Jumat, 30 Sep 2022 22:34
  • Home
  • Ragam
  • Edy Rahmayadi Minta Percepat Implementasi Produksi Minyak Makan Merah PPKS

Edy Rahmayadi Minta Percepat Implementasi Produksi Minyak Makan Merah PPKS

Medan (utamanews.com)
Oleh: Anji Prayoga
Kamis, 09 Jun 2022 17:29
Dinas Kominfo Provinsi Sumut/ Veri Ardian
Kunjungan kerja Teten Masduki di Kantor Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Medan, Jalan Brigjend Katamso Medan, Kamis (9/6/2022).
Edy Rahmayadi terkesan dengan inovasi minyak makan merah Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS). Dia meminta agar implementasi produksi minyak makan merah ini segera terealisasi.

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi tertarik karena PPKS bisa menghasilkan alat produksi sederhana minyak makan merah yang bisa digunakan koperasi, kelompok tani atau UMKM. Dengan begitu, petani tidak terlalu bergantung dengan pabrik-pabrik sawit besar.

“Melihat alatnya yang sederhana seperti itu, saya pun mau. Kita akan bahas, kita rencanakan. Jangan lama-lama, harus cepat ini apalagi saat ini minyak goreng mahal,” kata Edy Rahmayadi saat memberikan sambutan pada Kunjungan Kerja Menteri Koperasi dan UKM RI di PPKS Jalan Brigjen Katamso Nomor 51, Medan, Kamis (9/6).

Menurut Edy Rahmayadi, untuk mengembangkan ini dibutuhkan kerja sama yang kuat antara stakeholder, petani, koperasi dan UKM. Dia berharap minyak makan merah ini bisa meningkatkan nilai tukar petani dan gizi masyarakat.

“Dari penjelasan Kepala PPKS tadi, minyak ini lebih murah, gizinya lebih baik. Jadi, kalau kita implementasikan petani kita bisa lebih makmur dan masyarakat kita lebih sehat,” katanya.

Berdasarkan keterangan Kepala PPKS Edwin Syahputra Lubis, minyak makan merah ini kaya akan vitamin A dan zat lainnya yang dibutuhkan tubuh. Minyak goreng merah ini menurutnya juga bisa berkontribusi dalam menurunkan stunting di Sumut.

Bahkan, menurutnya, vitamin E dan karoten minyak makan merah lebih kaya dibandingkan minyak sawit merah komersil, minyak bunga matahari, minyak safflower, minyak jagung bahkan minyak zaitun.

“Karena kaya vitamin A, karoten, Vitamin E dan nutrisi lainnya yang sangat dibutuhkan bayi untuk tumbuh ini bisa berkontribusi mengurangi angka stunting. Produksinya tidak menggunakan bahan-bahan sintetis sehingga lebih rendah risiko, tetapi nutrisinya lebih banyak,” kata Edwin.

Sedangkan untuk alat produksinya, Edwin menjelaskan mampu memproduksi 50 Kg Minyak Makan Merah per jam, bahan bakunya berasal dari CPO benih unggul kelapa sawit (varietas PPKS). Bila dibandingkan dengan skala industri, menurutnya, harga minyak makan merah akan jauh lebih murah, karena proses produksinya lebih sederhana.

“Walau alat produksinya sederhana bukan berarti mengurangi mutu dan keamanan pangan. Soal bahan baku, di sini melimpah dan kami menjamin ketersediaan produk dan nutrisinya,” ungkap Edwin.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki mendukung pengimplementasian produksi minyak makan merah PPKS. Dengan harga yang terjangkau, kesejahteraan petani akan lebih terjaga menurut Teten.

“Kamerun dan Malaysia sudah duluan mengekspor ini, tetapi di sini soal kualitas sepertinya lebih unggul. Dan dengan harga yang lebih terjangkau, petani kita akan lebih sejahtera, petani tidak terlalu bergantung pada industri besar. Kita akan berbuat,” tegas Teten.

Pada pertemuan ini dilakukan Nota Kesepahaman antara stakeholder untuk mengembangkan minyak goreng merah termasuk kelompok tani, koperasi, UKM, BUMN dan Pemerintah. Penandatanganan Nota Kesepahaman ini disaksikan langsung Walikota Medan Bobby Afif Nasution, jajaran Kementerian Koperasi dan UKM serta OPD Pemprov Sumut.
Editor: Herda

T#g:minyak gorengMinyak goreng merahPPKSTeten Masduki
Berita Terkait
  • Sabtu, 24 Sep 2022 11:54

    Mendag Ungkap Pesan Jokowi Untuk Turunkan Harga Minyak Goreng

    Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengungkapkan pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menurunkan harga minyak goreng yang sempat melambung tinggi.

  • Selasa, 12 Jul 2022 21:12

    Zulhas Kampanye untuk Anak, Jokowi: Fokus Turunkan Minyak Goreng!

    Pernyataan tegas disampaikan Presiden Joko Widodo agar anak buahnya di Kabinet Indonesia Maju untuk fokus dalam bekerja.Hal itu dikatakan Jokowi menanggapi pertanyaan awak media soal adanya menteri si

  • Kamis, 07 Jul 2022 21:57

    Presiden RI Tinjau Inovasi Pengolahan Minyak Kelapa Sawit di Medan

    Presiden RI Joko Widodo didampingi Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meninjau proses pengolahan Crude Palm Oil (CPO), inovasi Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) di Jalan Brigjen Katamso,

  • Selasa, 28 Jun 2022 15:38

    Pemko Binjai Belum Terima Perintah Pelaksanaan Sosialisasi Perubahan Penjualan MGCR

    Hingga saat ini, Pemerintah Kota Binjai melalui Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Perdagangan (Disnaker Perindag) belum menerima perintah untuk melakukan sosialisasi dan transisi perubahan sistem p

  • Senin, 27 Jun 2022 15:47

    PKS Binjai Nilai Kebijakan Pemerintah Soal Minyak Goreng Curah Membingungkan

    Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan, sejak 27 Juni 2022, pihaknya akan memulai sosialisasi dan transisi perubahan sistem penjualan mi

  • Rabu, 15 Jun 2022 07:15

    Presiden Jokowi Cerita PM Negara Sahabat Minta Dikirimi Minyak Goreng

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) menceritakan bahwa dirinya baru-baru ini dihubungi oleh seorang perdana menteri negara sahabat yang meminta untuk dikirimi minyak goreng karena ketersediaan di negaranya

  • Selasa, 14 Jun 2022 01:14

    PKS Tolak Rencana Pemerintah Hapus Minyak Goreng Curah

    Anggota Komisi VII DPR RI fraksi PKS, Mulyanto, menolak wacana penghapusan minyak goreng (migor) curah yang disampaikan Menteri Kooordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandj

  • Jumat, 10 Jun 2022 18:20

    Polri Awasi 17 Ribu Pasar Pastikan Ketersediaan dan Harga Minyak Goreng Terjaga

    Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan pihaknya akan mengawasi ketersediaan dan harga minyak goreng jenis curah mulai dari tingkat produsen hingga ke pasar, sebagaimana arahan dari Presiden

  • Jumat, 10 Jun 2022 07:40

    Bobby Dampingi Menteri Koperasi dan UKM Tinjau Produksi Minyak Goreng Merah

    Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki dan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meninjau proses produksi minyak goreng merah di Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) M

  • Jumat, 03 Jun 2022 16:53

    Jaga Ketersediaan dan Kestabilan Harga Minyak Goreng, Pangdam Pattimura Perintahkan Sidak Pasar

    Menindaklanjuti Perintah Kasad, Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon, Kamis (2/6/2022), memerintahkan jajaran Kodam XVI/Pattimura untuk melaksanakan si

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak