Kamis, 26 Mei 2022 08:34
  • Home
  • Ragam
  • Gubernur Edy Rahmayadi Buka Jambore Kader Dasawisma PKK

Gubernur Edy Rahmayadi Buka Jambore Kader Dasawisma PKK

Medan (utamanews.com)
Oleh: Andri Hasyim
Kamis, 04 Nov 2021 11:04
Dinas Kominfo Provinsi Sumut/ Veri Ardian
Edy Rahmayadi membuka kegiatan Jambore Kader Dasawisma PKK tingkat Provinsi bagi Kabupaten/Kota di Hotel Emerald Garden, Jalan KL Yos Sudarso Medan, Rabu (3/11) sore.
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi membuka kegiatan Jambore Kader Dasawisma PKK tingkat Provinsi bagi Kabupaten/Kota di Hotel Emerald Garden, Jalan KL Yos Sudarso Medan, Rabu (3/11) sore.

Acara yang diisi dengan berbagai perlombaan bagi kaum ibu ini, mengambil tema 'Kader Cerdik, PKK Gemilang' yang diikuti ratusan peserta dari setiap daerah.

Hadir dalam kegiatan pembukaan tersebut, Ketua TP-PKK Sumut Nawal Lubis, Wakil Ketua I TP-PKK Sumut selaku Ketua Panitia Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah, para dewan juri, pengurus serta para peserta lomba. Turut mendampingi di antaranya Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumut Suherman.

Dalam pidatonya, Gubernur menyampaikan bagaimana sebuah keberhasilan harus diraih dengan kerja keras. Sebagaimana yang diikuti para ibu mewakili Kabupaten/Kota dengan menjadi peserta lomba di Jambore Dasawisma tersebut. Adapun beberapa jenis perlombaan di antaranya Yel-yel dan Tiktok Dasawisma, lomba bercerita, lomba penyuluhan, menyanyi, pengisian buku dasawisma, fashion show serta tes umum pengetahun Dasawisma dan PKK.

"Zaman dahulu, nenek kita sudah berinovasi menciptakan berbagai macam makanan yang sampai sekarang masih tetap ada. Seperti Ombus-ombus, dari saya masih kecil sampai sekarang tetap ada. Makanya inovasi mereka zaman dahulu sebenarnya lebih (baik) dari kita," ujar Edy Rahmayadi.

Inovasi dari kaum ibu, lanjut Edy, dimaksudkan agar bagaimana rumah menjadi nyaman sebagai tempat tinggal dan bernaung. Dengan kenyamanan, maka biasanya akan sejalan dengan kesejahteraan, karena ada dukungan secara fisik maupun psikologis untuk mendapatkan kehidupan yang bahagia.

"Peran seorang isteri itu bisa menjadikan orang lain (keluarga) menjadi nyaman. Seperti perlombaan ini, menuntut agar peserta memberikan yang terbaik, dengan berinovasi dan bisa bermanfaat bagi masyarakat," pungkas Gubernur.

Sementara Ketua TP-PKK Sumut Nawal Lubis menyebutkan bahwa kegiatan Jambore merupakan momen penting, selain silaturahmi juga menjadi wadah mengukir prestasi dan kebolehan. Juga mengukur keunggulan yang dimiliki dalam memenuhi tanggungjawab sebagai kader PKK. Karena itu pada untuk tahun ini, acara tersebut secara khusus dipersembahkan untuk kader Dasawisma, sebagai kelompok terkecil namun terbesar jumlahnya.

"Tentu Dasawisma sebagai ujung tombak harus mendapatkan perhatian yang besar, dan juga pembinaan yang baik. Sehingga daya guna kelompok dasawisma dapat maksimal serta berhasilguna demi kesejahteraan keluarga. Karena sumber daya PKK bermula dari kelompok Dasawima, terutama menyongsong penerapan sistem informasi manajemen PKK atau SIMPKK berbasis digital, yang menuntut kemempuan para kader dalam hal informasi," jelas Nawal.

Wakil Ketua I TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah selaku Ketua Panitia Jambore Kader PKK Dasawisma Sumut saat menyampaikan laporan kegiatan mengatakan, jambore ini dilaksanakan sebagai upaya mempersiapkan kader yang handal, cerdik dan berbakat.

"Alhamdulillah, kegiatan ini akhirnya terselenggara setelah melalui proses yang cukup panjang dan penuh tantangan dikarenakan kondisi negara yang masih dalam masa pandemi. Kegiatan ini tentunya untuk mempersiapkan kader Dasawisma yang handal, cerdik dan berbakat," ujar Sri Ayu Mihari.

Acara pembukaan Jambore Kader Dasawisma (PKK) 2021 se-Sumut ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. Berlangsung selama tiga hari, mulai 3-5 November 2021, dimana pemenang akan diumumkan sebelum acara penutupan di hari terakhir.
Editor: Herda

T#g:PKK
Berita Terkait
  • Kamis, 19 Mei 2022 20:39

    Peran Kaum Perempuan Penting Bagi Keluarga & Lingkungan Sosial

    Tidak hanya sekadar diperingati, Hari Kartini juga diharapkan dapat dimaknai dengan mengimplementasikan peran kaum perempuan dalam kehidupan sehari-hari. Selain bagi kemajuan diri sendiri, perempuan j

  • Kamis, 19 Mei 2022 10:29

    TP PKK Pesawaran Lampung Kunjungi Ketua TP PKK Medan

    Suasana kekeluargaan begitu terasa ketika Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu M Bobby Afif Nasution menyambut kedatangan Ketua TP PKK Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung Ny Nanda Indira Dendi di

  • Jumat, 13 Mei 2022 15:43

    SPKKL Bali Bakamla RI Tingkatkan Koordinasi Stakeholder Terkait

    Guna memperat komunikasi dan pertukaran informasi keamanan dan keselamatan laut, SPKKL Bali Bakamla RI melaksanakan koordinasi dengan Pangkalan PSDKP Benoa dan Kantor Distrik Navigasi Kelas II Benoa K

  • Jumat, 13 Mei 2022 06:13

    Ketua TP PKK Kecamatan diingatkan semakin bertanggungjawab & dukung program Pemko Medan

    Semakin bertanggungjawab dalam menjalankan tugas, terutama suksesnya 10 Program Pokok PKK menjadi hal penting yang disampaikan Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu M Bobby Afif Nasution saat melant

  • Jumat, 06 Mei 2022 19:26

    Bakamla RI Amankan Jalur Mudik di Perairan Karangasem Bali

    Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Bali Bakamla RI melalui unsur patroli RHIB 87-04 menggelar operasi keamanan dan keselamatan laut bagi para pemudik dan pengguna laut di hari ra

  • Sabtu, 23 Apr 2022 16:23

    SPKKL Manembo Nembo Bakamla RI Tingkatkan Koordinasi Stakeholder Terkait

    Stasiun Bumi dan SPKKL Manembo-Nembo Bakamla RI melaksanakan koordinasi dengan sembilan stakeholder guna pererat komunikasi dan pertukaran informasi keamanan dan keselamatan laut.Kunjungan kerja yang

  • Rabu, 20 Apr 2022 20:30

    PKK Binjai Gelar Kegiatan Pembinaan Pola Asuh Anak

    Ketua I TP. PKK Kota Binjai, Winda Widya SE, menghadiri pembinaan Kelurahan pelaksana terbaik Pola Asuh Anak Remaja (PAAR) Tingkat Kota Binjai Tahun 2022, di Kelurahan Setia, Kecamatan Binjai Kota, Ra

  • Senin, 18 Apr 2022 14:48

    Nawal Lubis Bantu Guru Diduga Menderita Kanker Payudara Menjalani Pengobatan Medis

    Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis membantu pengobatan guru yang diduga menderita kanker payudara. Bersama Yayasan Kanker Indonesia (YKI)

  • Jumat, 08 Apr 2022 18:38

    Pererat Silaturahmi, TP PKK Kota Medan Gelar Pengajian Bersama

    Guna mempererat silaturahmi dengan para kadernya, TP PKK Kota Medan menggelar pengajian Ramadhan 1443 H di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota, Jalan Sudirman Medan, Jum’at (8/4/2022) pagi. Selai

  • Rabu, 30 Mar 2022 21:30

    Tim Evaluasi PKK Provinsi Laksanakan Penilaian Lomba Desa Binaan Kategori Lingkungan Bersih di Paluta

    Tim Evaluasi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Sumatera Utara melakukan kunjungan ke Desa Sibagasi, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara dalam rangka melakukan penilai

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak