Senin, 08 Agu 2022 17:07
iklan pemko Medan sd 23 Agustus 2022
  • Home
  • Politik
  • PKS Binjai Nilai Kebijakan Pemerintah Soal Minyak Goreng Curah Membingungkan

PKS Binjai Nilai Kebijakan Pemerintah Soal Minyak Goreng Curah Membingungkan

Binjai (utamanews.com)
Oleh: Ahmad Aqil
Senin, 27 Jun 2022 15:47
Istimewa
Hairil Anwar S. P.di
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan, sejak 27 Juni 2022, pihaknya akan memulai sosialisasi dan transisi perubahan sistem penjualan minyak goreng curah. 

Ia juga menegaskan, pembelian minyak goreng curah menggunakan aplikasi "Peduli Lindungi" dan juga nomor NIK di Kartu Keluarga. 

"Masa sosialisasi akan dimulai besok Senin (27/6) dan akan berlangsung selama dua Minggu kedepan," ungkap Menko Marves, Jumat (24/6) lalu. 

Hal itupun menuai pro dan kontra, terutama di kalangan masyarakat. Sebab menurut warga, selama ini kebijakan yang diambil oleh Pemerintah kerap berubah sehingga dinilai membingungkan. 

Adalah, Hairil Anwar S. P.di, anggota DPRD Binjai dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang menilai bahwa kebijakan Pemerintah terkait minyak goreng curah belum serius ditangani alias coba coba. Untuk itu, ia meminta kepada Pemerintah agar jangan gonta ganti kebijakan yang akhirnya membingungkan masyarakat. 

"Saya berharap Pemerintah jangan gonta ganti kebijakan tata niaga minyak goreng curah secara trial by error alias coba coba, namun tidak menyelesaikan masalah. Misalnya, Kebijakan penggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk pembeli migor curah," ungkap Hairil Anwar saat dikonfirmasi awak media, Senin (27/6) siang. 

Menurut pria yang juga dipercaya sebagai Ketua Fraksi PKS DPRD Binjai ini, seharusnya Pemerintah lebih fokus menyelesaikan akar masalah. Bukan justru menimbulkan kebijakan yang berpotensi menimbulkan masalah baru.

"Ide penggunaan aplikasi PeduliLindungi akan menyulitkan masyarakat kecil. Sebab pengguna migor curah notabene adalah rakyat kecil dan usaha mikro dan kecil yang tidak akrab dengan teknologi smartphone. Bila ini dipaksakan, maka akan menyulitkan mereka," ujarnya. 

Bukan hanya fokus menyelesaikan akar masalah, lanjut Hairil Anwar, seharusnya Pemerintah benar benar cermat dalam mengambil opsi kebijakan bagi masyarakat dan jangan menerapkan kebijakan yang terus terusan menyusahkan rakyat.

"Menurut saya kebijakan yang penting dan mendesak sekarang adalah bagaimana bisa membanjiri pasar dengan migor curah secara cukup dengan harga sesuai HET (harga eceran tertinggi), bukan malah seolah membatasi pembelian dengan aplikasi," ucap pria yang juga dipercaya sebagai Ketua DED PKS Binjai ini. 

Diketahui, pembelian minyak goreng curah menggunakan aplikasi PeduliLindungi mulai diuji coba hari ini, 27 Juni 2022. Skema pembelian ini akan diberlakukan dalam program Minyak Goreng Curah Rakyat (MGCR).

Hal tersebut ditegaskan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, Jumat (24/6) lalu. 

Perubahan sistem penjualan minyak goreng curah ini menurut Luhut, dilakukan untuk membuat tata kelola distribusi MGCR menjadi lebih akuntabel dan bisa terpantau mulai dari produsen hingga konsumen.

"Setelah masa sosialisasi selesai, masyarakat harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi atau menunjukkan NIK, untuk bisa mendapatkan MGCR dengan harga eceran tertinggi (HET),” ucap Luhut.

Langkah ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan minyak goreng di dalam negeri pada harga yang terjangkau. Dengan adanya kebijakan ini diharapkan masyarakat tidak perlu panik dan khawatir pasokan domestik akan langka atau harga bakal melonjak tinggi.
iklan pemko Medan sd 23 Agustus 2022
Editor: Herda

T#g:Luhut PanjaitanPKS Binjaiminyak goreng
Berita Terkait
  • Jumat, 22 Jul 2022 19:42

    Turnamen Sepak Bola Pelajar U-16 di Kelurahan Setia Mendapat Apresiasi Sekretaris MPD PKS Binjai

    Karang Taruna Kelurahan Setia, Kecamatan Binjai Kota, menggelar Turnamen Sepak Bola Kaki Ayam (Kiam) di Lapangan Estadio Kebun Kosong yang beralamat di Jalan T Imam Bonjol, Gang Syehsama, Lingkungan V

  • Jumat, 22 Jul 2022 15:32

    Menko Marves Rencanakan Toba Caldera Resort jadi Kawasan Ekonomi Khusus

    Dalam mempercepat pembangunan ekonomi yang merata di Danau Toba dan mendatangkan Investor ke Toba Caldera Resort, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan merencanakan To

  • Selasa, 12 Jul 2022 21:12

    Zulhas Kampanye untuk Anak, Jokowi: Fokus Turunkan Minyak Goreng!

    Pernyataan tegas disampaikan Presiden Joko Widodo agar anak buahnya di Kabinet Indonesia Maju untuk fokus dalam bekerja.Hal itu dikatakan Jokowi menanggapi pertanyaan awak media soal adanya menteri si

  • Kamis, 07 Jul 2022 21:57

    Presiden RI Tinjau Inovasi Pengolahan Minyak Kelapa Sawit di Medan

    Presiden RI Joko Widodo didampingi Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meninjau proses pengolahan Crude Palm Oil (CPO), inovasi Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) di Jalan Brigjen Katamso,

  • Selasa, 28 Jun 2022 15:38

    Pemko Binjai Belum Terima Perintah Pelaksanaan Sosialisasi Perubahan Penjualan MGCR

    Hingga saat ini, Pemerintah Kota Binjai melalui Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Perdagangan (Disnaker Perindag) belum menerima perintah untuk melakukan sosialisasi dan transisi perubahan sistem p

  • Rabu, 15 Jun 2022 07:15

    Presiden Jokowi Cerita PM Negara Sahabat Minta Dikirimi Minyak Goreng

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) menceritakan bahwa dirinya baru-baru ini dihubungi oleh seorang perdana menteri negara sahabat yang meminta untuk dikirimi minyak goreng karena ketersediaan di negaranya

  • Selasa, 14 Jun 2022 01:14

    PKS Tolak Rencana Pemerintah Hapus Minyak Goreng Curah

    Anggota Komisi VII DPR RI fraksi PKS, Mulyanto, menolak wacana penghapusan minyak goreng (migor) curah yang disampaikan Menteri Kooordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandj

  • Jumat, 10 Jun 2022 18:20

    Polri Awasi 17 Ribu Pasar Pastikan Ketersediaan dan Harga Minyak Goreng Terjaga

    Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan pihaknya akan mengawasi ketersediaan dan harga minyak goreng jenis curah mulai dari tingkat produsen hingga ke pasar, sebagaimana arahan dari Presiden

  • Jumat, 10 Jun 2022 07:40

    Bobby Dampingi Menteri Koperasi dan UKM Tinjau Produksi Minyak Goreng Merah

    Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki dan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meninjau proses produksi minyak goreng merah di Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) M

  • Kamis, 09 Jun 2022 17:29

    Edy Rahmayadi Minta Percepat Implementasi Produksi Minyak Makan Merah PPKS

    Edy Rahmayadi terkesan dengan inovasi minyak makan merah Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS). Dia meminta agar implementasi produksi minyak makan merah ini segera terealisasi.Gubernur Sumatera Utara

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak