Senin, 04 Jul 2022 04:26
  • Home
  • Politik
  • Soal Rusunawa KEK Sei Mangkei, Edy Rahamayadi Apresiasi Kemenkeu

Soal Rusunawa KEK Sei Mangkei, Edy Rahamayadi Apresiasi Kemenkeu

Medan (utamanews.com)
Oleh: Delta
Rabu, 22 Jun 2022 22:02
Dinas Kominfo Provinsi Sumut/ Veri Ardian
Edy Rahmayadi mendengarkan progres dan laporan terkait pembangunan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) pada kawasan Kek Sei Mangkei di Medan, Rabu (22/6/2022).
Edy Rahmayadi mengapresiasi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia (RI) yang sangat antusias dalam menuntaskan Pembangunan Rusunawa Terintegrasi bagi pekerja Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei.

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi juga meminta Pemerintah Daerah (Pemda) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sumut untuk sigap dalam penyelesaian Rusunawa, baik terkait Peraturan Daerah (Perda) dan juga administrasinya. Di mana saat ini progres yang dilaksanakan adalah dalam tahap Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK).

"Ini proyek nasional yang kepentinganya juga untuk Sumut, kalau daerah tidak men-support maka proyek ini akan maju mundur dan lama untuk terselesaikan. OPD dan Pemda harus selesaikan semua, baik itu Perda dan juga administrasi lainnya," ucap Edy Rahmayadi, saat membahas progress report Rusunawa KEK Sei Mangkei di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Sudirman No. 41 Medan, Rabu (22/6), bersama Direktur Jenderal Pengelolaan Dukungan Pemerintah dan Pembiayaan Infrastruktur (PDPPI) Kemenkeu RI.

Hadir di antaranya, Dirjen PDPPI Kemenkeu RI Brahmantio Isdijoso, Kepala Sub Direktorat Penyiapan KPBU Jimmy Situmorang, Direktur Utama PT Penjamin Insfratuktur Indonesia M Wahid Sutopo, Deputi Direktur PT Penjamin Insfratuktur Indonesia Tanti Hidayati, Perencana Ahli Madya Kementerian PPN/BAPPENAS Astu Gagono Kendarto, Wakil Bupati Simalungun Zonny Waldi serta pimpinan OPD Sumut.

Edy Rahmayadi menyampaikan, banyak hal yang harus disiapkan dalam pemenuhan insfrauktur di KEK Sei Mangkei tersebut agar investor dapat tertarik masuk berinvestasi. Edy juga tidak ingin pengalaman buruk sebelumnya terjadi, dimana 50 investor gagal berinvestasi karena pemenuhan infrastrukur yang kurang memadai.

Dalam hal penyiapan infrastruktur utilitas berupa sistem penyediaan air minum, pengelolaan sampah, pengelolaan air limbah, listrik, jalan, ruang terbuka hijau (RTH), dan drainase yang harus disiapkan stakeholder terkait, Edy Rahmayadi berjanji akan mengejar progres pembangunan ini secepatnya. "Secepatnya Pak Dirjen akan saya desak OPD untuk menyelesaikan ini," katanya.

Sementara itu, Dirjen PDPPI Kemenkeu RI Brahmantio Isdijoso memaparkan beberapa progres yang harus ditindaklanjuti agar pembangunan Rusunawa ini dapat segera terselesaikan. Yakni, perlu partisipasi aktif dari Tim Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), Panitia Pengadaan, dan OPD terkait untuk terlibat  dalam setiap tahapan kegiatan.

Kemudian memastikan kepatuhan terhadap dokumen perencanaan sebagaimana dipersyaratkan di dalam regulasi KPBU dan memastikan perolehan perizinan lanjutan yang diperlukan untuk pelaksanaan proyek KPBU.

"Kita juga meminta kesesuaian lampiran RTRW Provinsi dengan rencana Proyek KPBU. Dimana saat ini Pemkab Simalungun sedang berencana untuk melakukan penyesuaian RTRW Kabupaten, agar zonasi likasi proyek diperuntukan bagi pemukiman," katanya.

