Minggu, 19 Mei 2024 06:42
flash sale baju bayi
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones

Tingkatkan Kapasitas SDM Penanganan Bencana, Pemprov Sumut Gelar Pelatihan Jitupasna

Medan (utamanews.com)

Oleh: Joen

Sabtu, 09 Mar 2024 12:29

(DISKOMINFO SUMUT)
Pemprov Sumatera Utara (Sumut) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar pelatihan Pengkajian Kebutuhan Pascabencana (Jitupasna) di Hotel Sinabung Hill Berastagi, Karo, Selasa (5/3).
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar pelatihan Pengkajian Kebutuhan Pascabencana (Jitupasna). Tujuannya untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM), khususnya personel BPBD dan OPD terkait, untuk menganalisis dan menyusun kebijakan, program, kebutuhan pascabencana.

Kepala BPBD Sumut Tuahta Ramajaya Saragih dalam sambutannya yang diwakili Sekretaris BPBD Herianto pada pembukaan acara tersebut, di Hotel Sinabung Hill Berastagi, Karo, Selasa (5/3), mengatakan, pelatihan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan personel dalam kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana.

“Diharapkan pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan rehabilitasi dan rekonstruksi yang berlandaskan pada informasi dan data yang akurat, dalam bentuk Dokumen Rencana Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana yang lebih baik, lebih aman dan berkelanjutan,” katanya.

Pada pelatihan yang dilaksanakan bersama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sumut ini, peserta mendapatkan pembelajaran di kelas dan studi lapangan ke Desa Berastepu, Kecamatan Simpang Empat, Karo. Desa ini merupakan desa zona merah, yang terdampak letusan Gunung Sinabung. 

Peserta juga dipandu langsung oleh narasumber dari Pusdiklat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam melakukan penghitungan kerusakan dan kerugian pada sektor pemukiman, infrastruktur, ekonomi, sosial, dan lintas sektor, seperti gunung meletus, tanah longsor, banjir, abrasi pantai, rob, gempa kebakaran hutan dan lahan dan kegagalan teknologi.

Pelatihan yang diadakan mulai tanggal 5-8 Maret 2024 ini diikuti 30 peserta, yang berasal dari 16 BPBD kabupaten/kota se-Sumut. Juga melibatkan personel BPBD se-Sumut, yang nantinya akan dapat menyelaraskan program-program terkait dengan rehabilitasi maupun rekonstruksi pascabencana antara Pemprov dengan Pemkab/Pemko.

Kepala BPSDM Sumut Safruddin mengatakan, BPSDM senantiasa siap melaksanakan pelatihan atau peningkatan kapasitas SDM di bidang kebencanaan. BPSDM Sumut sendiri telah dapat menyelenggarakan pendidikan kilat mengenai kebencanaan. 

“BPSDM Sumut akan terus mendukung dan berupaya meningkatkan kapasitas sumber daya manusia Sumut, khususnya mengenai kebencanaan yang sangat dibutuhkan daerah,” kata Safruddin.

Sementara itu, Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Republik Indonesia Jarwansyah mengapresiasi kegiatan pelatihan Jitupasna di daerah. Pelatihan ini diharapakan dapat mensinergikan kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana agar dapat dilaksanakan secara baik, cepat dan tepat.
Editor: Herda

T#g:JitupasnaPemprov SumutPenanganan Bencana
glazed
makeup remover
Berita Terkait
  • Rabu, 17 Apr 2024 19:47

    Pemprov Sumut Terus Tingkatkan Standar Potensi SDM

    Pemerintah Provinsi (Pemprov) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) terus berupaya meningkatkan standar potensi sumber daya manusia (SDM) untuk menghadapi persaingan global. Karena persaingan SDM bukan lagi


tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️