Jumat, 30 Sep 2022 22:14
  • Home
  • Politik
  • Kunjungan Presiden ke Ukraina Wujud Kepedulian Indonesia untuk Ukraina

Kunjungan Presiden ke Ukraina Wujud Kepedulian Indonesia untuk Ukraina

Kyiv (utamanews.com)
Oleh: Dian
Kamis, 30 Jun 2022 08:00
(Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)
Presiden Jokowi menyampaikan pernyataan pers bersama Presiden Zelenskyy, di Kyiv, Ukraina, Rabu (29/06/2022).
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina, Rabu (29/06/2022). Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa kunjungannya ke Ukraina merupakan perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia untuk Ukraina.

“Saya sampaikan ke Presiden Zelenskyy bahwa kunjungan ini saya lakukan sebagai manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina,” ujar Presiden Jokowi saat menyampaikan pernyataan pers bersama Presiden Zelenskyy selepas pertemuan.

Presiden Jokowi menegaskan posisi Indonesia mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah. Meskipun masih sangat sulit dicapai, Presiden Jokowi juga tetap menyampaikan pentingnya penyelesaian damai dan mengatakan bahwa spirit perdamaian tidak boleh pernah luntur.

“Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera,” imbuhnya.

Selanjutnya, Presiden Jokowi juga menyampaikan kepeduliannya terhadap dampak perang bagi kemanusiaan. Dengan kemampuan yang ada, rakyat dan pemerintah Indonesia berusaha memberikan kontribusi bantuan termasuk obat-obatan dan komitmen rekonstruksi rumah sakit di sekitar Kyiv.

Di samping itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan pentingnya Ukraina bagi rantai pasok pangan dunia. Menurutnya, semua usaha harus dilakukan agar Ukraina bisa kembali melakukan ekspor bahan pangan.

“Penting bagi semua pihak untuk memberikan jaminan keamanan bagi kelancaran ekspor pangan Ukraina, termasuk melalui pelabuhan laut. Saya mendukung upaya PBB dalam hal ini,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi kembali menyampaikan undangan secara langsung kepada Presiden Zelenskyy untuk berpartisipasi dalam KTT G20 yang akan diselenggarakan bulan November tahun ini di Bali. Presiden Jokowi juga menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus memperkokoh kerja sama bilateral dengan Ukraina.

“Tahun ini adalah 30 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Ukraina. Saya menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus memperkuat kerja sama yang lebih baik,” tandasnya.

Sementara itu, Presiden Zelenskyy menyampaikan apresiasinya atas kehadiran Presiden Joko Widodo ke Ukraina. Menurutnya, ini adalah kunjungan pemimpin negara Asia pertama ke Ukraina sejak invasi melanda Ukraina.

“Terima kasih atas kehadiran Presiden Jokowi yang merupakan kunjungan pertama pemimpin Asia sejak invasi melanda Ukraina. Saya juga mengundang kalangan usaha Indonesia untuk berpartisipasi dalam rekonstruksi Ukraina pascaperang,” ungkap Presiden Zelenskyy.
Editor: Budi

Sumber: Setkab RI

T#g:Perdamaian duniaUkrainaperang
Berita Terkait
  • Jumat, 16 Sep 2022 12:36

    Bupati Taput Buka Ujian Tertulis Penerimaan Perangkat Desa

    Dari kantor kecamatan Tarutung kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Bupati Drs. Nikson Nababan, MSi, membuka langsung ujian tertulis penerimaan perangkat Desa secara aplikasi zoom, Jumat (16/09).

  • Senin, 12 Sep 2022 06:12

    Zelensky Tuding Rusia Dalang Pemadaman Listrik Total di Ukraina Timur

    Pemadaman listrik total terjadi di wilayah Ukraina timur. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menuding Rusia sebagai dalang padamnya listrik di seluruh wilayah timur Ukraina tersebut.

  • Senin, 05 Sep 2022 10:15

    Ciptakan Papua Aman Damai, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 142/KJ Bantu Proses Perdamaian Perang Suku

    Papua Cinta Damai, Papua Aman, itulah yang harus didengungkan dan menjadi komitmen bersama. Berkenaan hal tersebut, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 142/KJ turut hadir dalam acara perdamaian perang s

  • Sabtu, 03 Sep 2022 08:53

    Jangan Sampai Subsidi BBM Dinikmati Kelas Atas, Ketua Petanesia Sumut Nilai 'Subsidi Tertutup' Tepat Sasaran

    Ketua Pecinta Tanah Air Indonesia (Petanesia) Sumut, Eriza Hudori, menyampaikan bahwa dampak kenaikan harga BBM global menyebabkan tekanan subsidi BBM yang terus membengkak dari asumsi awal sebesar Rp

  • Jumat, 12 Agu 2022 04:12

    Jokowi: 800 juta orang terancam kelaparan akut

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan 800 juta orang di dunia terancam kelaparan dan kekurangan pangan akut.Saat ini, Jokowi mengatakan lebih dari 300 juta orang di dunia sudah menghadapi kekuranga

  • Selasa, 02 Agu 2022 20:42

    Bandingkan negara lain, Jokowi bersyukur masih bisa subsidi BBM

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan rasa syukurnya karena pemerintah masih bisa menyangga subsidi harga BBM di tengah situasi global yang tak menentu.“Alhamdulillah kalau bensin di negara

  • Minggu, 17 Jul 2022 08:27

    Truk dihadang, KKB tembaki penumpang: Kronologi 10 warga tewas di Nduga Papua

    Kelompok kriminal bersenjata (KKB) menembaki 12 warga Kampung Nogolait, Nduga, Papua. Sebanyak 10 orang warga tewas dalam insiden tersebut.Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal menerangk

  • Jumat, 15 Jul 2022 19:15

    Keberanian Jokowi ke Ukraina-Rusia perlu dicontoh oleh pemimpin masa depan

    Ketua Taruna Merah Putih Maruarar Sirait menilai keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) datang langsung ke Ukraina-Rusia perlu dicontoh. Hal itu disampaikan Maruarar saat menjadi pemateri dalam Semin

  • Kamis, 14 Jul 2022 08:44

    Ukraina Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Korea Utara

    Ukraina memutuskan untuk memutus hubungan diplomatik dengan negara Korea Utara (Korut). Keputusan itu diambil beberapa jam setelah separatis pro Rusia di timur Ukraina mengaku Korut mengakui proklamas

  • Kamis, 07 Jul 2022 19:57

    Keluarga Terbit Rencana Peranginangin serahkan hewan qurban kepada Tuan Guru Besilam

    Ibadah qurban merupakan salah satu ibadah bagi pemeluk agama Islam, yaitu dengan melakukan penyembelihan hewan ternak seperti Sapi, Kambing dan Unta. Hal itu merupakan bentuk pengamalan ibadah kita ke

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak