Jumat, 30 Sep 2022 23:16
  • Home
  • Ragam
  • Lapas Kelas llA Binjai sudah buka layanan kunjungan tatap muka WBP secara terbatas

Lapas Kelas llA Binjai sudah buka layanan kunjungan tatap muka WBP secara terbatas

Binjai (utamanews.com)
Oleh: Ahmad Aqil
Selasa, 12 Jul 2022 17:02
Istimewa
Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Binjai bersama Personil dari Polda Sumut, juga melakukan vaksinasi Covid-19 kepada warga binaannya
Surat Edaran dari Dirjen Pemasyarakatan dengan nomor SE PAS-12.HH.01.02 Tahun 2022, terkait penyesuaian mekanisme layanan kunjungan secara tatap muka dan kegiatan pembinaan yang melibatkan pihak luar, disambut baik oleh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). 

Bahkan, Plt. Kalapas Kelas llA Binjai, Sahata Marlen Situngkir, juga telah mensosialisasikan syarat dan ketentuan layanan kunjungan tatap muka secara terbatas tersebut yang sudah dibuka mulai Senin (4/7) lalu. 

Diakui Sahata Marlen Situngkir, Surat Edaran dari Dirjen Pemasyarakatan ini disambut dengan gembira oleh para WBP Lapas Binjai dan masyarakat. Sebab kurang lebih 2 tahun tidak bisa bertatap muka dikarenakan pandemi Covid-19. 

"Benar, untuk kunjungan tatap muka bagi WBP Lapas Kelas IIA Binjai sudah berjalan selama delapan hari," ungkapnya, Selasa (12/7). 

Sahata Marlen Situngkir juga menambahkan, dalam kunjungan tatap muka ini, pihaknya juga masih tetap memberlakukan Protokol Kesehatan dan sejumlah pembatasan.

"Pengunjung yang dikhususkan yaitu bagi keluarga inti WBP atau napi yang telah menerima vaksin ketiga yang dibuktikan dengan aplikasi PeduliLindungi atau sertifikat vaksin.

"Bagi pengunjung yang belum menerima vaksin secara lengkap, wajib menunjukkan rapid/swab antigen dengan hasil negatif, atau surat keterangan tidak dapat menerima vaksin karena alasan kesehatan dari dokter instansi pemerintah,” pungkas Plt. Kalapas Binjai. 

Lebih lanjut dikatakan Sahata Marlen Situngkir, pihaknya melalui Humas Lapas Binjai juga telah mewawancarai beberapa warga binaan dan mengaku sangat senang dengan adanya tatap muka walau secara terbatas. 

"Mereka mengaku sangat senang karena telah dibuka layanan kunjungan tatap muka ini. Dengan begitu mereka bisa melepas rindu, mengobrol dan bertemu dengan keluarganya setelah kurang lebih 2 tahun tidak bisa bertemu secara langsung," ucap Sahata Marlen Situngkir.

Di hari yang sama, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Binjai bersama Personil dari Polda Sumut, juga melakukan vaksinasi Covid-19 kepada warga binaannya. 

Adapun vaksinasi yang diikuti oleh para Narapidana/Warga Binaan dan Pegawai adalah dosis pertama, kedua dan ketiga.

Dalam kegiatan tersebut, Sahata Marlen Situngkir mengatakan bahwa pihaknya atasnama keluarga besar Lapas Kelas IIA Binjai, mengapresiasi sekaligus mengucapkan terima kasih kepada pihak Polda Sumut yang telah berkontribusi besar untuk mensukseskan pelayanan program vaksinasi nasional bagi masyarakat, khususnya bagi warga binaan di Lapas Binjai.

“Adapun tujuan vaksinasi ini untuk memberikan perlindungan dan mengantisipasi terhadap penyebaran virus Covid-19 bagi Tahanan dan Narapidana yang berada di dalam Lapas Kelas IIA Binjai serta petugas," bebernya. 

Kegiatan ini menurut Sahata Marlen Situngkir merupakan komitmen untuk menjalin kerjasama dan koordinasi lintas sektor di daerah, sekaligus sebagai ikhtiar Lapas dalam mencegah penyebaran virus corona di Blok Hunian maupun di Lapas Binjai secara keseluruhan. 

"Untuk hari ini terdata Vaksin Ke 1, 2 dan 3 yang dilakukan oleh WBP Lapas Kelas llA Binjai diantaranya, Vaksin 1 sebanyak 4 orang, Vaksin 2 sebanyak 79 orang dan Vaksin 3 sebanyak 86 orang," kata Plt. Kalapas Binjai, seraya menambahkan, dalam vaksinasi ini, sebanyak 4 orang Petugas Lapas Kelas IIA Binjai juga mengikuti vaksinasi dosis 3. 
Editor: Herda

T#g:boosterLapas BinjaiWBP
Berita Terkait
  • Minggu, 25 Sep 2022 12:25

    Satuan Pengamanan Lapas Kelas IIA Binjai Tingkatkan Deteksi Dini

    Lagi lagi, guna menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan Blok Hunian Warga Binaan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Binjai, terkhususnya Satuan Pengamanan, kembali melakukan Deteksi Dini

  • Kamis, 22 Sep 2022 22:32

    Ninja Xpress Seller Booster Dorong Percepatan Laju Pemulihan Ekonomi UKM

    Ninja Xpress memperkenalkan layanan Ninja Xpress Seller Booster untuk membantu UKM dalam setiap tahap pertumbuhan bisnis mereka.

  • Selasa, 13 Sep 2022 12:13

    Lapas Binjai Perkuat Pengamanan dengan Metal Detector

    Pengamanan dan komunikasi merupakan salah satu hal yang utama harus dilakukan oleh pejabat struktural atau pegawai di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

  • Minggu, 11 Sep 2022 13:21

    26.446 Tenaga kesehatan di Sumut sudah terima vaksin booster tahap dua

    Catatan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, sebanyak 26.446 orang atau 37,22 persen dari 93.508 sasaran tenaga kesehatan di daerah ini telah divaksinasi COVID-19 booster kedua atau dosis keempat

  • Kamis, 01 Sep 2022 14:31

    KPLP Kelas llA Binjai geledah barang bawaan keluarga warga binaan, cegah masuknya barang terlarang

    Guna mencegah masuknya barang barang terlarang, petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas llA Binjai yang beralamat di Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Limau Mungkur, Kecamatan Binjai Barat, terus me

  • Rabu, 17 Agu 2022 11:17

    HUT Kemerdekaan RI Ke-77, Wakil Walikota Serahkan Surat Remisi Bagi 1.357 WBP Lapas Binjai

    Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77, Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham) memberikan remisi umum kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang telah me

  • Sabtu, 13 Agu 2022 13:10

    Meriahkan HUT RI 77, Lapas Kelas IIA Binjai gelar berbagai perlombaan tradisional

    Berbagai kegiatan dan perlombaan dilakukan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Binjai Kanwil Kemenkumham Sumut dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke- 7

  • Sabtu, 06 Agu 2022 17:06

    Lapas Binjai lakukan upaya mediasi atas pemberitaan negatif yang beredar di masyarakat

    Plt. Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Binjai, Sahata Marlen Situngkir, sebelumnya menanggapi dengan serius terkait berita negatif anggotanya yang beredar di masyarakat dengan membentu

  • Sabtu, 06 Agu 2022 07:06

    Kick Off Vaksinasi Covid 19, Pemprov Sumut Targetkan 93.508 Nakes Vaksin Booster ke-2

    Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) melalui Dinas Kesehatan Sumut menargetkan 93.508 Tenaga Kesehatan (Nakes) di Sumut mendapat Vaksinasi Covid-19 dosis keempat atau booster ke-2. Hal

  • Jumat, 05 Agu 2022 12:15

    Lapas Binjai Tunggu Laporan Resmi Baru Bisa Usulkan Sanksi Untuk SN, Kasus Dugaan Ingkar Janji Menikah

    Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Registrasi Lembaga Pemasyarakatan Kelas llA Binjai, Darno Nasution, membenarkan bahwa SN (oknum Lapas Binjai yang diduga telah merenggut keperawanan seorang gadis remaja) me

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak