Sabtu, 24 Feb 2024 23:14

Ukraina Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Korea Utara

Kiev (utamanews.com)

Oleh: Tommy

Kamis, 14 Jul 2022 08:44

Net
Korea Utara
Ukraina memutuskan untuk memutus hubungan diplomatik dengan negara Korea Utara (Korut). Keputusan itu diambil beberapa jam setelah separatis pro Rusia di timur Ukraina mengaku Korut mengakui proklamasi Republik Rakyat Donetsk dan Republik Rakyat Lugansk.

Seperti dilansir AFP, Kamis (14/7/2022), Kementerian luar negeri Ukraina dalam sebuah pernyataan mengecam keputusan Korea Utara mengakui wilayah yang digambarkan Kiev sebagai wilayah yang "diduduki sementara oleh Rusia". 

Selain Korea Utara, Suriah juga mengakui wilayah itu bulan lalu.

"Sebagai tanggapan, Ukraina mengumumkan akan memutuskan hubungan diplomatik dengan Republik Rakyat Demokratik Korea," kata pernyataan Kementerian Luar Negeri Ukraina.

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba menyatakan Rusia tidak lagi memiliki sekutu di dunia. Menurutnya, Rusia hanya didukung oleh negara-negara yang bergantung pada Rusia secara finansial.

"Rusia tidak lagi memiliki sekutu di dunia, kecuali negara-negara yang bergantung padanya secara finansial dan politik," kata Dmytro Kuleba, menurut pernyataan itu.

Kuleba mengatakan Rusia telah meminta Korea Utara untuk mengakui wilayah itu dalam sebuah langkah yang "lebih banyak berbicara tentang toksisitas Moskow daripada Pyongyang".

Sebelumnya Rabu, perwakilan separatis di Moskow mengeluarkan foto di Telegram yang menunjukkan utusannya Olga Makeyeva menerima apa yang dia gambarkan sebagai surat pengakuan dari duta besar Korea Utara, Sin Hong-chol.

Belum ada komentar langsung dari Korea Utara terkait pemutusan hubungan diplomatik tersebut.
Editor: Budi

Sumber: detikNews

T#g:DonetskKorea UtaraLugansksuriahUkraina
Berita Terkait
  • Senin, 20 Feb 2023 20:50

    398 Warga Korban Gempa Turki Dapatkan Pengobatan

    Tercatat 398 warga distrik Hassa, Provinsi Hatay, Turki baik yang menjadi korban gempa maupun warga yang hendak berobat mendapatkan pengobatan di Rumah Sakit Lapangan, Minggu (19/2).Tim Kesehatan TNI

  • Kamis, 16 Feb 2023 18:36

    Operasi Bantuan Kemanusiaan TNI di Turki

    Operasi bantuan kemanusiaan TNI telah dikirimkan pada tanggal 11 Februari yang lalu. Dua hari berikutnya, 17 Tenaga Kesehatan dari TNI yang menjadi bagian dari Tim EMT (Emergency Medical Tea

tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️