasional dengan tajuk "Operationalizing Maritime Cooperative Mechanisms Regional Workshop", di Kuala Lumpur, Malaysia, Kemarin. 

  • Rabu, 21 Sep 2022 21:21

    Bakamla RI Gelar Operasi Bersama ABF di Perbatasan Indonesia-Australia

    Bakamla RI melalui unsur KN Pulau Dana-323 laksanakan operasi Gannet 6/22 di perairan perbatasan Indonesia-Australia, Rabu (21/9/2022).

  • Selasa, 20 Sep 2022 08:20

    Personel Bakamla RI Meninggal Dunia Dalam Latihan CGBT

    Segenap keluarga besar Bakamla RI berduka cita atas meninggalnya Muhammad Ary Adithya Hasibuan. Ary, sapaan akrabnya, merupakan salah satu personel Bakamla RI yang sedang menempuh Coast Guard Basic Training (CGBT). 

  • Jumat, 02 Sep 2022 18:12

    Kepala Bakamla RI Laporkan Pelaksanaan Patroli Bersama di Komisi I DPR RI

    Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia melaporkan pelaksanaan Patroli Bersama Keamanan dan Keselamatan Laut dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi I DPR RI bertempat di Gedung Nusantara

  • Jumat, 26 Agu 2022 20:16

    Bakamla RI Resmi Tutup Pelatihan ICS

    Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia yang diwakili Deputi Kebijakan dan Strategi Laksda Bakamla Tatit Eko Witjaksono, S.E., M.Tr (Han) secara resmi menutup pelatihan Incident Command System (I

  • Kamis, 18 Agu 2022 09:38

    Bakamla RI Rayakan Kemerdekaan RI dengan Upacara Bendera

    Dalam menyemarakkan Hari Kemerdekaan, Bakamla RI melangsungkan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di lapangan Mabes Bakamla RI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu

  • Senin, 15 Agu 2022 19:55

    Komisi IV DPRD Kota Medan Rekomendasikan Sidak ke Tempat Kos-Kosan

    Komisi IV DPRD Kota Medan dipimpin oleh Harris Kelana Damanik selaku ketua Komisi merekomendasikan akan melakukan sidak ke lokasi kos-kosan diduga Ilegal yang disinyalir telah meresahkan masyarakat di

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak