Rabu, 01 Des 2021 22:55
  • Home
  • Politik
  • Tidak Pakai Masker Denda Rp100 Ribu dan 300 Ribu Akan Diberlakukan di Labuhanbatu

Tidak Pakai Masker Denda Rp100 Ribu dan 300 Ribu Akan Diberlakukan di Labuhanbatu

Labuhanbatu (utamanews.com)
Oleh: Junaidi
Jumat, 18 Sep 2020 20:28
Istimewa
Sanksi berupa denda uang sebesar 100 ribu rupiah akan diberlakukan di kabupaten Labuhanbatu kepada masyarakat perorangan apabila tidak memakai masker. Selain perorangan, para pendagang juga mendapatkan sanksi denda sebesar 300 ribu rupiah.

Harapannya dengan diberlakukannya sanksi dan denda tersebut masyarakat dapat mematuhi dan disiplin melaksanakan protokol kesehatan, sebagai bentuk kepedulian dan dukungan kepada pemerintah dalam upaya mencegah, penyebaran covid 19 di Kabupaten Labuhanbatu.

Tetapi sebelum diberlakukan sanksi dan denda tersebut kepada perorangan dan pedagang, terlebih dahulu diterapkan sanksi teguran secara lisan atau teguran secara tertulis serta sanksi sosial berupa kerja sosial, dan penerapan sanksi disesuaikan dengan situasi dan kondisi di masing- masing lokasi.

Demikian disampaikan Sekda Kabupaten Labuhanbatu, Ir. Muhammad Yusuf, M.MA, Kamis (17/9/20) dalam rapat koordinasi bersama Forkopimda dan OPD terkait, membacakan peraturan Bupati nomor 43 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian corona virus disease 2019, bertempat di ruang rapat bupati Labuhanbatu jalan SM Raja Kelurahan Ujung Bandar Kecamatan Rantau Selatan.



Sekda kabupaten Labuhanbatu juga menyampaikan saran dan masukan antara lain pemerintah Kabupaten Labuhanbatu akan menjalankan instruksi Presiden nomor 6 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian corona virus disease 2019.

Kata Sekda saat itu, "Sebelum kita menertibkan kepada masyarakat saya berharap kepada kasat Pol PP agar menertibkan para ASN kita, bagi yang masuk kantor agar wajib memakai masker dan mencuci tangan sebelum masuk ke kantor."

Setelah itu sambung Sekda, "Kita menertibkan keluar melalui sosialisasi kepada masyarakat pedagang yang dilakukan oleh dinas kesehatan, Satpol PP dan dibantu Polres serta Kodim."

"Apabila sudah kita sosialisasikan kepada masyarakat dan pedagang tetapi masih ada juga yang tidak mematuhi peraturan bupati Labuhanbatu tentang penanganan covid 19, kita akan memberi teguran, tindakan, bahkan kita berikan denda Rp.100.000 bagi perorangan dan Rp. 300.000 bagi pedagang," sebut Sekda.

Menanggapi Peraturan Bupati nomor 43 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan, Kepala Dinas Kesehatan Labuhanbatu, H. Kamal Ilham menyampaikan bahwa dinas Kesehatan siap untuk melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat mulai tingkat atas sampai tingkat bawah dalam pencegahan penyebaran covid 19.

Kemudian ungkapnya, "Kabupaten Labuhanbatu untuk sekarang ini berstatus zona kuning jadi kita berharap Labuhanbatu menjadi zona hijau dengan mengadakan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat."



"Kami sangat berterima kasih kepada TNI Polri yang selalu mendampingi kita semua dalam melaksanakan himbauan kepada masyarakat untuk tetap melakukan protokoler kesehatan dengan menjaga jarak mencuci tangan dan memakai masker", sebutnya.

"Saya berharap kepada pihak RSUD Rantauprapat agar selalu bekerjasama dengan dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu dalam data pasien yang terpapar covid 19 dan untuk dirujuk ke Rumah Sakit Medan," pinta Kamal.

Sementara itu Beibi Lismainur (Perwakilan RSUD Rantauprapat), menyampaikan "Kami mohon kepada Ketua Tim Gugus Covid 19 agar benar-benar menegakkan disiplin protokol kesehatan bagi masyarakat."

"Dan kami akan selalu melaksanakan protokoler kesehatan dengan memakai masker dan selalu mencuci tangan," sebutnya.

Di tempat yang sama Kasatpol PP Labuhanbatu, M. Yunus, SH menyampaikan, "Kami akan selalu siap untuk mengawal dan mensosialisasikan kepada masyarakat dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19."

"Kami kami juga akan selalu berkoordinasi dan bekerjasama dengan TNI Polri dan aparat terkait dalam menghimbau kepada masyarakat agar melaksanakan protokoler kesehatan dengan mencuci tangan memakai masker dan hindari tempat keramaian," tegas M Yunus.

Pantauan awak media di lapangan, dalam hal ini Kodim 0209/LB di bawah komando Letkol Inf. Asrul Kurniawan Harahap, S.E. M.Tr (Han) dan Polres Labuhanbatu dibawah Komando AKBP Deni Kurniawan, S.I.K. M.H, sudah lebih dulu melakukan himbauan penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol Kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian corona virus disease 2019 di masyarakat.

Editor: Budi

T#g:LabuhanbatuMaskerSanksi
Berita Terkait
  • Selasa, 30 Nov 2021 20:20

    Datangi Kantor DPRD, MPC PP Labuhanbatu Nyatakan Sikap Menuntut Junimart Girsang Minta Maaf

    Terkait ucapan Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang dari Fraksi PDIP, tiga puluhan lebih kader MPC Pemuda Pancasila (PP) Labuhanbatu, Sumatera Utara melakukan aksi mendatangi Kantor DPRD Kabu

  • Minggu, 28 Nov 2021 15:28

    Terima Mandat, Pengcab Jaguar Perkasa Indonesia Labuhanbatu Akan Bina Atlet Menembak

    Pengurus cabang (Pengcab) Jaguar Perkasa Indonesia Kabupaten Labuhanbatu telah menerima mandat secara resmi untuk menjalankan roda kepengurusan dan akan membina atlet-atlet muda yang nantinya berprest

  • Sabtu, 20 Nov 2021 19:10

    Dua Bulan Terbaring Lemah Menahan Sakit, Juriani, Warga Labuhanbatu Butuhkan Uluran Tangan

    Juriani (42) warga desa Jawi-jawi kecamatan Panai Hulu Kabupaten Labuhanbatu terbaring lemah menahan sakit yang dideritanya selama 2 bulan lamanya tanpa mendapat perawatan medis dikarenakan ketidakada

  • Sabtu, 20 Nov 2021 17:00

    Kompi 126/KC Rantauprapat Salurkan Bantuan Sembako Ke Panti Asuhan Al-Wasliyah Al-Arif

    Kompi Senapan C Yonif 126/KC Rantauprapat salurkan bantuan sembako untuk membantu kebutuhan pokok pangan anak yatim piatu putri yayasan panti asuhan Al-Wasliyah Al-Arif Padang Matinggi di kelurahan Pa

  • Selasa, 16 Nov 2021 14:16

    Kadis PMD Labuhanbatu Gelar Diskusi Dengan 3 Pimpinan Bank Sumut

    Bupati Labuhanbatu dr. Erik Adtrada Ritonga M.KM beberapa waktu lalu menggelar pertemuan dengan Pimpinan Bank Sumut, terkait Bantuan pinjaman Uang kepada 1059 Perangkat Desa Se Labuhanbatu.Menindaklan

  • Selasa, 16 Nov 2021 06:16

    Manager Binjai Millenial Market minta maaf soal penampilan erotis di acara grand opening BMM

    Manager Binjai Millenial Market (BMM) Jimmy Muliawan, mengaku kecolongan dengan adanya penampilan penari waria yang dinilai sangat erotis pada acara Grand Opening BMM yang digelar beberapa hari lalu d

  • Senin, 15 Nov 2021 15:45

    Antisipasi Banjir Di Musim Penghujan, Pemerintah Desa Kampung Padang Buat Parit dan Perbaiki Jalan Berlubang

    Dalam mengantisipasi banjir yang memasuki kawasan permukiman, pemerintah desa Kampung Padang yang dipimpin Kepala Desa Jarno mengajak warga untuk ikut dalam kegiatan gotong royong, pada Sabtu (13/11/2

  • Senin, 08 Nov 2021 16:52

    Dandim 0209/LB Terima Kunjungan Pejabat Baru Kapolres Labuhanbatu

    Dandim 0209/LB Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap, S.E., M.Tr (Han) menerima kunjungan perdana Kapolres Labuhanbatu AKBP Anhar Arlia Rangkuti, S.IK beserta rombongan ke Makodim 0209/LB jalan Abdul Azi

  • Rabu, 03 Nov 2021 20:53

    Kapolres Labuhanbatu Terima Piagam Dari Kemenkumhan RI Terkait Vaksinasi Di Rumah Tahanan Negara Labuhanbatu

    Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, S.I.K.,M.H terima piagam dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia terkait kegiatan vaksinasi yang dilakukan di Rumah Tahanan Negara Lapas Kls IIA Ran

  • Kamis, 28 Okt 2021 16:18

    Dandim 0209/LB Hadiri Acara Pengalihan Komando dan Pengendalian Yonif 126/KC

    Dandim 0209/Labuhanbatu Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap, S.E., M.Tr (Han) beserta Ketua Persit KCK Cabang XXXVI Dim 0209 Ny. Vitha Asrul K. Harahap menghadiri Acara pengalihan komando dan pengendal

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak