Rabu, 19 Jan 2022 07:38
  • Home
  • Ragam
  • Rakernis Evaluasi Strategi Kamla Perbatasan Laut Andaman dan Timor

Bakamla RI Gelar

Rakernis Evaluasi Strategi Kamla Perbatasan Laut Andaman dan Timor

Jakarta (utamanews.com)
Oleh: Mario Abdillah
Jumat, 26 Nov 2021 19:56
Laksma Bakamla Joko Sutrisno

Posisi Geografis Indonesia yang sangat strategis bagi alur pelayaran dunia dan berpotensi adanya sejumlah ancaman keamanan laut baik bersifat Aktual maupun Potensial yang dapat mengganggu stabilitas keamanan nasional.

Berkaitan dengan hal tersebut, Direktorat Strategi Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Evaluasi Strategi Keamanan Laut yang dilaksanakan melalui daring dan luring di Jakarta Pusat, kemarin.

Kepala Bakamla RI  Laksamana Madya TNI Dr. Aan Kurnia secara resmi membuka Rakernis yang diwakilkan Direktur Strategi Bakamla RI Laksma Bakamla Joko Sutrisno. M.Si (Han) selaku Plh Deputi Kebijakan dan Strategi dengan tema "Sinergitas dan Kolaborasi Pengelolaan Keamanan dan Keselamatan Laut pada Wilayah Perbatasan Indonesia di Laut Andaman serta Laut Timor".

Dalam sambutannya Direktur Strategi mengatakan ancaman keamanan laut sebagaimana dimaksud akan bertambah buruk apabila kondisi stabilitas keamanan di kawasan terganggu, sehingga ancaman keamanan laut yang dihadapi Indonesia mengalami peningkatan Kompleksitas.

Oleh sebab itu, stabilitas keamanan laut Indonesia sangat dipengaruhi kondisi stabilitas keamanan di laut Andaman dan laut Timor.

Menurut Laksma Bakamla Joko, secara geografis laut Andaman merupakan wilayah laut yang menjadi bagian dari Samudera Hindia yang berbatasan dengan beberapa negara Asia seperti India dan Thailand.

Selain memiliki nilai strategi bagi Indonesia, laut Andaman juga memiliki potensi ancaman yang dapat mengganggu stabilitas keamanan laut Indonesia. Sedangkan laut Timor secara geografis adalah kawasan laut yang merupakan bagian dari Samudera Hindia. Laut Timor berbatasan dengan Timor Leste, Laut Arafuru, dan Negara Australia.

Pada bagian lain Laksma Bakamla Joko juga mengatakan, beberapa potensi ancaman keamanan yang dapat membahayakan stabilitas keamanan nasional Indonesia melalui laut Andaman dan laut Timor antara lain terkait dengan imigran ilegal, peredaran narkotika dari kawasan segitiga emas (Golden Triangle) maupun penyelundupan komoditas tertentu dari negara-negara tetangga.

"Kehadiran Bakamla tidak serta merta mengesampingkan atau menjadikan tugas dan kewenangan instansi lain yang berkepentingan di laut, tetapi Bakamla hadir sebagai garda terdepan untuk mensinergikan, menstimulus sekaligus menjadi dinamisator seluruh stakeholder yang bertanggung jawab dalam keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia," jelas Laksma Bakamla Joko menutup sambutannya.

Dalam perhelatan ini tampak hadir Narasumber dari Badan Narkotika Nasional (BNN) RI Eko Hardiyanto, S.Kom yang menjelaskan tentang Jalur Penyelundupan Melalui Laut dan Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI Douglas Armando Andreas Simamora yang menjelaskan tentang Potensi Ancaman People Smuggling.

Editor: Herda

T#g:BakamlaLaut
Berita Terkait
  • Sabtu, 15 Jan 2022 21:15

    Bakamla RI Beri Bantuan Medis ABK Kapal AS Positif Covid-19 di Perairan Natuna

    Sebuah kapal kargo dengan nama lambung MV. True Marine melaporkan salah satu ABK nya terpapar Covid-19 dan membutuhkan pertolongan di perairan Natuna, kemarin.

  • Jumat, 14 Jan 2022 05:14

    KPIML Bakamla RI Bentuk Kerja Sama Pertukaran Informasi dengan BNPT

    Kantor Pemantauan Informasi Marabahaya Laut (KPIML) Bakamla RI menerima kunjungan kerja Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT), di ruangan KPIML Lt. 5 Mabes Bakamla RI, Jl. Proklamasi No. 56, Menteng, Jakarta Pusat, kemarin.

  • Kamis, 13 Jan 2022 18:23

    Kepala Bakamla Bersama Mendagri, Wamenhan dan Gubernur Kepri Tinjau Karang Singa

    Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Wakil Menteri Pertahanan Letjen TNI M. Herindra dan Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad dengan menggunakan uns

  • Kamis, 13 Jan 2022 08:13

    Kontrak Operasional Kegiatan Bakamla RI di Tahun 2022 Ditandatangani

    Memulai lembaran baru di tahun 2022, Bakamla RI menyelenggarakan Penandatanganan Kontrak Bersama untuk Pengadaan Barang dan Jasa Bakamla RI Tahun Anggaran 2022, kemarin.

  • Rabu, 12 Jan 2022 21:42

    Pangdam Terima Audiensi dari Beberapa Pejabat Maluku

    Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon menerima kunjungan dan audiensi beberapa pejabat, di ruang kerja Pangdam, Makodam XVI/Pattimura, Rabu (12/01/2022).

  • Selasa, 11 Jan 2022 20:11

    Bersahabat Erat, Kepala Bakamla RI Terima Kunjungan Kasal Australia

    Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia menerima kunjungan kehormatan Australia Chief of Navy (Kasal Australia) Vice Admiral Michael Noonan di Markas Besar Bakamla RI, Jl. P

  • Senin, 10 Jan 2022 15:20

    SPKKL TBK Bakamla RI Evakuasi Korban Hilang Saat Cari Udang di Perairan Pulau Durai

    Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Tanjung Balai Karimun, Basarnas Karimun, Polair Karimun dan Pos TNI AL berhasil mengevakuasi korban hilang s

  • Kamis, 06 Jan 2022 13:36

    Nelayan Hilang Saat Cari Udang, SPKKL TBK Bakamla RI Lakukan Pencarian

    Personel Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Tanjung Balai Karimun Bakamla RI melaksanakan pencarian seorang nelayan yang dilaporkan hilang saat pergi untuk menangkap udang di per

  • Jumat, 31 Des 2021 21:01

    Semarakkan HUT ke-16, Bakamla RI Salurkan Bansos Korban Erupsi Semeru dan Percepatan Vaksinasi

    (Foto Humas Bakamla RI)Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) menyemarakkan hari jadinya ke-16 dengan menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat korban dampak erupsi gunung Semeru di Ka

  • Kamis, 30 Des 2021 21:00

    Bakamla RI Siagakan KN Belut Laut-406 Evakuasi Korban Kapal Karam Bawa PMI di Perairan Selangor

    KN Belut Laut-406Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) menyiagakan kapal patroli KN Belut Laut-406 untuk evakuasi korban kapal yang mengangkut 57 imigran ilegal asal Indonesia karam di p

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak