Rabu, 19 Jan 2022 08:30
  • Home
  • Ragam
  • Kadisdik Ilyas: Tes urine bukan mencari-cari kesalahan, melainkan deteksi dini pembinaan ASN Guru

Kadisdik Ilyas: Tes urine bukan mencari-cari kesalahan, melainkan deteksi dini pembinaan ASN Guru

Batubara (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Rabu, 01 Des 2021 20:01
Istimewa
Dinas Pendidikan Batubara bersama Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) mengelar Tes Urine.

Tujuan dari tes urine ini bukan untuk mencari kesalahan, tapi menjadi bagian dari pembinaan ASN dalam rangka deteksi dini penyahgunaan narkotika dan obat-obat terlarang.

Hal tersebut disampaikan Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP melalui Kadisdik Ilyas saat menghadiri pelaksanaan tes urine di SMPN 2 Medang Deras Kabupaten Batubara, Rabu (1/12/2021).

Menurutnya, tes urine dilakukan hari ini murni berupa pengawasan reguler yang dilakukan sesuai dengan perintah Bupati Batubara sebagai tindaklanjut Inpres Nomor 2 tahun 2020 tentang Rencana Aksi P4GN. 

"Jadi Ini hal yang sangat positif karena kalau membicarakan pendidikan yang berkarakter harus dimulai dari guru dulu", kata Mantan Karo Humas Pemprovsu Ilyas Sitorus.

Ilyas mengatakan, terkait penggunaan narkoba dikalangan guru, kemungkinan pontensi penggunaannya pasti ada.

"Saya kira bukan hanya dikalangan guru saja, semua kalangan ada. Hanya bagaimana caranya agar para guru ini tidak terjerumus pada penyalahgunaan narkoba", katanya. 

Tetapi sejauh ini, lanjutnya, pihaknya belum menemukan ada satu atau dua orang oknum guru yang terlibat narkoba, khususnya di Kabupaten Batubara.

Terbukti hari ini, 147 guru di lokasi UPTD SMPN 2 Medang Deras semua hasilnya negatif, alhamdulillah ungkap Ilyas. 

Ia juga mengatakan, data tes urine ini, nantinya akan ditindaklanjuti dengan assesment oleh pihak Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Batubara dibawah Pimpinan AKBP Zainuddin SAg SH dan akan diuji secara spesifik. 

"Kita dengan BNNK sudah ada kesepahaman semua masuk ranah hukuman disiplin. Jadi, jika nanti dari hasil assessment ada ASN yang menunjukan perlu diberikan hukuman disiplin, pihaknya akan memberikan hukuman seperti hukuman ringan, sedang dan berat, atau pemberhentian dari ASN", katanya.

Makanya beliau selalu berpesan pada ASN di lingkungan Pemkab Batubara agar menghindari dan tidak mendekati Narkoba, apalagi mencoba mengkomsumsinya. 

Saya tidak akan segan-segan untuk membebas tugaskan, bahkan memberhentikan sebagai ASN, ujar Ilyas menirukan ucapan Bupati yang selalu disampaikan dalam banyak kesempatan terkait ASN yang terlibat Narkoba. 

Sementara, Kepala BNNK Batubara AKBP Zainuddin S.Ag SH, yang diwakili Muhammad Hendro, Kasi Rehabilitasi BNNK Batubara mengatakan, dalam upaya untuk meminimalisir penanggulangan narkoba, BNNK tidak hanya menggunakan pendekatan demand reduction melalui rehabilitasi, pencegahan, dan pemberdayaan masyarakat, tetapi juga menggunakan pendekatan yaitu supply reduction, dengan sasaran bandar dan pengedar. 

Lebih lanjut Hendro mengatakan kegiatan ini merupakan dalam rangka penguatan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN), sebagaimana diatur dalam Inpres No 2 tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN. 

Selain Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus, hadir dalam kesempatan tersebut Ka BNNK Batu Bara diwakili Kasi Rehabilitasi BNN M Hendro, Ka UPTD SMPN2 Medang Deras Frans Raja Gukguk, Bantuan Hukum Pemkab Batu Bara A Yani SH, K3S se-Kabupaten Batubara, Kepala sekolah dan dewan Guru Kecamatan Medan Deras, Sei Suka, Laut Tador serta awak media cetak, Online dan elektronik.
Editor: Budi

T#g:BNNK BatubaraGuruTest Urine
Berita Terkait
  • Senin, 10 Jan 2022 17:20

    Edy Rahmayadi Ajak APTISI Berkolaborasi Untuk Kemajuan Pendidikan

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengajak Pengurus Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah I Sumut, berkolaborasi bersama dengan pemerintah untuk berbuat yang terbaik demi kemajuan dunia pendidikan di daerah ini.

  • Sabtu, 01 Jan 2022 12:31

    Ilyas: Uji Kompetensi Bagi TPD Memastikan Pemahaman Terhadap Kinerja

    Dinas Pendidikan melakukan penilaian melalui asesmen yang hasilnya diharapkan mampu memberikan suatu harapan atau paling tidak dapat mempertunjukkan hasil yang berkaitan dengan pengetahuan dan keteram

  • Selasa, 28 Des 2021 15:38

    Polres Binjai Tes Urine 15 Supir Bus Antar Kota di Terminal

    Polres Binjai melaksanakan tes urine terhadap para Supir Bus antar lintas Kota di Terminal Bus Binjai, Jalan Ikan Paus, Kecamatan Binjai Timur, Selasa (28/12). Dalam kegiatan ini, Polres Binjai b

  • Jumat, 24 Des 2021 19:04

    Gubernur Imbau Jemaah Haul Tuan Guru Besilam Selalu Taati Prokes

    Edy Rahmayadi bersilaturahmi ke Kampung Religi Besilam di Padang Tualang, Langkat, Jumat (24/12/2021). (Foto Dinas Kominfo Provinsi Sumut/ Veri Ardian)Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayad

  • Rabu, 22 Des 2021 10:51

    Cerdaskan Anak Bangsa, Prajurit Satgas Yonif 126/KC Mengajar Di Perbatasan

    Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Yonif 126/Kala Cakti mendukung pemerintah daerah untuk mencerdaskan generasi muda Papua dengan menjadi tenaga guru bantu mengajar siswa SD YPPK Yuruf di perbatasan d

  • Minggu, 19 Des 2021 06:19

    Edy Rahmayadi: Sumut Butuh Guru Besar

    Edy Rahmayadi menghadiri acara Pengukuhan Guru Besar, Prof. Dr. Agussani, M.AP yang merupakan Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Sabtu (18/12/2021). (Foto Dinas Kominfo Provin

  • Sabtu, 18 Des 2021 17:58

    Satgas Kodim Maluku Batalyon Arhanud 11/WBY Didik Anak-anak Putus Sekolah

    Dalam rangka mencerdaskan anak Bangsa, anggota Pos Koramil Tuhaha Satgas Kodim Maluku Batalyon Arhanud 11/WBY, berinisiatif mengajar anak-anak putus sekolah di Pos, Desa Tuhaha, Kecamatan Saparua Timu

  • Kamis, 16 Des 2021 12:26

    Kodim 0210/TU Gelar Sosialisasi P4GN dan Tes Urin Personel, Ditemukan Bebas Narkoba

    Kodim 0210/TU menggelar sosialisasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), bagi personel jajaran Kodim 0210/TU dilanjutkan test urin di aula Makodim (markas kodim)

  • Selasa, 07 Des 2021 22:37

    Tes Urine Pastikan Ratusan Tenaga Kontrak Banpol Pamong Praja Bersih Narkoba

    Pelaksanaan test urine bagi tenaga kontrak Satpol PP, Selasa (7/12/2021). (Foto Dinas Kominfo Provinsi Sumut)Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sumatera Utara (Sumut) bekerja sama dengan Bada

  • Selasa, 07 Des 2021 15:57

    Satgas Pamtas Yonif 126/KC Menjadi Tenaga Pengajar Di Wilayah Perbatasan RI-PNG

    Satgas Pamtas Yonif 126/KC khususnya Pos Waris untuk turut mendidik anak-anak di daerah binaannya. (Foto Satgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti)Personel Pos Waris Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/KC me

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak