Minggu, 19 Mei 2024 10:11
busana muslimah

Hasil evaluasi pejabat Pemko Binjai tidak dibuka ke publik

Binjai (utamanews.com)

Oleh: Ahmad Aqil

Kamis, 21 Des 2023 14:41

Istimewa
Kantor Walikota Binjai
flash sale baju bayi
Hasil evaluasi terhadap 7 pejabat eselon ll di jajaran Pemerintah Kota (Pemko) Binjai, ternyata tidak akan diumumkan secara luas ke publik. Hal tersebut disampaikan Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Uji Kompetensi Eka Edi Saputra, saat dikonfirmasi awak media, Selasa (19/12) kemarin.

"Hasil uji kompetensi merupakan bagian penilaian kinerja dan evaluasi JPT (Jabatan Pimpinan Tinggi). Hal ini tidak dipublikasikan ke publik, namun merupakan Hak Prerogatif Walikota selaku Pejabat Pembina Kepegawaian," jelas Eka.

Pria yang menjabat Kepala Inspektorat Kota Binjai ini juga menyebutkan, evaluasi yang dilakukan merupakan hal rutin setiap tahunnya. Namun untuk tahun 2023 ini, masih 7 pejabat yang dilakukan evaluasi.

"Untuk tahun depan akan dilakukan pada pejabat pimpinan tinggi lainnya yang belum dilakukan evaluasi atas izin KASN (komisi aparatur sipil negara)," beber Eka.

Disinggung pejabat lain tidak dilakukan evaluasi seperti Kepala Dinas Perhubungan yang belakangan mencuat masalah ke publik, Eka menjawab diplomatis. "Pada prinsipnya ini bagian dari upaya Pemerintah Kota sehingga evaluasi berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku," jawab Eka. 

"Uji kompetensi pada dasarnya dapat menghasilkan tiga rekomendasi. Yakni, seperti untuk tetap pada jabatan, rotasi, atau mutasi pada JPT lainnya atau disebut demosi," sambungnya. 

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Amas Mansyur Siregar, yang disebut sebut merupakan salah seorang di antara pejabat yang dilakukan evaluasi oleh orang nomor satu di lingkungan Pemko Binjai mengaku tidak masalah bila Walikota Binjai melakukan evaluasi.

Pun begitu, pria yang akrab disapa Alex ini menegaskan jika dirinya telah mengirimkan berkas persyaratan ke Sekretariat Pansel.

"Biasa saja, cemana lagi, memang per dua tahun harus dievaluasi. Ya saya ikut. Kalau pun didemosi, ya terima saja, itu hak pimpinan, tidak ada masalah," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, santer berhembus kabar, ada 7 pejabat eselon ll di jajaran Pemko Binjai yang dilakukan evaluasi oleh Walikota Binjai, Drs. H. Amir Hamzah MAP. Sebab mereka disebut sebut atau disinyalir tidak loyal lagi kepada orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kota Binjai tersebut. 

Hal ini lazim terjadi jelang pemilihan Kepala Daerah yang diwacanakan untuk Kota Binjai yang jatuh pada September hingga November 2024 mendatang. Karenanya, diduga ada unsur politis di balik evaluasi tersebut.

Menurut informasi yang berhasil dirangkum awak media, ketujuh jabatan yang akan dilakukan evaluasi tersebut, yakni Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Djoelham, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika serta Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Pun begitu, ketujuh jabatan yang dievaluasi tersebut belakangan ini tidak ada permasalahan yang mencuat ke publik.

Namun tidak untuk Kepala Dinas Perhubungan Kota Binjai yang selamat dari evaluasi tersebut. Padahal belakangan ini mencuat keluhan masyarakat tentang parkir hingga adanya aksi demontrasi ke Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Binjai.

Bahkan, Seksi Intelijen Kejari Binjai disebut-sebut juga sudah melakukan penyelidikan usai menerima massa aksi. Dalam orasi massa pendemo, dikatakan adanya kebocoran pendapatan asli daerah dari retribusi parkir yang dikelola Dishub Binjai. 

Selain Dishub, permasalahan lain terjadi pada Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah. Instansi yang mengurusi keuangan Pemko Binjai ini selamat dari evaluasi, meski utang proyek fisik tahun anggaran 2022 juga disebut sebut masih belum terbayarkan kepada rekanan. Ini menunjukkan pengelolaan keuangan yang diduga amburadul.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Binjai, Rahmad Fauzi Salim, membenarkan adanya evaluasi tersebut, dan sudah diumumkan dalam pengumuman nomor: 01/UKOM/PANSEL/XII/2023 tentang uji kompetensi jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemko Binjai tahun 2023. 

"Ya, evaluasi rutin," ucap pria yang akrab disapa Fauzi ini, Senin (18/12). 

Evaluasi yang dilakukan sebut Fauzi, atas perintah langsung dari Walikota Binjai. Dalam pengumuman tertulis, pejabat yang mendapat evaluasi harus segera melengkapi sejumlah persyaratan dan dilampirkan pada map kuning, paling telat Senin (11/12), serta diantar ke Sekretariat Pansel, Kantor BKPSDM Kota Binjai, Jalan WR Mongonsidi, Kecamatan Binjai Kota. 

Bagi pejabat yang tidak mengirimkan berkas sampai batas akhir penerimaan, dinyatakan mengundurkan diri dari jabatannya. Setelah ini, para pejabat yang terdampak evaluasi melewati sejumlah tahapan, mulai dari uji kompetensi bidang, rekam jejak dan wawancara. 

Fauzi menyebutkan, hasil uji kompetensi dapat membuat pejabat tersebut aman atau bahkan turun dari jabatannya.

"Hasil uji kompetensi bisa digunakan untuk tetap di jabatan tersebut, rotasi atau demosi," ungkap Fauzi.

Dirinya juga menegaskan, pengumuman uji kompetensi yang diketuai Kepala Inspektorat, Eka Edi Saputra dengan Sekretaris Prof Hasyim Purba, bukan melakukan lelang jabatan. "Seleksi terbuka (lelang jabatan) hanya dilakukan untuk jabatan yang kosong," kata Fauzi, seraya mengatakan, hasil evaluasi yang dilakukan oleh panitia seleksi, keluar pada Selasa (19/12). 

Disoal hasil, Fauzi mengarahkan untuk konfirmasi kepada Pansel Uji Kompetensi. "Hasil dimiliki oleh Pansel untuk selanjutkan dijadikan laporan ke Pak Wali selaku pejabat pembina kepegawaian," demikian pungkas Fauzi.
Editor: Herda

T#g:Pejabat Binjaidemosi
glazed
Berita Terkait
  • Senin, 18 Des 2023 16:18

    Isi evaluasi pejabat berhembus di Pemko Binjai

    Santer berhembus kabar, ada 7 pejabat eselon ll di jajaran Pemko Binjai yang dilakukan evaluasi oleh Walikota Binjai, Drs. H. Amir Hamzah MAP. Sebab mereka disebut sebut atau disinyalir tidak loyal la


Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones
girl underwear 1 girl underwear 2 girl underwear 3 girl underwear 4
tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️