Rabu, 19 Jan 2022 08:57
  • Home
  • Ragam
  • Bakamla RI Akan Bangun Pangkalan Armada di Gorontalo Utara

Bakamla RI Akan Bangun Pangkalan Armada di Gorontalo Utara

Gorontalo (utamanews.com)
Oleh: Dito
Minggu, 21 Nov 2021 18:41
Puspen TNI
Gorontalo Utara, Minggu 21 November 2021 (Bakamla RI/Indonesia Coast Guard) --- Guna menjamin keamanan dan keselamatan laut jalur ALKI II dan meminimalisir waktu reaksi patroli kamla. Bakamla RI menerima hibah lahan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara (Gorut) di Desa Oluhuta untuk Pangkalan Armada Bakamla.

Serah terima lahan ini diawali dengan dilaksanakannya penandatanganan nota kesepahaman antara Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, beberapa hari lalu.

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia  menandatangani Nota Kesepahaman dengan Bupati Gorontalo Utara Dr. H. Indra Yasin, S.H., M.H. Di mana, kegiatan penandatanganan Nota Kesepahaman ini dilakukan terpisah (desk to desk). Kepala Bakamla di Mabes Bakamla RI, sedangkan Bupati Gorontalo Utara disaksikan Direktur Kerja sama Laksma Bakamla Sandy M Latief  melaksanakan penandatangan di Kantor Bupati Gorontalo Utara.

Nota kesepahaman yang ditandatangani ini berisikan tentang sinergitas dalam upaya peningkatan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Gorontalo Utara.

Pasalnya, sinergi ini merupakan bentuk keseriusan Bakamla dalam upaya mengembangkan dan membangun kekuatan melalui Sistem Peringatan Dini (SPD) dibeberapa titik strategis di wilayah Indonesia khususnya Kabupaten Gorontalo Utara yang langsung berbatasan dengan Filipina yang rawan masuknya penyelundupan senjata api dan bahan peledak termasuk orang asing.

Selain itu juga, lokasi yang strategis itu nantinya akan mengurangi waktu reaksi armada patroli dalam menanggapi kejadian di laut dalam wilayah Alur Laut Kepulauan Indonesia II (ALKI II).

Laksma Bakamla Sandy M. Latief menjelaskan, ruang lingkup kerja sama yang ditandatangani meliputi, pertama, penyediaan fasilitas infrastruktur berupa lahan dan atau bangunan/kantor serta fasilitas lain untuk mendukung peningkatan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Kabupaten Gorontalo Utara. Kedua, pemanfaatan teknologi dan sarana prasarana untuk mendukung kelancaran kegiatan peningkatan kerja sama keamanan dan keselamatan di perairan Kabupaten Gorontalo Utara.

Ketiga, pemberdayaan masyarakat pesisir dalam rangka mendukung peningkatan pelaksanaan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Kabupaten Gorontalo Utara. Keempat, peningkatan kapasitas sumber daya manusia di bidang keamanan dan keselamatan laut. Dan kelima, pertukaran informasi di bidang keamanan dan keselamatan laut.

Ditempat yang sama, Bupati Gorontalo Utara mengatakan mendukung kehadiran Bakamla di Gorontalo Utara. Hadirnya Bakamla akan menghentikan kasus pencurian ikan dan kebiasaan destructive fishing yang marak terjadi di laut Gorontalo Utara.

"Banyak kejadian illegal fishing, negara-negara luar sering mencuri ikan di perairan kita, dengan adanya Bakamla maka saya yakin laut kita akan lebih aman dan terjaga," jelasnya.

Editor: yaya

T#g:BakamlaGorontalo
Berita Terkait
  • Sabtu, 15 Jan 2022 21:15

    Bakamla RI Beri Bantuan Medis ABK Kapal AS Positif Covid-19 di Perairan Natuna

    Sebuah kapal kargo dengan nama lambung MV. True Marine melaporkan salah satu ABK nya terpapar Covid-19 dan membutuhkan pertolongan di perairan Natuna, kemarin.

  • Kamis, 13 Jan 2022 18:23

    Kepala Bakamla Bersama Mendagri, Wamenhan dan Gubernur Kepri Tinjau Karang Singa

    Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Wakil Menteri Pertahanan Letjen TNI M. Herindra dan Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad dengan menggunakan uns

  • Kamis, 13 Jan 2022 08:13

    Kontrak Operasional Kegiatan Bakamla RI di Tahun 2022 Ditandatangani

    Memulai lembaran baru di tahun 2022, Bakamla RI menyelenggarakan Penandatanganan Kontrak Bersama untuk Pengadaan Barang dan Jasa Bakamla RI Tahun Anggaran 2022, kemarin.

  • Rabu, 12 Jan 2022 21:42

    Pangdam Terima Audiensi dari Beberapa Pejabat Maluku

    Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon menerima kunjungan dan audiensi beberapa pejabat, di ruang kerja Pangdam, Makodam XVI/Pattimura, Rabu (12/01/2022).

  • Selasa, 11 Jan 2022 20:11

    Bersahabat Erat, Kepala Bakamla RI Terima Kunjungan Kasal Australia

    Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia menerima kunjungan kehormatan Australia Chief of Navy (Kasal Australia) Vice Admiral Michael Noonan di Markas Besar Bakamla RI, Jl. P

  • Senin, 10 Jan 2022 15:20

    SPKKL TBK Bakamla RI Evakuasi Korban Hilang Saat Cari Udang di Perairan Pulau Durai

    Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Tanjung Balai Karimun, Basarnas Karimun, Polair Karimun dan Pos TNI AL berhasil mengevakuasi korban hilang s

  • Kamis, 06 Jan 2022 13:36

    Nelayan Hilang Saat Cari Udang, SPKKL TBK Bakamla RI Lakukan Pencarian

    Personel Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Tanjung Balai Karimun Bakamla RI melaksanakan pencarian seorang nelayan yang dilaporkan hilang saat pergi untuk menangkap udang di per

  • Jumat, 31 Des 2021 21:01

    Semarakkan HUT ke-16, Bakamla RI Salurkan Bansos Korban Erupsi Semeru dan Percepatan Vaksinasi

    (Foto Humas Bakamla RI)Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) menyemarakkan hari jadinya ke-16 dengan menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat korban dampak erupsi gunung Semeru di Ka

  • Kamis, 30 Des 2021 21:00

    Bakamla RI Siagakan KN Belut Laut-406 Evakuasi Korban Kapal Karam Bawa PMI di Perairan Selangor

    KN Belut Laut-406Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) menyiagakan kapal patroli KN Belut Laut-406 untuk evakuasi korban kapal yang mengangkut 57 imigran ilegal asal Indonesia karam di p

  • Rabu, 29 Des 2021 22:29

    HUT Ke-16, Milestone dan Pijakan Bakamla Untuk Lebih Meningkatkan Kinerja

    (Foto: Humas Bakamla RI)Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) menggelar upacara hari ulang tahun ke-16 di lapangan Mabes Bakamla RI, Jl. Proklamasi No. 56, Menteng, Jakarta Pusat. Dipimp

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak