Sabtu, 26 Nov 2022 19:57
  • Home
  • Ragam
  • Nawal Lubis Temukan Keluarga Kurang Mampu Belum Masuk DTKS

Nawal Lubis Temukan Keluarga Kurang Mampu Belum Masuk DTKS

Deliserdang (utamanews.com)
Oleh: Joni
Selasa, 09 Agu 2022 18:09
(DISKOMINFO SUMUT)
Nawal Lubis mengunjungi dan memberikan bantuan kepada dua anak nelayan pengidap hydrocephalus dan lumpuh, di Desa Palu Sibaji, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deliserdang, Selasa (9/8).
Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis mengunjungi dua anak nelayan di Desa Palu Sibaji, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deliserdang, Selasa (9/8).

Dua anak dari keluarga kurang mampu ini adalah Iksan Hambali (10 bulan) bayi pengidap hydrocephalus dan Riski Soliwa (10 tahun) lumpuh akibat mengalami pembekuan darah di kepala.

Iksan Hambali, putra pertama pasangan Ramlan dan Iptinuroh, telah mengidap hydrocephalus (penumpukan cairan di rongga otak sehingga meningkatkan tekanan pada otak) sejak lahir. Sedangkan Riski Soliwa, putra pertama pasangan Solihin dan Wirda, menderita pendarahan dalam kepala akibat terbentur pada usia delapan tahun. Trauma tersebut mengakibatkan anak tersebut mengalami kebutaan dan lumpuh secara bertahap.

Dua keluarga yang tergolong kurang mampu tersebut ternyata belum terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Padahal, DTKS merupakan sumber data utama pemerintah dalam menetapkan sasaran bagi program pemberian bantuan perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan.

Prihatin atas kondisi tersebut, Nawal berharap, dinas terkait dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) segera membantu dua keluarga ini, agar masuk dalam daftar DTKS. Sehingga bisa mendapatkan berbagai program bantuan sosial dari pemerintah pusat, agar terbantu dalam memenuhi kebutuhan hidup serta pengobatan untuk Iksan dan Riski.

Nawal yang didampingi Kepala Dinas Sosial Basarin Yunus Tanjung, juga memberikan semangat dan meminta keluarga tetap melakukan upaya terbaik untuk merawat kedua anak tersebut. Sebab, menurut Nawal, cobaan yang dialami kedua keluarga adalah kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa, dan harus dijalani dengan bijaksana.

"Tetap sabar dan berserah kepada Allah. Kita harus tetap upayakan yang terbaik. Jangan putus asa, karena semua ini atas atas kehendak-Nya,” ujar Nawal, sambil menyerahkan bantuan berupa bingkisan dan sejumlah uang untuk membantu meringankan perawatan kedua anak tersebut.

Nawal juga meminta keluarga untuk tidak berhenti memberikan pengobatan dengan terus memeriksakan kesehatan kedua anak tersebut, dan memberikan makanan bergizi, serta asupan vitamin agar kondisi fisiknya tidak semakin buruk.

“Jangan berhenti memeriksa kesehatannya. Tetap berikan makanan dan tambahan vitamin yang cukup”, ujar Nawal yang juga meminta kedua pasangan orang tua tersebut untuk tetap menjaga kesehatan, agar mampu merawat anak-anaknya.

Mendapat perhatian dari Ketua YKI Sumut, Iptinuroh menyampaikan terima kasih dan bersyukur atas bantuan yang diterimanya. Demikian pula Wirda, ibu dari Riski Soliwa menyampaikan hal yang sama. Sebab menurutnya, mereka sangat membutuhkan bantuan dari berbagai pihak untuk terus memberikan perawatan bagi anaknya.

“Terima kasih kepada Ibu Nawal yang sudah datang mengunjungi anak kami. Kami keluarga nelayan kecil. Sangat berharap uluran tangan seperti ini untuk membantu kami,” ujar Wirda.

Kepala Dinas Sosial Basarin Yunus Tanjung menyampaikan kedua keluarga tersebut memang belum masuk dalam DTKS, sebagai instrumen untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah. Karena itu, pihaknya juga akan membantu agar segera terdaftar.

“Kita sudah cek. Ternyata mereka belum terdaftar dalam DTKS. Kita akan bantu. Harapannya dengan bantuan yang diterima dari Pemerintah, kedua keluarga dapat diringankan bebannya,” pungkas Basarin Yunus Tanjung.
Editor: Herda

T#g:DTKSPantai LabuhydrocephalusLumpuh
Berita Terkait
  • Kamis, 13 Okt 2022 20:13

    Pj Wako Tebing Tinggi Kunjungi Alifah, Bocah Penderita Kelumpuhan Saraf Otak

    Pj Wali Kota Tebingtinggi, Muhammad Dimiyathi bersama Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Sumut, ‌Ny. Nawal Edy Rahmayadi diwakili Sekretaris YKI Provsu Zahra, mengunjungi Sentiyah Alifah (7), bocah malang penderita penyakit Kelumpuhan Saraf.

  • Selasa, 27 Sep 2022 15:47

    Sekda Binjai Pimpin Rapat Evaluasi Verifikasi dan Validasi DTKS Penyaluran Bantuan Bagi Masyarakat

    Rapat Evaluasi Kegiatan Verifikasi dan Validasi DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) digelar di Aula Dinas Sosial Kota Binjai yang beralamat di Jalan Gatot Subroto, Binjai Barat, Selasa (27/9).

  • Minggu, 21 Agu 2022 12:01

    DPW KSBN Sumut Dikukuhkan di Pasar Kamu, Hendardji Soepandji Apresiasi Ide Ijeck

    Dewan Pimpinan Wilayah Komite Seni Budaya Nusantara (DPW KSBN) Sumatera Utara (Sumut) akhirnya dikukuhkan. Pengukuhan ini sangat menarik perhatian karena diadakan di Pasar Kamu (Pekan Sarapan Karya An

  • Kamis, 11 Agu 2022 18:41

    Baskami Ginting: Banyak Warga Tidak Paham Soal BPJS dan PKH

    Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting, mengatakan dirinya menerima banyak aspirasi saat pelaksanaan reses bulan Juli 2022 lalu. Pada kunjungan tersebut, kata Baskami, para warga banyak menya

  • Selasa, 10 Mei 2022 09:20

    Bobby Nasution Tambah Kuota Kepesertaan BPJS Sebanyak 100 Ribu

    Wali Kota Medan, Bobby Nasution terus berupaya mempercepat pencapaian Universal Health Coverage (UHC). Ditargetkan pada 2024 seluruh warga Medan mendapatkan pelayanan kesehatan atau berobat hanya deng

  • Komentar Pembaca

    Tentang Kami   Pedoman Media Siber   Disclaimer   Iklan   Karir   Kontak

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com
    PT. Oberlin Media Utama