Jumat, 30 Sep 2022 22:23
  • Home
  • Politik
  • Yenny Wahid: Misi Jokowi tidak gagal meski Rusia masih serang Ukraina

Yenny Wahid: Misi Jokowi tidak gagal meski Rusia masih serang Ukraina

Jakarta (utamanews.com)
Oleh: Andi
Minggu, 03 Jul 2022 22:13
Net
Yenny Wahid
Yenny Wahid menilai misi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjembatani perdamaian Rusia dan Ukraina tidak gagal meski saat ini Rusia masih menyerang Ukraina.

Kata Yenny, serangan Rusia tersebut, menurutnya, tak bisa ditafsirkan sebagai kegagalan misi kunjungan Jokowi.

“Misi kunjungan presiden @jokowi ke Ukraina-Rusia tidak bisa ditafsirkan gagal hanya karena Putin tetap melakukan serangan ke Ukraina,” kata Yenny Wahid melalui akun Twitternya @yennywahid, seperti dikutip Monitorindonesia.com, Minggu (3/7).

Dia menjelaskan bahwa Indonesia adalah salah satu pengimpor terbesar tepung gandum yang menjadi bahan baku mie instan. Oleh karena itu, dalam pandangannya, Jokowi ingin memperjuangkan agar pasokan gandum dari Ukraina ini bisa keluar ke pasar bebas.

“Nah Presiden @jokowi memperjuangkan agar pasokan gandum dari Ukraina bisa keluar ke pasar bebas termasuk ke Indonesia, agar tidak terjadi kenaikan harga bahan makanan seperti kasus minyak goreng,” ungkapnya.

“Termasuk juga pasokan pupuk dari Rusia dan Ukraina, karena ini akan berakibat pada nasib petani,” sambungnya.

Yenny mengatakan bahwa tak banyak yang bisa diterima oleh Rusia dan Ukraina. Maka dari itu, menurutnya, langkah Jokowi ini mestinya membuat rakyat berbangga.

“Tidak banyak orang bisa diterima dua belah pihak, karenanya kita mesti berbangga Presiden kita mampu melakukan terobosan itu,” ujarnya.

Pandangan serupa sebelumnya juga disampaikan oleh pakar hubungan internasional sekaligus mantan Wakil Menteri Luar Negeri RI, Dino Patti Djalal. Dia juga menilai misi perdamaian yang dilakoni Jokowi bukan berarti bisa dikatakan tidak berhasil.

“Upaya Presiden Jokowi tidak gagal. Ini awal yang baik. Kita harus peka terhadap tantangan ke depan,” kata Dino, Sabtu (2/7).

Indikator kegagalan atau keberhasilan misi Jokowi ada tiga. Pertama, kata dia, apabila Ukraina dan Rusia duduk serius dalam perundingan politik untuk berdamai, maka misi Jokowi berhasil. Itu bukan mustahil terjadi di kemudian hari.

Dia mengamati sambutan Putin saat menemui Jokowi, urusan Ukraina hanya disinggung sekelumit saja. Putin lebih banyak berbicara masalah hubungan bilateran negaranya dengan Indonesia.

“Indikator kedua yakni berakhirnya perang,” kata Dino.

Indikator selanjutnya, dibukanya aliran ekspor gandum Ukraina dan pupuk Rusia sekaligus bahan-bahan pokok lainnya dari kedua negara. Dino menilai, sudah ada tanda-tanda hal ‘koridor pangan’ itu bakal terwujud.

Namun demikian secara umum, proses perdamaian memang belum nampak terwujud pada hari ini. Hal ini disebabkan tujuan Putin yang berambisi menaklukkan Ukraina.

“Ini (upaya Jokowi) baru langkah pertama. Presiden sudah mengetuk pintu membuka inisiatif baru, kita semua berhaarap proses ini membuahkan hasil,” tandasnya.
Editor: Tessa

Sumber: monitorindonesia.com

T#g:Yenny Wahidperang
Berita Terkait
  • Jumat, 16 Sep 2022 12:36

    Bupati Taput Buka Ujian Tertulis Penerimaan Perangkat Desa

    Dari kantor kecamatan Tarutung kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Bupati Drs. Nikson Nababan, MSi, membuka langsung ujian tertulis penerimaan perangkat Desa secara aplikasi zoom, Jumat (16/09).

  • Senin, 12 Sep 2022 06:12

    Zelensky Tuding Rusia Dalang Pemadaman Listrik Total di Ukraina Timur

    Pemadaman listrik total terjadi di wilayah Ukraina timur. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menuding Rusia sebagai dalang padamnya listrik di seluruh wilayah timur Ukraina tersebut.

  • Senin, 05 Sep 2022 10:15

    Ciptakan Papua Aman Damai, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 142/KJ Bantu Proses Perdamaian Perang Suku

    Papua Cinta Damai, Papua Aman, itulah yang harus didengungkan dan menjadi komitmen bersama. Berkenaan hal tersebut, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 142/KJ turut hadir dalam acara perdamaian perang s

  • Sabtu, 03 Sep 2022 08:53

    Jangan Sampai Subsidi BBM Dinikmati Kelas Atas, Ketua Petanesia Sumut Nilai 'Subsidi Tertutup' Tepat Sasaran

    Ketua Pecinta Tanah Air Indonesia (Petanesia) Sumut, Eriza Hudori, menyampaikan bahwa dampak kenaikan harga BBM global menyebabkan tekanan subsidi BBM yang terus membengkak dari asumsi awal sebesar Rp

  • Jumat, 12 Agu 2022 04:12

    Jokowi: 800 juta orang terancam kelaparan akut

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan 800 juta orang di dunia terancam kelaparan dan kekurangan pangan akut.Saat ini, Jokowi mengatakan lebih dari 300 juta orang di dunia sudah menghadapi kekuranga

  • Selasa, 02 Agu 2022 20:42

    Bandingkan negara lain, Jokowi bersyukur masih bisa subsidi BBM

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan rasa syukurnya karena pemerintah masih bisa menyangga subsidi harga BBM di tengah situasi global yang tak menentu.“Alhamdulillah kalau bensin di negara

  • Minggu, 17 Jul 2022 08:27

    Truk dihadang, KKB tembaki penumpang: Kronologi 10 warga tewas di Nduga Papua

    Kelompok kriminal bersenjata (KKB) menembaki 12 warga Kampung Nogolait, Nduga, Papua. Sebanyak 10 orang warga tewas dalam insiden tersebut.Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal menerangk

  • Jumat, 15 Jul 2022 19:15

    Keberanian Jokowi ke Ukraina-Rusia perlu dicontoh oleh pemimpin masa depan

    Ketua Taruna Merah Putih Maruarar Sirait menilai keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) datang langsung ke Ukraina-Rusia perlu dicontoh. Hal itu disampaikan Maruarar saat menjadi pemateri dalam Semin

  • Kamis, 07 Jul 2022 19:57

    Keluarga Terbit Rencana Peranginangin serahkan hewan qurban kepada Tuan Guru Besilam

    Ibadah qurban merupakan salah satu ibadah bagi pemeluk agama Islam, yaitu dengan melakukan penyembelihan hewan ternak seperti Sapi, Kambing dan Unta. Hal itu merupakan bentuk pengamalan ibadah kita ke

  • Selasa, 05 Jul 2022 16:45

    Kunjungi Ukraina-rusia, Jokowi Dinilai Presiden Punya Nyali

    Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mendatangi langsung Ukraina - Rusia. Langkah Jokowi dinilai sebuah langkah yang bes

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak