Selasa, 06 Des 2022 04:40
  • Home
  • Politik
  • Zelensky Tuding Rusia Dalang Pemadaman Listrik Total di Ukraina Timur

Zelensky Tuding Rusia Dalang Pemadaman Listrik Total di Ukraina Timur

Ukraina (utamanews.com)
Oleh: Sentana
Senin, 12 Sep 2022 06:12
Foto: REUTERS/Viacheslav Ratynskyi
Volodymyr Zelensky
Pemadaman listrik total terjadi di wilayah Ukraina timur. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menuding Rusia sebagai dalang padamnya listrik di seluruh wilayah timur Ukraina tersebut.

Seperti dilansir AFP, Senin (12/9/2022), Zelensky mengatakan Rusia bertanggung jawab atas pemadaman listrik di Ukraina timur. Dia menuduh Rusia telah sengaja menghancurkan infrastruktur sipil.

"Pemadaman total di wilayah Kharkiv dan Donetsk, sebagian di wilayah Zaporizhzhia, Dnipropetrovsk dan Sumy," kata Zelensky dalam sebuah pernyataan di media sosial.
Zelensky mengatakan tidak ada fasilitas militer di wilayah timur Ukraina. Dia menduga Rusia sengaja memadamkan listrik agar rakyat Ukraina kehilangan cahaya dan kedinginan.

"Tidak ada fasilitas militer, tujuannya adalah untuk menghilangkan cahaya dan panas dari orang-orang," ucapnya.

"Rusia ingin membiarkan orang tanpa listrik dan panas," lanjut Zelensky.

Sementara itu, para pejabat di Ukraina timur juga menyalahkan serangan Rusia ke fasilitas utama menyebabkan terjadinya pemadaman yang meluas yang terjadi di sebagian besar wilayah timur negara tersebut. Pasalnya, pasukan Ukraina telah membuat keuntungan dan merebut wilayah itu dalam serangan balasan.
Gubernur regional wilayah Kharkiv, Oleg Synegubov, mengatakan pasukan Rusia telah "menyerang infrastruktur penting" di seluruh wilayah dan kota utamanya.

"Tidak ada listrik atau pasokan air di beberapa pemukiman. Layanan darurat bekerja untuk mengendalikan kebakaran di lokasi yang dilanda," kata Oleg Synegubov dalam sebuah pernyataan di media sosial.

Kemudian, Kepala Wilayah Dnipropetrovsk Dmytro Reznichenko juga mengatakan pasukan Rusia bertanggung jawab atas pemadaman listrik di seluruh wilayahnya.

"Beberapa kota dan komunitas di wilayah Dnipropetrovsk tanpa listrik. Rusia menghantam infrastruktur energi. Mereka tidak dapat menerima kekalahan di medan perang," katanya dalam sebuah pernyataan online.
Editor: Budi

T#g:Listrikperang
Berita Terkait
  • Senin, 05 Des 2022 18:35

    DPRD Medan Minta PLN dan PDAM Berikan Layanan Prima Saat Natal, Pergantian Tahun dan Imlek

    Menjelang perayaan natal, pergantian tahun dan imlek diharapkan pihak PDAM Tirtanadi dan PLN bisa memberikan pelayanan prima kepada pelanggannya.

  • Selasa, 15 Nov 2022 18:15

    Jokowi: Paradigma kolaborasi sangat dibutuhkan untuk selamatkan dunia

    Dunia sedang mengalami tantangan yang luar biasa akibat berbagai krisis, mulai dari pandemi COVID-19, rivalitas yang menajam, hingga perang yang terjadi.

  • Kamis, 27 Okt 2022 19:07

    Dukung KTT G20 di Bali, Mabes TNI Kirim 252 Unit KLBB

    Dalam rangka mendukung kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Tahun 2022 di Bali, Mabes TNI mengirimkan 252 Unit Kendaraan Listrik Berbasis Baterai (KLBB), bertempat GOR Ahmad Yani Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (27/10/2022).

  • Kamis, 27 Okt 2022 17:07

    Mensesneg Terima 300 Mobil Listrik dari Wuling Motors

    Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno secara simbolis menerima 300 mobil listrik dari Wuling Motors, di Plaza Bung Karno, Parkir Selatan Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (26/10/2022).

  • Selasa, 25 Okt 2022 00:05

    Jokowi, Sri Mulyani, Luhut Sepakat: Badai Besar Akan Datang

    Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sepakat, ekonomi global akan menghadapi badai besar.Para petinggi negara d

  • Komentar Pembaca

    Tentang Kami   Pedoman Media Siber   Disclaimer   Iklan   Karir   Kontak

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com
    PT. Oberlin Media Utama