Rabu, 19 Jan 2022 09:21
  • Home
  • Politik
  • Paripurna Nota Jawaban Walikota Medan Picu Beragam Reaksi Fraksi-fraksi di DPRD Medan

Paripurna Nota Jawaban Walikota Medan Picu Beragam Reaksi Fraksi-fraksi di DPRD Medan

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Senin, 20 Sep 2021 23:20
Istimewa
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan kembali menggelar Rapat Paripurna agenda nota jawaban Kepala Daerah/ Walikota Medan, atas pemandangan umum DPRD Medan, tentang Rancangan P APBD Tahun 2021 di ruang Paripurna Gedung Dewan, Senin (20/9/2021). 

Nota jawaban tersebut disampaikan Wakil Walikota Medan, Aulia Rachman SE, mewakili Walikota Medan dihadapan Ketua DPRD Medan Hasyim SE, Wakil Ketua H. Rajudin Sagala, S.Pd.I, Ihwan Ritonga dan HT Bahrumsyah.

Dalam materi nota jawaban yang tediri 57 halaman itu, jawaban Walikota Medan terkait pertanyaan Fraksi-fraksi DPRD Medan, dalam agenda paripurna pada 13 September lalu, dinilai sangat normatif.

Seperti dalam pertanyaan Ketua Fraksi PDIP DPRD Medan Robi Barus, terkait protes kebijakan penyertaan modal Pemko Medan Rp 100 Miliar ke Bank Sumut. Dalam jawaban Wakil Walikota Medan sangat singkat, Aulia Rachman menyebut upaya meningkatkan penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari deviden PT Bank Sumut tanpa menguraikan berapa nilai PAD yang akan diperoleh.

Atas jawaban singkat itu, Robbi sedikit kesal dan menilai jawaban sangat terderhana. "Kenapa jawaban Wali Kota terlampau sederhana ya," kata Robi.

Padahal sebelumnya, Robi memprotes kebijakan Pemko Medan atas penyertaan modal Rp 100 Miliar ke Bank Sumut di tengah sulitnya keuangan Pemko Medan apalagi masa pandemi Covid 19 bahkan PAD menurun signifikan dari berbagai sektor.

Masih dalam pemandangan umumnya kala itu, Robi Barus, mengatakan bahwa pengeluaran pembiayaan dalam penyertaan modal ke Bank Sumut Rp 100 Miliar dinilai tidak layak. 

"Alokasi anggaran dalam Perubahan APBD sebesar Rp100 Miliar dalam keadaan keterbatasan keuangan Pemko Medan saat ini apakah masih layak dilakukan. Mohon penjelasan," protes Robi.

Memang benar, kondisi keuangan Pemko yang sangat terbatas karena sumber PAD yang menurun signifikan akibat pandemi Covid 19, patut mengundang pertanyaan kebijakan melakukan penyertaan modal ke pihak ketiga.

Sementara itu, jawaban Aulia Rachman terkait pemandangan umun Fraksi PAN DPRD Medan yang disampaikan Sudari ST soal perusahaan dan Rumah Sakit (RS) yang terbukti mencemari lingkungan dengan limbah cair dan udara di Kota Medan supaya diberikan sanksi tegas. Apalagi usaha dimaksud tidak memiliki Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL).

Disampaikan Aulia, pihaknya telah melakukan upaya penertiban melakukan penutupan saluran pembuangan air limbah. Pembongkaran saluran pembuangan air limbah. Penghentian operasi sumber emisi, penutupan lokasi pembuangan limbah dan upaya lainnya yang bertujuan untuk menghentikan pelanggaran tertentu.

Sementara itu, Fraksi HPP DPRD Medan yang disampaikan Hendra DS, yang menagih janji Walikota/Wakil Walikota Medan, soal realisasi pembangunan Islamic Center menyebut proses pembangunannya masih tetap berjalan. Pemko Medan saat ini mempersiapkan akses infrastruktur jalan dan drainase.

Pemko Medan merencanakan pada Tahun 2022 akan dilakukan penimbunan dan pemagaran lahan sementara pembangunan gedung baru akan dilaksanakan Tahun 2023.

Sedangkan terkait pertanyaan Hendra agar pemberlakuan Perda No 5 Tahu9n 2014 tentang wajib belajar MDTA segera dilakukan. Aulia menjawab singkat, yakni Pemko Medan akan memberikan insentif kepada tenaga pendidik di TK-Q dan MDTA.

Setelah Wakil Walikota Medan membacakan nota jawabannya, berikut penyerahan berkas kepada pimpinan rapat yakni Ketua DPRD Medan Hasyim SE. 

Selanjutnya Hasyim membacakan keputusan hasil musyawarah terkait pembahasan yang dilakukan di Komisi Komisi dan finalisasi Badan Anggaran (Banggar).
Editor: Budi

T#g:DPRD MedanNota JawabanWalikota Medan
Berita Terkait
  • Selasa, 04 Jan 2022 15:24

    Tahun 2022, DPRD Kota Medan Akan Perketat Pengawasan Pembangunan Infratruktur

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Medan melalui Komisi 4 kembali akan melakukan pengawasan ketat terhadap maraknya penyalahan izin membangun dan kurang bagusnya pembangunan drainase di tahun

  • Selasa, 28 Des 2021 12:48

    Paripurna Hasil Reses Ketiga, Aulia Rachman: Pemko Medan akan Beri Atensi Lebih

    Aulia RachmanPelaksanaan Reses merupakan salah satu fungsi Dewan yang dipandang cukup Strategis dalam rangka membangun komunikasi pembangunan secara timbal balik guna mengharmoniskan arah kebijakan da

  • Senin, 27 Des 2021 20:27

    Pemko - DPRD Medan Setujui Ranperda Penyelenggaraan Perpustakaan Menjadi Perda

    (Foto Humas Pemko Medan)Pemko Medan dan DPRD Medan menyetujui pembentukan Ranperda tentang penyelenggaraan perpustakaan untuk dijadikan sebagai peraturan daerah (Perda).Persetujuan bersama tersebut us

  • Selasa, 21 Des 2021 19:01

    Hasyim Sebut Ada 5 Catatan Penting Dalam Laporan Raker DPRD Medan

    Laporan Hasil Rapat Kerja (Raker) DPRD Medan Tahun 2021, menghasilkan lima catatan penting dalam mendukung program kerja pada tahun 2022 mendatang.Pembacaan hasil Raker DPRD Medan, dibacakan Ketua DPR

  • Kamis, 16 Des 2021 17:06

    Wali Kota Dukung Perayaan Natal Oikumene Kota Medan

    Wali Kota Medan Bobby Nasution menerima audiensi Panitia Natal Oikumene Kota Medan di Balai Kota, Rabu (15/12/2021). Selain bersilaturahmi kunjungan ini juga untuk mengundang Wali Kota Medan pada

  • Kamis, 09 Des 2021 23:09

    Edwin Sugesti Minta Supir Angkot Di Medan Lulus Verifikasi

    Anggota Komisi IV DPRD Kota Medan meminta agar supir atau pengemudi angkutan penumpang harus lulus verifikasi yang ditunjukan dengan sertifikasi disamping memiliki SIM dan kenderaan telah lulus uji ke

  • Sabtu, 04 Des 2021 17:34

    Roby Barus Apresiasi Wali Kota Punya Perhatian Besar Majukan UMKM Medan

    Anggota DPRD Medan Roby Barus mengapresiasi program Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam melakukan pemberdayaan pelaku UMKM di Kota Medan. "Apa yang dilakukan Wali Kota dalam pemberdayaan pelaku

  • Selasa, 30 Nov 2021 21:30

    Sah, Perda RTRW Tahun 2021-2041 Ditandatangani Walikota Medan

    Advertorial- Laporan hasil pembahasan Pantia Khusus DPRD Kota Medan terhadap Rancangan Peraturan Daerah Kota Medan tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Tahun 2021 s/d tahun 2041 telah ditandatangani Wal

  • Jumat, 26 Nov 2021 06:26

    DPRD Minta Dinas Terkait Berkolaborasi Atasi Genangan Air dan Banjir di Kota Medan

    DPRD Medan meminta agar Dinas Perkim, Dinas PU serta kecamatan dan kelurahan untuk berkolaborasi dalam pemetaan lokasi rawan genangan air dan banjir. "Ini sangat penting, mana kawasan genangan air mau

  • Selasa, 23 Nov 2021 07:23

    Wali Kota Jawab Pemandangan Umum DPRD tentang RAPBD 2022

    IstimewaWali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Wakil Wali Kota H Aulia Rachman, menyampaikan Tanggapan Wali Kota Medan atas Pemandangan Umum DPRD Medan tentang Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja D

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak