Senin, 04 Jul 2022 02:55
  • Home
  • Politik
  • Sumut Jajaki Kerja Sama Pariwisata dengan Kamboja

Sumut Jajaki Kerja Sama Pariwisata dengan Kamboja

Medan (utamanews.com)
Oleh: Anji Prayoga
Kamis, 23 Jun 2022 09:53
(Foto Diskominfo Sumut - Rizky Firman)
Afifi Lubis menerima kunjungan Wakil Menteri Pariwisata Kerajaan Kamboja Katoeu Mohammad Nossry di Ruang Rapat Kantor Gubernur, Jalan Diponegoro, Medan, Rabu (22/6).
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) menjajaki kerja sama di bidang pariwisata dengan Kamboja. Dengan harapan, semakin banyak wisatawan dari Kamboja yang datang ke Sumut.

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Afifi Lubis saat menerima kunjungan Wakil Menteri Pariwisata Kerajaan Kamboja Katoeu Mohammad Nossry di Ruang Rapat Kantor Gubernur, Jalan Diponegoro Nomor 30, Medan, Rabu (22/6).

Dikatakan Afifi, pariwisata merupakan salah satu sektor prioritas Pemprov Sumut. “Pemprov sangat terbuka melakukan kerja sama terhadap pihak dari dalam negeri dan maupun luar negeri, terutama dalam rangka pemulihan ekonomi rakyat yang targetnya untuk menyejahterakan rakyat,” ujar Afifi.

Afifi menyampaikan Sumut memiliki beragam destinasi wisata yang kaya. Hal itu didukung geografis Sumut yang juga beragam mulai dari pegunungan, laut, dataran rendah ada di Sumut. Maka, Sumut bisa menjadi destinasi wisata pilihan warga Kamboja.

Untuk itu, Pemprov sangat serius dengan pengembangan pariwisata di Sumut. “Sektor pariwisata merupakan sektor yang paling terkena imbas pandemi Covid-19, dimana jumlah kunjungan wisatawan berkurang drastis sehingga banyak pengurangan tenaga kerja yang memengrauhi berkurangnya PAD. Menjadi tanggung jawab Pemprov untuk mengembangkan potensi wisata di Sumut secara berkelanjutan,” kata Afifi.

Afifi mengharapkan, ada pertemuan lanjutan berikutnya membahas hal-hal yang lebih detail dan teknis. “Saya harap ke depan ada pertemuan lanjutan, sehingga kita bisa mengembangkan gagasan-gagasan kita mengenai pariwisata di Indonesia dan Kamboja,” kata Afifi.

Wakil Menteri Pariwisata Kerajaan Kamboja Katoeu Mohammad Nossry mengharapkan ada pertukaran wisatawan antara Sumut dengan Kamboja. Apalagi Kamboja sudah memiliki kerja sama dengan Indonesia di bidang pariwisata, yang ditandai dengan penandatanganan MoU oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Katoeu mengharapkan Pemprov Sumut menjalin kerja sama Sister Province dengan Provinsi Sihanouk Kamboja. Lebih lanjut, Katoeu mengatakan Kamboja memiliki satu juta penduduk muslim dengan ribuan masjid, serta restoran-restoran yang menyediakan makanan halal.

Untuk itu, Katoeu mengatakan perlunya pembentukan kelompok kerja yang membahas kerja sama antara Sumut dan Kamboja. “Perlu kita membentuk working group untuk mendekatkan kedua negara ini melalui kerjasama yang akan kita lakukan ke depan,” kata Katoeu.
Editor: Herda

T#g:KambojaPariwisata
Berita Terkait
  • Minggu, 29 Mei 2022 09:49

    Musa Rajekshah Rencanakan Bangun SMK Pariwisata di Binjai

    Musa Rajekshah berencana membangun SMK Pariwisata di Kota Binjai. Rencana ini sebagai upaya dan komitmen Wagub Sumut untuk terus menjadikan Bukit Lawang sebagai destinasi prioritas di Sumut.Hal ini di

  • Selasa, 24 Mei 2022 04:24

    Nawal Harapkan Grand Finalis Putri Pariwisata Sumut Kampanyekan Bahaya Narkoba

    Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis berharap pada finalis Putri Pariwisata Sumut untuk ikut mengampanyekan bahaya narkoba pada anak

  • Minggu, 06 Feb 2022 08:16

    Weekend Hotel De Paris Dirazia, Ada Pengunjung Terpapar Covid-19

    Polsek Medan Barat bersama Anggota DPRD Kota Medan dan unsur Kecamatan melaksanakan Razia ke De Paris Hotel di Jalan Marsabut, Kelurahan Sei Agul, Medan Barat, pada Sabtu (5/2/2022) malam.

  • Minggu, 30 Jan 2022 10:00

    Bahas Kekuatan Kamboja Pada ASEAN 2022, Bakamla RI Hadiri FGD Kemenko Polhukam

    Bakamla RI yang diwakili oleh Direktur Kerja sama Laksma Bakamla Sandy M Latief menghadiri Focus Gorup Discussion (FGD) yang diselenggarakan Kemenko Polhukam pada salah satu hotel di Bandung, kemarin. 

  • Sabtu, 29 Jan 2022 07:29

    Kapolda Sumut Buka FGD Pembentukan Satuan Kepolisian Kawasan Pariwisata Danau Toba

    Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen. Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak MSi menghadiri sekaligus membuka langsung acara Focus Grup Discussions (FGD) dalam rangka Pembentukan Satuan Kepolisian Kawasan

  • Sabtu, 22 Jan 2022 22:22

    Jokowi - PM Kamboja Bahas Masalah Myanmar

    Presiden Joko Widodo melakukan pembicaraan melalui telepon dengan Perdana Menteri Kamboja Hun Sen untuk membicarakan kondisi Myanmar. Dalam percakapan tersebut, Jokowi menegaskan sikap Indonesia, memi

  • Jumat, 14 Jan 2022 00:14

    Jokowi Resmikan Holding BUMN Pariwisata

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung atau Injourney hari ini, Kamis (13/1/2022). Peresmian Injourney dilakukan di Pantai Kuta Mandalika, Kabupaten Lombok

  • Senin, 10 Jan 2022 22:10

    Tim Gabungan Segel Diskotik Champion Blue Star Langkat Upaya Bersama Penertiban Hiburan Malam

    Tim Gabungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) bersama DPRD, unsur Forkopimda, BNN, Pemkab Langkat serta TNI/Polri menggelar operasi gabungan dalam rangka menertibkan hiburan malam

  • Kamis, 10 Jun 2021 15:00

    LSM BARAAPI Indonesia Tuding Anggaran Di Dinas Pariwisata Kota Medan TA 2020 Sarat Mark Up

    Ada dugaan penyimpangan atau mark-up beberapa kegiatan di Dinas Pariwisata Kota Medan. Nilai kegiatan tersebut mencapai empat miliar rupiah lebih.Dugaan itu diungkap Direktur Lembaga Swadaya Masyaraka

  • Senin, 04 Des 2017 11:24

    Kadis Pariwisata Sumut: Festival Danau Toba 2017 di Sipinsur Humbahas

    Festival Danau Toba (FDT) di kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) 2017, awalnya direncanakan dilaksanakan di Bakti Raja, namun karena keterbatasan lahan, khususnya rekayasa lalulintas, FDT Humbahas

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak