Kamis, 18 Agu 2022 10:57
  • Home
  • Politik
  • Presiden Jokowi Cerita PM Negara Sahabat Minta Dikirimi Minyak Goreng

Presiden Jokowi Cerita PM Negara Sahabat Minta Dikirimi Minyak Goreng

Jakarta (utamanews.com)
Oleh: Budi
Rabu, 15 Jun 2022 07:15
BPMI
Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menceritakan bahwa dirinya baru-baru ini dihubungi oleh seorang perdana menteri negara sahabat yang meminta untuk dikirimi minyak goreng karena ketersediaan di negaranya yang sudah begitu menipis.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat memberikan sambutan dalam Rapat Koordinasi Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2022 di Istana Negara, Jakarta, Selasa.

"Dua hari yang lalu, malam-malam saya mendapatkan telepon dari seorang perdana menteri, gak usah saya sebutkan negaranya, beliau meminta-minta betul 'Presiden Jokowi tolong dalam sehari dua hari ini kirim yang namanya minyak goreng." kata Presiden menirukan ucapan perdana menteri yang dimaksud.

"'Stok kami betul-betul sudah habis dan kalau barang ini tidak datang akan terjadi krisis sosial, krisis ekonomi, yang berujung juga pada krisis politik.' Dan itu sudah terjadi di negara yang namanya Sri Lanka," ujarnya menambahkan.

Presiden menceritakan hal itu untuk mengingatkan kembali kepada segenap jajaran pemerintah baik pusat maupun daerah untuk menyiapkan diri atas ancaman krisis pangan, krisis energi, maupun kenaikan inflasi yang membayangi semua negara seperti sudah ia sampaikan berkali-kali.

"Pangan, harus betul-betul disiapkan betul, Energi harus betul-betul dikalkulasi betul, karena separuh dari energi kita impor. Dan kita ini negara besar, pangannya juga butuh pangan yang besar. Energinya juga butuh energi yang besar, baik untuk kendaraan, industri, rumah tangga, dan lain-lainnya," kata Presiden.

Kendati demikian Presiden mengingatkan bahwa ancaman krisis pangan misalnya bisa ditangkap sebagai sebuah peluang mengingat keberadaan lahan yang masih belum dimanfaatkan dan belum produktif di Tanah Air.

Di sisi lain, Presiden meneruskan proyeksi dari Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF) yang memperkirakan 60 negara akan mengalami keambrukan ekonomi dampak berbagai ancaman ketidakpastian global, di mana 40 di antaranya hampir bisa dipastikan.

Oleh karena itu Presiden meminta jajaran pemerintah untuk bersikap penuh kepekaan dan sense of crisis.

Salah satunya, menurut Presiden, dengan memastikan bahwa belanja pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah harus meliputi tiga hal penting yakni menciptakan nilai tambah, membangkitkan pertumbuhan ekonomi dalam negeri, dan efisien.

"Jangan sampai kita ini memiliki APBN Rp2.714 triliun, APBD Rp1.197 triliun, belinya produk impor seperti yang tadi disampaikan Pak Kepala BPKP, bukan produk dalam negeri, sedih," katanya.

Presiden berpesan agar Rakornas Pengawasan Intern Tahun 2022 melanjutkan semangat untuk mengawal aksi afirmasi pembelian produk dalam negeri.

"Saya minta APIP, BPKP, mengawal serius program ini. Harus berhasil. Belanja produk dalam negeri haru berhasil," ujarnya.

Dalam laporannya, Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh menyampaikan bahwa hingga triwulan I 2022 e-katalog masih didominasi produk impor baik secara produk tayang maupun realisasi transaksi.

Namun, hal itu berangsur membaik seiring dikeluarkannya Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi dalam rangka Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Menurut Ateh per 13 Juni 2022 untuk pertama kalinya produk dalam negeri menyaingi produk impor dalam hal produk tayang di e-katalog dan jumlah transaksi.

"Hasil validasi kami menunjukkan komitmen penyerapan produk lokal senilai Rp722,88 triliun, sedangkan realisasi belanja produk dalam negeri telah mencapai Rp180,72 triliun atau 45,18 persen dari target Rp400 triliun," katanya.
iklan HUT RI 77 Wali dan Wakil Wali Kota Medan
Editor: Tessa

Sumber: antaranews.com

T#g:minyak gorengnegara sahabat
Berita Terkait
  • Kamis, 18 Agu 2022 08:18

    Malam Resepsi Kenegaraan, Edy Rahmayadi Jelaskan Strategi Pulihkan Ekonomi Sumut

    Edy Rahmayadi targetkan pertumbuhan ekonomi 5,3% di tahun 2023. Melihat pergerakan perekonomian Sumut yang positif dan infrastruktur yang membaik, Gubermur Sumatera Utara (Sumut) optimis hal tersebut

  • Selasa, 12 Jul 2022 21:12

    Zulhas Kampanye untuk Anak, Jokowi: Fokus Turunkan Minyak Goreng!

    Pernyataan tegas disampaikan Presiden Joko Widodo agar anak buahnya di Kabinet Indonesia Maju untuk fokus dalam bekerja.Hal itu dikatakan Jokowi menanggapi pertanyaan awak media soal adanya menteri si

  • Kamis, 07 Jul 2022 21:57

    Presiden RI Tinjau Inovasi Pengolahan Minyak Kelapa Sawit di Medan

    Presiden RI Joko Widodo didampingi Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meninjau proses pengolahan Crude Palm Oil (CPO), inovasi Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) di Jalan Brigjen Katamso,

  • Selasa, 28 Jun 2022 15:38

    Pemko Binjai Belum Terima Perintah Pelaksanaan Sosialisasi Perubahan Penjualan MGCR

    Hingga saat ini, Pemerintah Kota Binjai melalui Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Perdagangan (Disnaker Perindag) belum menerima perintah untuk melakukan sosialisasi dan transisi perubahan sistem p

  • Senin, 27 Jun 2022 15:47

    PKS Binjai Nilai Kebijakan Pemerintah Soal Minyak Goreng Curah Membingungkan

    Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan, sejak 27 Juni 2022, pihaknya akan memulai sosialisasi dan transisi perubahan sistem penjualan mi

  • Kamis, 23 Jun 2022 09:23

    Gegara Ini, Jokowi Sampai 'Dicari' 5 Presiden dan PM

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku ditelpon oleh lima Presiden dan Perdana Menteri (PM) negara lain. Telepon tersebut berurusan dengan permintaan batu bara dari Indonesia. Jika tidak dikirimi batu

  • Selasa, 14 Jun 2022 01:14

    PKS Tolak Rencana Pemerintah Hapus Minyak Goreng Curah

    Anggota Komisi VII DPR RI fraksi PKS, Mulyanto, menolak wacana penghapusan minyak goreng (migor) curah yang disampaikan Menteri Kooordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandj

  • Jumat, 10 Jun 2022 18:20

    Polri Awasi 17 Ribu Pasar Pastikan Ketersediaan dan Harga Minyak Goreng Terjaga

    Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan pihaknya akan mengawasi ketersediaan dan harga minyak goreng jenis curah mulai dari tingkat produsen hingga ke pasar, sebagaimana arahan dari Presiden

  • Jumat, 10 Jun 2022 07:40

    Bobby Dampingi Menteri Koperasi dan UKM Tinjau Produksi Minyak Goreng Merah

    Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki dan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meninjau proses produksi minyak goreng merah di Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) M

  • Kamis, 09 Jun 2022 17:29

    Edy Rahmayadi Minta Percepat Implementasi Produksi Minyak Makan Merah PPKS

    Edy Rahmayadi terkesan dengan inovasi minyak makan merah Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS). Dia meminta agar implementasi produksi minyak makan merah ini segera terealisasi.Gubernur Sumatera Utara

  • Komentar Pembaca
    iklan pemko Medan sd 23 Agustus 2022

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak