Sabtu, 26 Nov 2022 18:56
  • Home
  • Ragam
  • Bakamla RI dan BNPT Tegas Bersinergi Berantas Terorisme

Bakamla RI dan BNPT Tegas Bersinergi Berantas Terorisme

Jakarta (utamanews.com)
Oleh: Adimsi
Rabu, 22 Jun 2022 16:52
Humas Bakamla RI
Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia dan Komisaris Jenderal Polisi Dr. Boy Rafli Amar
Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komisaris Jenderal Polisi Dr. Boy Rafli Amar, M.H., menandatangani Nota Kesepahaman antara Bakamla RI dan BNPT RI dalam rangka mewujudkan sinergisitas pencegahan tindak pidana terorisme. Kegiatan berlangsung di Aula 2 Markas Besar Bakamla RI, Jakarta Pusat, kemarin.

Nota Kesepahaman ini bertujuan untuk menjadi landasan dalam melakukan kerja sama yang saling menunjang tugas dan fungsi kedua lembaga. Selain itu juga menunjukkan komitmen, intensitas, dan sinergi dalam upaya melakukan penanggulangan terorisme secara sistemik, menyeluruh dan integral.

Adapun ruang lingkup kerja sama yang disepakati, seperti pertukaran data dan informasi, penegakan hukum, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, peningkatan kapasitas dan kapabilitas, serta optimalisai pemanfaatan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh kedua lembaga.

Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia dalam sambutannya menjelaskan, bahwa Nota Kesepahaman ini merupakan bagian dari rencana pengembangan pelaksanaan tugas dan fungsi Bakamla RI. Sebagaimana diketahui, Republik Indonesia berada di titik strategis sebagai etalase keamanan negara. Sesuai dengan komitmen pemerintah, Bakamla RI berusaha untuk mewujudkan sinergitas dan mendukung tugas Kementerian dan Lembaga terkait dalam program keamanan dan keselamatan nasional, salah satunya dalam hal penanggulangan terorisme.

“Saya yakin, dengan adanya kerja sama ini, tidak hanya memperkuat upaya pengamanan wilayah perairan, namun juga peningkatan kapasitas pemangku kepentingan yang menangani pengelolaan penanggulangan terorisme yang semakin canggih”, tekan Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia.

Kepala BNPT juga menekankan dalam sambutannya, bahwa dalam rangka menjaga keamanan dan keselamatan bangsa dan negara, diperlukan langkah-langkah yang tepat dalam menyusun strategi penanggulangan terorisme yang komprehensif, salah satunya dengan bekerja sama dengan berbagai unsur terkait.

“Saya harap dengan adanya Nota Kesepahaman ini, kedepan kita bisa melaksanakan program-program kerja sama lainnya, baik antara kedua lembaga atau dengan unsur-unsur terkait lainnya. Karena yang terpenting adalah untuk dapat selalu hadir untuk melindungi bangsa dan negara dari segala jenis ancaman kejahatan, terutama terorisme”, jelas Kepala BNPT.

Kegiatan berlanjut dengan kunjungan ke Kantor Pusat Informasi Marabahaya Laut (KPIML) Bakamla RI.
Editor: Herda

T#g:bnptBoy Rafli AmarKa Bakamla
Berita Terkait
  • Rabu, 23 Nov 2022 23:33

    ASEAN Coast Guard Forum 2022 Hasilkan Deklarasi ASEAN CG

    Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia secara resmi menutup ASEAN Coast Guard Forum 2022 yang berlangsung selama dua hari di Legian Kuta Bali, Rabu (23/11/2022).

  • Jumat, 11 Nov 2022 19:41

    Bahas Hubungan FIR dan Keamanan Maritim, Kabakamla RI Beri Kuliah Umum di UNPAD

    Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia memberikan kuliah umum di hadapan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjajaran (UNPAD) di Gedung 3 Aula Tommy Koh - Mochtar Kusumaatmadja Fakultas Hukum UNPAD di Jatinangor, Kab. Sumedang, Jawa Barat, Jumat

  • Jumat, 04 Nov 2022 19:58

    Meriahkan Indo Defence 2022 Expo & Forum, Ka Bakamla RI Terima Courtesy Call Delegasi APMM dan RPM

    Bakamla RI meriahkan Indo Defence 2022 Expo & Forum di Hall C, JIEXPO kemayoran, Jakarta, Jumat (4/11/2022)

  • Minggu, 30 Okt 2022 08:30

    Kepala Bakamla RI Hadiri International Border Police Conference

    Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia menghadiri undangan Frontex dalam kegiatan International Border Police Conference yang diselenggarakan di Warsawa, Ibukota Polandia, Kemarin. 

  • Sabtu, 01 Okt 2022 12:41

    Operasi Gannet 6/22 Resmi Ditutup di Darwin

    Operasi bersama yang bertajuk Gannet 6/22 yang melibatkan Bakamla, KKP dan ABF resmi ditutup di Darwin, Australia, Kemarin. 

  • Komentar Pembaca

    Tentang Kami   Pedoman Media Siber   Disclaimer   Iklan   Karir   Kontak

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com
    PT. Oberlin Media Utama