Rabu, 19 Jan 2022 08:09
  • Home
  • Ragam
  • Bakamla RI Bahas Implementasi Strategi Pengamanan Laut Natuna Utara

Bakamla RI Bahas Implementasi Strategi Pengamanan Laut Natuna Utara

Jakarta (utamanews.com)
Oleh: Aksara Manurung
Sabtu, 20 Nov 2021 07:20
Bakamla RI
Kompleksitas situasi di wilayah Perairan Natuna Utara, masih menjadi fokus perhatian Bakamla RI dalam formulasi strategi penanganan di bidang keamanan dan keselamatan laut.

Serius menanggapi hal ini, Direktorat Strategi Keamanan Laut Bakamla RI menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Monitoring dan Evaluasi Strategi Keamanan Laut, di Jakarta Pusat, kemarin.

Rakernis dengan tema "Sinergitas dan Kolaborasi adalah Kunci Menuju Implementasi Strategi Pengamanan Laut di Laut Natuna Utara", dihadiri oleh berbagai narasumber dan peserta dari perwakilan instansi terkait keamanan dan keselamatan laut di Indonesia.

Dibuka oleh Deputi Kebijakan dan Strategi Bakamla RI Laksda Bakamla Tatit Eko Witjaksono, S.E., M.Tr.(Han)., kegiatan yang berlangsung hingga Jumat (19/11/2021), berisikan dua sesi seminar di rapat hari pertamanya.

Wakil Asisten Operasi Kasal Laksma TNI Wasis Priyono, S.T., M.Tr.(Han), dan Asisten Deputi Pengelolaan Batas Negara Wilayah Laut dan Udara Badan Nasional Penanggulangan Perbatasan (BNPP) Siti Metrianda Akuan, S.T., M.Si., turut hadir sebagai narasumber di seminar sesi pertama. 

Bertindak sebagai moderator, Analis Hukum Madya Bidang Polhukam Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Andy Aprianto, S.H., M.Si.

Tidak hanya itu, kegiatan yang berlangsung secara daring dan luring ini masih berlanjut hingga seminar sesi kedua. Ketua Departemen Hukum, Advokasi dan Perlindungan Nelayan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Dr. Drs. Ahmad Yani, S.H., M.H., CLA., Sub Koordinator Strategi Operasi Ditjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Muhammad Ikhsan, S.ST.Pi., M.Si., dan Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah Kabupaten Natuna Tukino Sucipto, hadir sebagai narasumber di seminar sesi kedua. 

Kali Ini, bertindak selaku moderator adalah Kasi Perencanaan Strategi Keamanan Laut Bakamla RI Letkol Bakamla Angga Reza, S.H., M.Si.

Pembahasan dalam Rakernis ini berlangsung hangat, yang tak jarang terlontar pertanyaan kritis seputar tindak pengamanan di Laut Natuna Utara.

Tidak hanya membahas tentang langkah-langkah implementatif yang dapat dilakukan untuk mengamankan Laut Natuna Utara, namun juga payung hukum, langkah sinergi dan kolaborasi antar instasi, dan penyamaan pola pikir, turut dibahas dalam pertemuan ini.

Direktur Strategi Keamanan Laut Bakamla RI Laksma Bakamla Joko Sutrisno, M.Si.(Han) turut hadir beserta jajaran Pejabat Eselon III dan IV Bakamla RI. Tidak hanya itu, kegiatan juga dihadiri oleh puluhan perwakilan instansi terkait keamanan dan keselamatan laut, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.
Editor: Herda

T#g:BakamlaLautNatuna
Berita Terkait
  • Sabtu, 15 Jan 2022 21:15

    Bakamla RI Beri Bantuan Medis ABK Kapal AS Positif Covid-19 di Perairan Natuna

    Sebuah kapal kargo dengan nama lambung MV. True Marine melaporkan salah satu ABK nya terpapar Covid-19 dan membutuhkan pertolongan di perairan Natuna, kemarin.

  • Jumat, 14 Jan 2022 05:14

    KPIML Bakamla RI Bentuk Kerja Sama Pertukaran Informasi dengan BNPT

    Kantor Pemantauan Informasi Marabahaya Laut (KPIML) Bakamla RI menerima kunjungan kerja Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT), di ruangan KPIML Lt. 5 Mabes Bakamla RI, Jl. Proklamasi No. 56, Menteng, Jakarta Pusat, kemarin.

  • Kamis, 13 Jan 2022 18:23

    Kepala Bakamla Bersama Mendagri, Wamenhan dan Gubernur Kepri Tinjau Karang Singa

    Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Wakil Menteri Pertahanan Letjen TNI M. Herindra dan Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad dengan menggunakan uns

  • Kamis, 13 Jan 2022 08:13

    Kontrak Operasional Kegiatan Bakamla RI di Tahun 2022 Ditandatangani

    Memulai lembaran baru di tahun 2022, Bakamla RI menyelenggarakan Penandatanganan Kontrak Bersama untuk Pengadaan Barang dan Jasa Bakamla RI Tahun Anggaran 2022, kemarin.

  • Rabu, 12 Jan 2022 21:42

    Pangdam Terima Audiensi dari Beberapa Pejabat Maluku

    Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon menerima kunjungan dan audiensi beberapa pejabat, di ruang kerja Pangdam, Makodam XVI/Pattimura, Rabu (12/01/2022).

  • Selasa, 11 Jan 2022 20:11

    Bersahabat Erat, Kepala Bakamla RI Terima Kunjungan Kasal Australia

    Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia menerima kunjungan kehormatan Australia Chief of Navy (Kasal Australia) Vice Admiral Michael Noonan di Markas Besar Bakamla RI, Jl. P

  • Senin, 10 Jan 2022 15:20

    SPKKL TBK Bakamla RI Evakuasi Korban Hilang Saat Cari Udang di Perairan Pulau Durai

    Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Tanjung Balai Karimun, Basarnas Karimun, Polair Karimun dan Pos TNI AL berhasil mengevakuasi korban hilang s

  • Kamis, 06 Jan 2022 13:36

    Nelayan Hilang Saat Cari Udang, SPKKL TBK Bakamla RI Lakukan Pencarian

    Personel Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Tanjung Balai Karimun Bakamla RI melaksanakan pencarian seorang nelayan yang dilaporkan hilang saat pergi untuk menangkap udang di per

  • Jumat, 31 Des 2021 21:01

    Semarakkan HUT ke-16, Bakamla RI Salurkan Bansos Korban Erupsi Semeru dan Percepatan Vaksinasi

    (Foto Humas Bakamla RI)Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) menyemarakkan hari jadinya ke-16 dengan menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat korban dampak erupsi gunung Semeru di Ka

  • Kamis, 30 Des 2021 21:00

    Bakamla RI Siagakan KN Belut Laut-406 Evakuasi Korban Kapal Karam Bawa PMI di Perairan Selangor

    KN Belut Laut-406Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) menyiagakan kapal patroli KN Belut Laut-406 untuk evakuasi korban kapal yang mengangkut 57 imigran ilegal asal Indonesia karam di p

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak