Jumat, 29 Mar 2024 12:31
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones
iklanpudam

Edukasi dan bantu masyarakat terdampak DBD, Plt Wali Kota Pematang Siantar terjun langsung ke lapangan

Pematangsiantar (utamanews.com)

Oleh: LEP27

Jumat, 22 Jul 2022 13:32

Istimewa
Plt. Wali Kota Pematang Siantar dr. Susanti Dewayani, Sp.A menghadiri apel dalam rangka Gerakan Cepat Pemberantasan DBD dan Gotong Royong Di Kecamatan Siantar Marimbun, Halaman Gereja HKBP Jl.Bahkora II, Jum’at (22/07/2022).

Plt Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA dalam amanatnya sebagai Pembina Apel, menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Pematang Siantar berkolaborasi dengan masyarakat dalam pemberantasan Demam Berdarah Dengue (DBD).

"Kita ketahui sejak bulan Januari sampai hari ini trend kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) terus meningkat di Kota Pematang Siantar, hingga 21 Juli 2022 yang dirawat Demam Berdarah di rumah sakit sebanyak 11 orang. Penyakit Demam Berdarah kalau tidak kita tangani secara tuntas dan terlambat penanganannya akan menimbulkan dampak yang fatal yang bisa mengakibatkan kematian, penyakit demam berdarah disebabkan oleh virus yang ditularkan oleh nyamuk aedes aegypti. Artinya bahwa penyakit demam berdarah sangat berkaitan dengan keadaan lingkungan kita, sehingga seluruh lapisan masyarakat wajib menjaga lingkungan kita,” tuturnya.

dr Susanti Dewayani SpA juga dalam amanatnya mengatakan, Pemerintah Kota Pematang Siantar berkolaborasi bersama masyarakat dalam gerakan satu rumah satu juru pemantau jentik (Jumantik).

“Di dalam satu rumah ada satu orang pelopor untuk mengarahkan atau memberi motivasi di tiap-tiap keluarga untuk hidup sehat dan hidup bersih dengan menerapkan 3M Plus yaitu Menguras tempat penampungan air, Menutup tempat penampungan air, Mengubur barang bekas, dan Melipat baju-baju yang bergantungan, Menanam tanaman pengusir nyamuk (tanaman Serai dan Lavender). Menggunakan kelambu saat tidur, Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk dan Menaburkan bubuk larvasida atau abatesasi pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan,” ucap Plt Wali Kota Pematang Siantar.

dr Susanti Dewayani SpA juga menghimbau, pencegahan 3M Plus dapat kita lakukan di masing-masing keluarga kita, perilaku hidup sehat agar selalu dilaksanakan di setiap rumah tangga dengan cara berkelanjutan, karena penyakit demam berdarah tidak akan putus, dimana ada genangan air, akan ada kemungkinan jentik-jentik berkembang biak.

“Oleh karena itu Kota Pematang Siantar lagi musim hujan, gerakan 3M Plus harus semakin digalakkan di masing-masing rumah kita. Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Camat Siantar Marimbun beserta jajarannya dan juga terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada pejuang LISA yang selalu menggalakan kegiatan kebersihan, karena sampah tidak ada tamatnya, karena disitu ada kehidupan dan disitu ada sampah", ucapnya.

Sebelum mengakhiri sambutan Plt Wali Kota Pematangsiantar tersebut mengucapkan, terima kasih kepada seluruh jajaran Puskesmas yang telah berkontribusi serta berperan aktif dalam penanggulangan dan pencegahan DBD dan Covid-19. 

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada para Bapak/Ibu Kepala Puskesmas, saya mengajak kepada para Bapak/Ibu Kepala Puskesmas untuk memantau perkembangan demam berdarah dan Covid-19, saya juga meminta kepada para Bapak/Ibu Kepala Puskesmas untuk menggerakan anggotanya untuk lebih aktif lagi memantau penyakit menular seperti demam berdarah dan Covid-19, agar demam berdarah dan Covid-19 di Pematang Siantar akan semakin melandai (berkurang). Marilah kita bekerja sama untuk membangun Kota Pematang Siantar menuju Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas", tutup dr Susanti Dewayani SpA dalam amanatnya.

Usai Apel, dilanjutkan dengan pemberian bingkisan untuk masyarakat yang sedang dirawat oleh Plt Wali Kota Pematang Siantar kepada Seluruh Camat se-Kota Pematang Siantar.

dr Susanti Dewayani SpA juga melakukan kunjungan dan memberikan bantuan ke salah satu masyarakat yang bernama Hanna Rianti Situmorang di Huta Pisang yang sudah sembuh dari penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Plt Wali Kota Pematangsiantar pun mendatangi rumah-rumah penduduk Huta Pisang Jl.Bahkora II untuk memberikan edukasi langsung tentang perilaku hidup sehat dengan gerakan 3M Plus dan mengecek langsung tempat penampungan air di kamar mandi untuk melihat ada tidak jentik-jentik di penampungan airnya.

Tampak Hadir, Sekretaris Daerah Kota Pematang Siantar Budi Utari, AP., Para Staff Ahli dan Asisten, Para Pimpinan OPD Kota Pematang Siantar, Para Unsur Forkopimcam Siantar Marimbun, Para Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda Siantar Marimbun serta Para Masyarakat Siantar Marimbun.
Editor: Yudi Setyawan

T#g:DBDSusanti Dewayanidemam berdarah
makeup remover
Berita Terkait

tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️