Selasa, 06 Des 2022 05:32
  • Home
  • Ragam
  • Gebyar UMKM Pematang Siantar Raih Rekor MURI, Wali Kota Apresiasi Dinas dan Masyarakat yang Terlibat

Gebyar UMKM Pematang Siantar Raih Rekor MURI, Wali Kota Apresiasi Dinas dan Masyarakat yang Terlibat

Pematang Siantar (utamanews.com)
Oleh: LEP27
Kamis, 24 Nov 2022 18:44
Istimewa
Gebyar UMKM yang melakukan rangkaian kegiatan meraih Rekor Muri Marumpasa Bahasa Simalungun serta berpakaian Adat Simalungun
Wali Kota Pematang Siantar dr. Susanti Dewayani, Sp.A bersama Ketua Dekranasda Kota Pematang Siantar H.K Erizal Ginting, SH dan Para Forkopimda Plus Pematang Siantar menghadiri sekaligus menyaksikan Gebyar UMKM yang melakukan rangkaian kegiatan meraih Rekor Muri Marumpasa Bahasa Simalungun serta berpakaian Adat Simalungun di Lapangan H. Adam Malik Pematang Siantar, Kamis, (24/11/2022).
Pemerintah Kota Pematang Siantar memecahkan Rekor Muri Marumpasa Simalungun dengan memakai baju Adat Simalungun, Kamis (24/11/2022)
Laporan Kegiatan Ketua Panitia Laporan Dra. Elpiana Turnip, MM menyampaikan, “Puji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan yang Maha Kuasa pada hari ini telah memberi kita kesehatan dan kelapangan waktu hingga kita dapat berkumpul ditempat ini pada acara kegiatan promoslpemasaran dan peningkatan penggunaan produk dalam negeri (Gebyar UMKM) Kota Pematang Siantar Tahun 2022. Maksud dan Tujuan yakni untuk Memperluas dan Memperkuat jaringan kerjasama, mendorong kebangkitan Ekonomi melalui kreatifitas dan daya saing UMKM, membentuk UMKM Tangguh Serta mendorong UMKM naik kelas dengan Go Digital."

Kemudian, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Pematang Sianțar H Kusma Erizal Ginting SH.
“Kegiatan Gebyar UMKM Kota Pematang Siantar Tahun 2022 merupakan ruang bagi pelaku UMKM di Delapan Kecamatan se-Kota Pematang Siantar, serta kegiatan untuk mendukung UMKM naik kelas yang berdaya saing tinggi, dan tampil percaya diri menghadapi persaingan yang semakin kompetitif di tingkat nasional maupun global, dengan tujuan membangun atmosfir untuk mencintai produk lokal (UMKM),” terang Erizal Ginting yang juga Ketua TP-PKK Pematang Siantar.

Lanjut, H. K Erizal Ginting SH menyampaikan bahwa, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Pematang Sianțar bersama Bank Indonesia terus berupaya agar UMKM tetap produktif secara rutin terus melakukan sosialisasi terkait produk kerajinan UMKM, baik melalui media cetak maupun elektronik.

“Gebyar UMKM ini diharapkan dapat menjadi penyemangat UMKM agar lebih giat dan bergairah lagi. Serta dapat menciptakan pasar yang lebih besar guna mendorong perekonomian daerah dan nasional,” ungkap H Kusma Erizal Ginting SH yang juga berharap agar para pelaku UMKM dapat memanfaatkan kesempatan baik ini. Serta pelaku UMKM dapat terus menjaga kualitas produknya masing-masing, tanpa meninggalkan ciri khas yang dimiliki Kota Pematang Sintar. "Mari gunakan produk UMKM. Semoga akan lahir tokoh-tokoh UMKM dari Kota Pematang Siantar," kata Erizal seraya mengatakan, saat itu ia mengenakan sepatu produk UMKM.
Pak Munandar Kepala Perwakilan BI Pematang Siantar menyampaikan bahwa, Kota Pematang Siantar harus menjadi Patron kemajuan UMKM & IKM yang menjadi stimulus Produktivitas serta Distribusi pada bagian Lokal dan secara Nasional.

“Saya menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Pematang Siantar, karna pada beberapa minggu lalu menerima Lencana Pembina Siddhakarya langsung oleh Bapak Gubernur Sumatera Utara dan saya berharap Ibu Wali Kota dr Susanti Dewayani SpA dan Bapak Erizal Ginting selalu support dan membina UMKM dan IKM untuk naik kelas,” ujarnya.

Wali Kota Pematang Siantar dr. Susanti Dewayani, Sp.A mengamanatkan dalam sambutannya, Gebyar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Pematang Siantar Tahun 2022 merupakan Ajang Kegiatan promosi, pemasaran dan peningkatan penggunaan produk dalam negeri kota Pematang Siantar.

“Kegiatan Gebyar UMKM dapat terlaksana hari ini berkat dukungan dan usaha yang telah dilakukan oleh semua Stakeholder terkait, juga berkat doa-doa kita semua sehingga apa yang telah kita rencanakan dapat kita laksanakan. Perkenankan terlebih dahulu saya mengucapkan terimakasih kepada panitia pelaksana Gebyar UMKM, Stakeholder terkait terkhusus Kepala Bank Indonesia dan Perbankan lainnya yang telah dengan ikhlas memberikan dukungannya, juga BUMN, BUMD yang ada di Kota Pematang Siantar yang telah memberi partisipasinya sehingga Gebyar UMKM yang dirangkai pemecahan rekor muri marumpasa simalungun terbanyak dapat kita laksanakan,” terang Wali Kota Pematang Siantar.
Pemerintah Kota Pematang Siantar memecahkan Rekor Muri Marumpasa Simalungun dengan memakai baju Adat Simalungun di Lapangan H. Adam Malik juga menjadi stimulus untuk mencintai budaya sekaligus melestarikannya. 

dr Susanti Dewayani SpA pun berharap, “acara ini bukan seremonial semata, tetapi maknanya adalah menggelorakan meyakinkan masyarakat di Kota Pematang Siantar untuk mencintai produk-produk dalam negeri, dalam konteks ini produk unggulan umkm dan ikm Kota Pematang Siantar. Adanya Gebyar UMKM dan pemecahan rekor muri marumpasa simalungun, diharapkan akan menambah semangat kita terlebih lebih para pelaku UMKM dan IKM untuk meningkatkan kinerja kita dari apa yang telah kita kerjakan selama ini,” tukas Wali Kota Siantar.

Ekonomi Kreatif adalah masa depan, dr Susanti Dewayani SpA mengajak secara bersama-sama agar berupaya semaksimal mungkin dengan bergandeng tangan antara Pemerintah Kota, Pelaku UMKM, Perbankan dan Stakeholder lainnya untuk menciptakan produk produk unggulan kreatif yang sangat potensial yang dapat berkompetisi secara global, perspektif kebudayaan dan kearifan lokal yang tersebar di wilayah Kota Pematang Siantar.

dr Susanti Dewayani SpA juga mengungkapkan, “Bahwa Pemko Pematang Siantar mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para Perusahaan dan pelaku UMKM dan IKM serta kepala kantor perwakilan bank indonesia pematang siantar, sehingga Pemerintah Kota Pematang Siantar pada hari selasa tanggal 15 november 2022 telah menerima lencana Produktivitas Siddhakarya atas kepedulian membina dan mendorong kemajuan produktivitas perusahaan dan umkm yang diberikan langsung oleh Gubernur Sumatera Utara Bapak Edy Rahmayadi di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur. 

Hal ini merupakan hasil sinergitas, soliditas, kerja keras kita bersama, sehingga dapat berdampak kepada peningkatan dan kekuatan ekonomi masyarakat Kota Pematang Siantar,” terang Wali Kota Pematang Siantar.
Sebelum menutup amanatnya, dr Susanti Dewayani SpA pun berharap, “moment Gebyar UMKM dapat menambah wadah tempat promosi, pemasaran dan peningkatan hasil produk unggulan UMKM Kota Pematang Siantar, serta dapat meningkatkan kegiatan-kegiatan pembinaan yang menunjang kualitas pelaku usaha, mengingat kompetisi di era globalisasi dewasa ini, menuntut agar produksi yang dihasilkan oleh UMKM dan IKM memiliki daya saing yang kuat, sehingga dapat merebut pangsa pasar yang ada, baik lokal maupun global. Semoga UMKM dan IKM Kota Pematang Siantar tetap dapat berkarya untuk memajukan usaha kreatif yang memajukan serta dapat meningkatkan Kesejahteraan masyarakat Kota Pematang Siantar dan demi mewujudkan Kota Pematang Siantar yang Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas demi Pematang Siantar Bangkit dan Maju,” pungkasnya.

Acara ini dihadiri 1.848 Siswa/i SMP dan SMA yang melalukan marumpasa (berbalas pantun) dalam bahasa Simalungun, Marimpasa Simalungun antara perempuan dan laki-laki yang diikuti seluruh Jajaran Pemko Pematang Siantar dan Masyarakat.

Turut Hadir, Danyonif 122/TS Anthony Tri Wibowo, Perwakilan DPRD Pematang Siantar, Perwakilan Pengadilan Negeri Pematang Siantar, Perwakilan Kepala Kejaksaan Negeri Pematang Siantar, Perwakilan Danrindam I/BB, Perwakilan Dandim 0207/S, Perwakilan Kapolres Kota Pematang Siantar, DanDenpom I/I Junilham Sitorus, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kota Pematang Siantar Teuku Munandar, Kepala Bank Sumut Cabang Pematang Siantar Suhardi Sembiring, Pemimpin BUMN & BUMD se-Kota Pematang Siantar, Plt Kadiskoperindag Herbert Aruan, Para Kepala OPD Pemko Pematang Siantar, Para Kepala Bagian Setdako Pematang Siantar, Para Camat se-Kota Pematang Siantar, Para Tamu dan Undangan lainnya.
Editor: Yudi Setyawan

T#g:Pematang SiantarSimalungunRekor MURI
Berita Terkait
  • Senin, 05 Des 2022 13:55

    Kapolda Sumut: Selamat Natal 2022

    Kapolda Sumut Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak MSi, melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan pastoran dan aula paroki di Gereja Khatolik Paroki St Antonius Padua, di Kecamatan Tiga Dolo

  • Minggu, 04 Des 2022 21:24

    Edy Rahmayadi Ingin Jadikan Tanah Simalungun Sentra Hortikultura Sumut

    Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengajak warga Simalungun yang di perantaun untuk mendorong terwujudnya Kabupaten Simalungun sebagai sentra hortikultura di Sumut dan menjadi penyumbang terbesar dan pendorong logistik di Sumut.

  • Minggu, 04 Des 2022 20:54

    Edy Rahmayadi Berjanji Bantu Pembangunan Pastoran dan Aula Gereja Paroki

    Edy Rahmayadi menghadiri perayaan Ekaristi dan peletakan batu pertama pembangunan Pastoran dan Aula Paroki Gereja Katolik Paroki St Antonius Padua Tiga Dolok, Kecamatan Dolok Panribuan, Simalungun.

  • Sabtu, 03 Des 2022 15:43

    Resmikan Media Centre Kominfo, Wali Kota Pematang Siantar ajak Insan Pers Bersinergi dan Berkolaborasi

    Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar resmi memiliki ruang media center di kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Jalan WR Supratman Kelurahan Proklamasi Kecamatan Siantar Barat. Rua

  • Sabtu, 03 Des 2022 00:33

    Wali Kota Pematang Siantar Terima DIPA dan Daftar Alokasi TKDD dari Gubernur Sumatera Utara

    Wali Kota Pematang Siantar dr. Susanti Dewayani SpA terima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun 2023 yang diserahkan langsung oleh

  • Komentar Pembaca

    Tentang Kami   Pedoman Media Siber   Disclaimer   Iklan   Karir   Kontak

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com
    PT. Oberlin Media Utama