Rabu, 19 Jan 2022 08:53
  • Home
  • Politik
  • Jika Terus Merugi, Gubernur Akan Jual BUMD Perkebunan Sumut

Jika Terus Merugi, Gubernur Akan Jual BUMD Perkebunan Sumut

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tony
Jumat, 14 Jan 2022 18:04
Istimewa
Edy Rahmayadi ketika dikonfirmasi Wartawan di rumah Dinas Gubsu Jalan Sudirman Medan Jumat (14/1).
Jika Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Perkebunan  terus merugi, Gubernur Provinsi Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengatakan akan menjual PD Perkebunan tersebut dan bagi siapa yang berminat membeli dipersilahkan. 

"BUMD Perkebunan yang merugi ini sedang saya evaluasi. Kalau perkebunan ini tak bisa lagi diatur, kita akan laporan ke DPRD, kita jual saja nanti. Kalau ada yang mau ya silahkan," ujar Edy Rahmayadi ketika dikonfirmasi Wartawan di rumah Dinas Gubsu Jalan Sudirman Medan Jumat (14/1).

"Perkebunan ini gunanya untuk kesejahteraan rakyat. Kenapa? Karena berdampak terhadap pendapatan daerah sehingga memberikan kesejahteraan rakyat. Kalau ini tidak tercapai, ngapain kita pelihara lama-lama," tegasnya.

Sebagaimana diketahui, baru-baru ini DPRD Sumut mempersoalkan penyertaan modal ke sejumlah perusahaan BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) di Sumut yang nilai totalnya mencapai Rp207 miliar yang dialokasikan di R-APBD Sumut TA 2021, karena dianggap pemborosan dan terus membebani keuangan daerah.

Berdasarkan telaah, ada pengeluaran pembiayaan daerah pada R-APBD 2021 sebesar Rp207 miliar untuk penyertaan modal ke BUMD Sumut, yakni untuk PT Bank Sumut Rp100 miliar, PT PDAM Tirtanadi Rp11 miliar, PT Perkebunan Rp80 miliar, PT Aneka Industri dan Jasa Rp6 miliar serta PT Dhirga Surya Rp10 miliar.

Beberapa Fraksi di DPRD Sumut tidak menyetujui dan menolak penyertaan modal untuk BUMD tersebut, karena sangat minim memberikan kontribusi terhadap PAD Sumut.

Bahkan perusahaan tersebut sampai saat ini terus merugi dan jadi beban APBD Sumut, sehingga perlu ada evaluasi untuk mengambil kebijakan, seperti merger, ditutup, dijual atau diserahkan ke Pemkab/Pemko.
Editor: Budi

T#g:BUMD Sumutpenyertaan modal
Berita Terkait
Komentar Pembaca

Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

Karir

RSS

Kontak