Selasa, 06 Des 2022 04:24
  • Home
  • Ragam
  • Sampaikan Duka Cita, Presiden Kunjungi Pemukiman Terdampak Gempa di Cianjur

Sampaikan Duka Cita, Presiden Kunjungi Pemukiman Terdampak Gempa di Cianjur

Cianjur (utamanews.com)
Oleh: Dian
Selasa, 22 Nov 2022 15:02
(Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)
Presiden Jokowi saat meninjau langsung lokasi terdampak gempa bumi di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jabar, Selasa (22/11/2022).
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung lokasi terdampak gempa bumi di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat pada Selasa (22/11/2022).

Lokasi pertama yang ditinjau Presiden adalah jalan raya Cibeureum, penghubung wilayah Bogor-Cianjur di Kecamatan Cugenang yang sempat tertimbun longsor, namun kini telah dapat dilalui kendaraan.

Dalam keterangannya usai peninjauan, Kepala Negara menyampaikan ucapan duka cita atas musibah gempa bumi yang melanda Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, pada Senin (21/11/2022) kemarin.
“Pertama-tama atas nama pribadi, atas nama pemerintah, saya ingin menyampaikan dukacita yang mendalam, belasungkawa atas terjadinya musibah gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat,” ucap Presiden.

Presiden menegaskan bahwa ia telah menginstruksikan jajarannya untuk bekerja sama dalam membantu penanganan pascagempa bumi yang terjadi di Kabupaten Cianjur. Mulai dari pembukaan akses yang terkena longsor hingga evakuasi dan penyelamatan korban-korban yang masih tertimbun longsor.

“Akses jalan yang kemarin tertimbun, tadi pagi sudah bisa dibuka, alhamdulillah. Dan ini nanti akan dilanjutkan dengan kecepatan dalam penanganan terutama penyelamatan evakuasi untuk yang masih tertimbun,” ungkapnya.
Selain itu, Presiden juga memastikan bahwa pemerintah akan memberikan bantuan kepada warga yang rumahnya terdampak gempa bumi. Bantuan tersebut terdiri atas Rp50 juta untuk rumah yang mengalami kerusakan berat, Rp25 juta untuk rumah yang mengalami kerusakan sedang, dan Rp10 juta untuk rumah yang mengalami kerusakan ringan.

“Tetapi yang paling penting adalah pembangunan rumah-rumah yang terkena gempa bumi ini diwajibkan untuk memakai standar-standar bangunan yang anti gempa oleh Menteri PUPR. Karena tadi disampaikan oleh BMKG bahwa gempa ini adalah gempa 20 tahunan, sehingga pembangunan rumahnya kita arahkan untuk rumah yang anti gempa,” ujar Presiden.

Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan tersebut adalah Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Bupati Cianjur Herman Suherman.
Editor: Budi

Sumber: Setkab RI

T#g:CugenangGempa Cianjur
Berita Terkait
  • Senin, 05 Des 2022 16:45

    Jokowi Tinjau Progres Pembangunan Rumah Tahan Gempa di Cianjur

    Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung progres pembangunan rumah tahan gempa di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, pada Senin (05/12/2022).

  • Senin, 28 Nov 2022 09:28

    Distribusikan Bantuan untuk Korban Gempa di Daerah Pelosok, Polri Gunakan Motor Trail

    Kepolisian Republik Indonesia (Polri) terus berupaya membantu mengirimkan bantuan untuk korban gempa bumi Cianjur, Jawa Barat. Bersama masyarakat serta komunitas motor trail, Polri mengirimkan bantuan

  • Minggu, 27 Nov 2022 20:57

    Lion Air Group Peduli Warga Terdampak Gempa Bumi di Cianjur

    Lion Air Group melalui Lion Air Care, sebagai unit yang fokus pada kegiatan dan program sosial, menyampaikan informasi dari pelaksanaan peduli kepada sesama dan lingkungan sekitar.

  • Minggu, 27 Nov 2022 10:27

    Edy Rahmayadi dan Ulama di Sumut Doakan Korban Gempa Cianjur

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmyadi bersama para ulama dan tokoh masyarakat menggelar Salat Gaib dan Doa Bersama bagi korban gempa bumi di Cianjur dan Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

  • Sabtu, 26 Nov 2022 07:26

    Edy Rahmayadi Bersama Ratusan Jemaah Salat Ghaib Bencana Cianjur

    Usai melaksanakan Salat Jumat, Edy Rahmayadi melanjutkan Salat Ghaib bersama ratusan jemaah di Masjid Gubsu, kompleks Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Jumat (25/11).

  • Komentar Pembaca

    Tentang Kami   Pedoman Media Siber   Disclaimer   Iklan   Karir   Kontak

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com
    PT. Oberlin Media Utama