Sabtu, 26 Nov 2022 19:52
  • Home
  • Politik
  • Jokowi dinilai lebih tak suka soal isu jadi Cawapres dibanding 3 periode

Jokowi dinilai lebih tak suka soal isu jadi Cawapres dibanding 3 periode

Jakarta (utamanews.com)
Oleh: Andi
Sabtu, 17 Sep 2022 17:47
BPMI
Presiden dan Ibu Iriana Jokowi
Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno menganalisa respons Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal wacana menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres). Menurut Adi, Jokowi tidak suka dengan isu yang berkembang tersebut.

"Jelas tak suka. Harus ditertibkan. Termasuk yang usul jabatan 3 periode," kata peneliti UIN Syarif Hidayatullah tersebut, Jumat (16/9/2022).

Namun, menurut Adi, dibandingkan soal isu tiga periode dan perpanjangan masa jabatan, Jokowi lebih tidak suka dengan wacana wapres.
"Terlihat beda sikap Jokowi. Soal jabatan presiden 3 periode ditoleransi dalih demokrasi. Tapi soal cawapres Prabowo, reaksinya kelihatan sangat tidak suka. Mungkin karena diposisikan sebagai cawapres, bukan capres," katanya.

Adi menyebut Jokowi terganggu dengan isu tersebut. Dia menduga, Jokowi tidak terima dengan adanya wacana tersebut.

"Meski sebatas isu, tapi terlihat sekali, Jokowi tak happy. Jelas isu Jokowi cawapres Prabowo menurunkan derajat politik Joko Widodo yang dua kali jadi presiden," ucapnya.

Respons Jokowi

Wacana bisa maju lagi di Pilpres 2024 dengan menjadi calon wakil presiden (cawapres) memunculkan tanda tanya di benak Presiden Jokowi. Jokowi heran isu soal dia bisa menjabat lagi setelah 2024 terus muncul, padahal sudah ditepis berulang kali.
Pernyataan itu disampaikan Jokowi saat menjawab pertanyaan wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, seperti disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (16/9/2022). Jokowi mengawali pernyataannya dengan membeberkan sejumlah isu yang menyeret namanya.

"Ini yang menyampaikan bukan saya lo ya, urusan 3 periode sudah saya jawab, begitu sudah saya jawab muncul lagi yang namanya perpanjangan, juga sudah saya jawab," kata Jokowi.

Jokowi heran kini muncul isu dia menjadi cawapres 2024. Dia mempertanyakan pihak yang menyebarkan isu tersebut.

"Ini muncul lagi jadi wapres, itu dari siapa?" tanya dia.
Jokowi pun enggan menjawab perihal wacana akan kembali maju menjadi cawapres. Sebab, dia menekankan, isu tersebut tidak datang darinya.

"Kalau dari saya, saya terangkan. Kalau nggak dari saya, saya ndak mau nerangin. Itu saja," tegas Jokowi.
Editor: Tessa

Sumber: detik.com

T#g:CawapresPresiden Jokowi
Berita Terkait
  • Jumat, 25 Nov 2022 12:25

    Jokowi Puji Peran Penting Guru Bagi Masa Depan Bangsa

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan peran penting guru bagi masa depan bangsa. Hal itu disampaikan Jokowi dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional, 25 November 2022.

  • Jumat, 18 Nov 2022 20:18

    PKS Siap Terima Cawapres Anies dari Luar 'Koalisi Perubahan'

    Wakil Ketua Majelis Syura PKS Sohibul Iman tak masalah bila calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan dipilih dari luar Koalisi Perubahan. PKS membebaskan Anies untuk memilih cawapresnya.

  • Jumat, 18 Nov 2022 12:18

    NasDem-Demokrat Saling Sentil, "Koalisi Perubahan" Dinilai Makin Kusut

    NasDem dan Partai Demokrat saling sentil. Koalisi pendukung Anies Baswedan untuk Pilpres 2024 dinilai makin kusut.

  • Rabu, 16 Nov 2022 17:56

    G20 Hasilkan Deklarasi Bersama, Presiden: Indonesia Upayakan Solusi Terbaik

    Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara resmi menutup rangkaian Presidensi G20 Indonesia, Rabu (16/11/2022), di Hotel The Apurva Kempinski, Bali.

  • Selasa, 15 Nov 2022 00:15

    Presiden Jokowi Tinjau Media Center KTT G20

    Usai menghadiri pertemuan B20 atau B20 Summit di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Senin (14/11/2022), Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri ke Media Center KTT G20 Bali.

  • Komentar Pembaca

    Tentang Kami   Pedoman Media Siber   Disclaimer   Iklan   Karir   Kontak

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com
    PT. Oberlin Media Utama