Kepada DPRD Sumut, Brahmantio Isdijoso berharap terjalin komunikasi berkala untuk memperoleh persetujuan DPRD atas rancangan perjanjian KPBU dan Perjanjian Regres, penetapan Perda terkait skema pengembalian investasi Proyek KPBU, maupun pembentukan BLUD.

Diketahui Rusunawa Terintegrasi bagi pekerja KEK Sei Mangkei yang berlokasi di Jalan Keramat Kubah, Desa Perdagangan II, Kabupaten Simalungun, ini nantinya akan dihuni bagi para pekerja yang tujuannya antara lain untuk membantu mempercepat pengembangan kawasan industri tersebut.
Editor: Herda

T#g:KEK Sei MangkeiRusunawa
Berita Terkait
  • Rabu, 05 Jan 2022 21:05

    Resmikan Rumah Susun, Edy Harap KEK Sei Mangkei Tetap Tertata Baik

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meresmikan Rumah Susun  (Rusun) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei, Rabu (5/1). Rumah susun ini ditujukan untuk pekerja di KEK Sei Mangkei a

  • Kamis, 14 Okt 2021 08:14

    IPK Mendukung Pertemuan Negara- negara Industri Dalam Parlemen G 20 di Indonesia

    Rencana pertemuan pemimpin dunia pada ajang Parlemen G 20 di Indonesia mendapat dukungan pemuda. Diharapkan nantinya hasil pertemuan dapat membuahkan peningkatan ekonomi terkhusus pada Kabupaten Simal

  • Kamis, 01 Okt 2020 20:21

    Gubernur Edy Sahkan RUPTL PTPN III Sei Mangkei, PLTGU 1.600 MW Segera Dibangun

    Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menandatangani Surat Keputusan (SK) Pengesahan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) Wilayah Usaha PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III KEK Sei Mangkei, Selasa (29

  • Jumat, 12 Jun 2020 22:02

    Pemprov Sumut Dukung Pembangunan Rusunawa Pekerja KEK Sei Mangkei

    Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mendukung rencana pembangunan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) untuk para pekerja, yang terintegrasi dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei M

  • Jumat, 30 Mar 2018 16:00

    Penghuni Rusunawa Sibolga Curhat ke Sihar

    Penghuni Rusunawa Jolong Basusuk Jalan Merpati Kelurahan Aek Manis Kecamatan Sibolga Selatan, Kota Sibolga, mencurahkan kesedihannya kepada Sihar Sitorus, Kamis (29/3/2018). Curahan hati itu dila

  • Sabtu, 06 Agu 2016 08:25

    Soal Penangkapan PNS Pemprovsu di Rusunawa Sukarami, Kaiman akui belum terima laporan

    Terkait peristiwa penangkapan 2 oknum PNS yang diduga bekerja di Pemprovsu, dalam penggerebekan rusunawa Asia Mega Mas yang dilakukan pihak Polresta Medan, hingga saat ini pihak Badan Kepegawaian Daer

  • Jumat, 05 Agu 2016 12:26

    Polisi gerebek rumah susun Sukaramai Medan, sejumlah sabu ditemukan

    Aparat Satuan Reserse Narkoba Polresta Medan menggerebek Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Asia Mega Mas yang terletak di Jalan Timah, kawasan Sukaramai Kecamatan Medan Area, Jumat (5/8) pukul 06.

  • Kamis, 04 Agu 2016 09:16

    Tolak Pembangunan Rusunawa, Warga Sari Rejo Blokir jalan SMAN2

    Ratusan warga yang tinggal di Sari Rejo, mendadak membakar sampah ditengah jalan dan memblokir jalan Polonia I Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia, Rabu (3/8/2016) dari pukul 10.00 Wib.Pantau

  • Senin, 11 Jul 2016 07:30

    Panglima TNI akan bangun Rusunawa Prajurit Rindam IX/Udayana

    “Saya cukup prihatin dengan banyaknya prajurit yang masih kost dengan biaya yang cukup mahal karena Bali merupakan daerah wisata dunia. Ke depan saya akan membangunkan rumah susun untuk para prajuri

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak