Kamis, 26 Mei 2022 09:27
  • Home
  • Ragam
  • Pemkab Sergai Gelar Pelatihan dan Pembinaan Dasawiswa PKK

Pemkab Sergai Gelar Pelatihan dan Pembinaan Dasawiswa PKK

Sergai (utamanews.com)
Oleh: Erick Yoma
Jumat, 03 Des 2021 18:23
Istimewa
Sebagai upaya dalam memberikan pembekalan, pengetahuan dan keterampilan untuk meningkatkan peran kader kelompok dalam menyikapi perkembangan informasi dan teknologi, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar kegiatan Pelatihan dan Pembinaan Kader Dasawisma PKK di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Jumat (3/12/2021). 

Dalam sambutannya, Bupati Sergai H. Darma Wijaya melalui Sekdakab H. M. Faisal Hasrimy, AP. M.AP menyampaikan bahwa kehadiran kelompok Dasawisma diharapkan dapat membantu menyukseskan vaksinasi di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat sehingga masyarakat yang divaksin mencapai 70% dan akan meningkatkan herd immunity. 

Kader Dasawisma merupakan kekuatan dan garda terdepan Kabupaten Tanah Bertuah negeri Beradat, karena ibu-ibu merupakan orang-orang terdepan dalam mengayomi masyarakat di desa dan lingkungan masing-masing, katanya.

"Saya sangat mengharapkan kerjasama para Kader Dasawisma yang ada di seluruh desa se-Kabupaten Sergai untuk mengajak masyarakat agar melaksanakan vaksinasi. Karena dengan vaksinasi akan meningkatkan kekebalan komunal," katanya.  

Ia berharap dengan kegiatan ini, para Kader Dasawisma dapat lebih meningkatkan kemampuan dan kinerja masing-masing di desa serta mendukung visi dan misi Kabupaten Sergai yang Maju Terus, harapnya. 

Sementara itu Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya menyampaikan jika ilmu yang didapatkan dalam kegiatan ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga mampu mencapai visi misi kabupaten. 

Lebih lanjut disampaikannya, kesejahteraan suatu bangsa dimulai dari kesehatan keluarga yang merupakan salah satu sasaran pembangunan yang utama. Oleh karenanya, kita semua yang tergabung dalam organisasi PKK harus mampu meningkatkan peran di tengah masyarakat baik sebagai motivator maupun komunikator kepada masyarakat. 

Hj Rosmaida mengutarakan jika tujuan kegiatan ini adalah untuk membantu tugas pokok TP PKK Desa dan Kelurahan sebagai kelompok terkecil dari PKK yang memiliki peran strategis dalam mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera. 

Selain itu, katanya lagi, PKK merupakan ujung tombak terdepan dalam pelaksanaan berbagai kegiatan yang berhubungan langsung dengan keluarga dan lingkungan. 

Dengan demikian, kelompok Dasawisma merupakan motor penggerak pelaksanaan 10 program pokok PKK untuk mewujudkan keluarga yang sehat sejahtera lahir dan batin.

Ketua TP PKK Sergai menambahkan, jika kita melihat di lapangan, masih ada yang menunjukkan adanya kelompok Dasawisma yang belum dapat melaksanakan tugas dan fungsinya.

"Diharapkan kader-kader Dasawisma akan semakin mudah berkordinasi dalam suatu jaringan sehingga program-program PKK maupun yang melibatkan PKK dapat berjalan tepat, cepat dan akurat dalam menghimpun, mencatat, mengolah, menggandakan serta menurunkan data sebagai informasi dari tingkat bawah hingga ke tingkat pusat," pungkasnya. 

Sebelumnya Ketua DWP Sergai Ny Uke Retno Faisal Hasrimy dalam laporannya mengatakan kegiatan ini juga bertujuan agar Kader Dasawisma mampu menata kelembagaan kelompok Dasawisma, kemudian terbinanya Kader Dasawisma dalam pelaksanaan 10 Program Pokok PKK. Terakhir agar kader mampu dalam pengelolaan data kegiatan administrasi kelompok Dasawisma.

Kegiatan ini dilaksanakan selama sehari, bertempat di Aula Sultan Serdang dan Aula Dinas Pendidikan dengan peserta sebanyak 243 orang, tutupnya. 

Hadir juga dalam kegiatan, Asisten Pemum dan Kesra Hj Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si, OPD terkait, Narasumber Penggerak PKK Sumut, serta para Kader Dasawisma se-Kabupaten Sergai.
Editor: Yaya

T#g:PKKsergai
Berita Terkait
  • Jumat, 20 Mei 2022 21:20

    Sergai Launching Inovasi Kepiting 3M dari Dinas Kelautan dan Perikanan

    Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya melalui Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, me-launching Inovasi “Kepiting 3 M” dari Dinas Perikanan dan K

  • Kamis, 19 Mei 2022 20:39

    Peran Kaum Perempuan Penting Bagi Keluarga & Lingkungan Sosial

    Tidak hanya sekadar diperingati, Hari Kartini juga diharapkan dapat dimaknai dengan mengimplementasikan peran kaum perempuan dalam kehidupan sehari-hari. Selain bagi kemajuan diri sendiri, perempuan j

  • Kamis, 19 Mei 2022 10:29

    TP PKK Pesawaran Lampung Kunjungi Ketua TP PKK Medan

    Suasana kekeluargaan begitu terasa ketika Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu M Bobby Afif Nasution menyambut kedatangan Ketua TP PKK Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung Ny Nanda Indira Dendi di

  • Jumat, 13 Mei 2022 15:43

    SPKKL Bali Bakamla RI Tingkatkan Koordinasi Stakeholder Terkait

    Guna memperat komunikasi dan pertukaran informasi keamanan dan keselamatan laut, SPKKL Bali Bakamla RI melaksanakan koordinasi dengan Pangkalan PSDKP Benoa dan Kantor Distrik Navigasi Kelas II Benoa K

  • Jumat, 13 Mei 2022 06:13

    Ketua TP PKK Kecamatan diingatkan semakin bertanggungjawab & dukung program Pemko Medan

    Semakin bertanggungjawab dalam menjalankan tugas, terutama suksesnya 10 Program Pokok PKK menjadi hal penting yang disampaikan Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu M Bobby Afif Nasution saat melant

  • Jumat, 06 Mei 2022 19:26

    Bakamla RI Amankan Jalur Mudik di Perairan Karangasem Bali

    Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Bali Bakamla RI melalui unsur patroli RHIB 87-04 menggelar operasi keamanan dan keselamatan laut bagi para pemudik dan pengguna laut di hari ra

  • Minggu, 01 Mei 2022 06:21

    SAPMA Pemuda Pancasila Salurkan 2 Ton Beras untuk 1.000 Anak Yatim di Sergai

    Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila Sumatera Utara (MPW PP Sumut) melalui Satuan Pelajar dan Mahasiswa (Sapma) PP Sumut, menyalurkan bantuan berupa 2 ton beras kepada 1.000 anak yatim di Pantai

  • Kamis, 28 Apr 2022 16:48

    Perduli Warga, Wartawan JUPS Bagikan Sembako Kepada Warga Sei Rejo

    Sebanyak 35 zak beras disalurkan kepada warga Sei Rejo Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Sergai oleh 2 orang Jurnalis Unit Polres Sergai, hari Rabu (27/4).Adapun kegiatan pembagian beras tersebut sebagai

  • Sabtu, 23 Apr 2022 16:23

    SPKKL Manembo Nembo Bakamla RI Tingkatkan Koordinasi Stakeholder Terkait

    Stasiun Bumi dan SPKKL Manembo-Nembo Bakamla RI melaksanakan koordinasi dengan sembilan stakeholder guna pererat komunikasi dan pertukaran informasi keamanan dan keselamatan laut.Kunjungan kerja yang

  • Jumat, 22 Apr 2022 21:42

    BIN Daerah Sumut - Pemkab Sergai Gelar Vaksinasi di Masjid Jami Al Mukhlisin Tebing Syahbandar

    Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sumut bersama dengan Pemkab Sergai melakukan vaksinasi di halaman Mesjid Jami Al Mukhlisin Dusun I Desa Penggalangan Kecamatan Tebing Syahbandar Kabupaten Serdang

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak